Menjelaskan Kekuatan Super Captain Marvel dengan Sains

15 May 2019 by
Menjelaskan Kekuatan Super Captain Marvel dengan Sains

Kapten baru Avengers, Captain Marvel, memiliki kemampuan luar biasa. Hanya seorang diri, ia bisa menghancurkan satu kapal milik Thanos bahkan bisa melakukan perjalanan antar galaksi dengan cepat.

Kemampuan ini ditunjukkan Captain Marvel alias Carol Danvers dalam tiga film terakhir Marvel Cinematic. Ia bahkan menyelamatkan Iron Man saat terombang-ambing di luar angkasa.

Kemudian saat Nick Fury melakukan panggilan darurat, Captain Marvel yang disebut sedang berpatroli menjaga alam semesta, bisa sampai di Bumi dengan cepat.

Menurut Ahli Fisika dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Husin Alatas mencoba untuk menjelaskan dari segi sains terkait kemampuan Captain Marvel untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan sangat cepat. Pertama-tama Husin menjelaskan galaksi terdekat dari Galaksi Bima Sakti.

"Katanya Captain Marvel patroli di galaksi lain. Galaksi yang paling dekat dengan kita Andromeda. Andromeda jaraknya 2,5 juta tahun cahaya," kata Husin saat acara diskusi The Science Behind The Avenger Endgame di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Selasa (14/5).

Menurutnya, kemampuan Captain Marvel ini berhubungan dengan teori jembatan Einsten-Rosen atau dikenal dengan worm hole (lubang cacing). Nama jembatan ini tentu familiar bagi penggemar Marvel karena disebut-sebut dalam film Thor dan menjadi jembatan dari Asgard ke seluruh galaksi.

Husin menjelaskan Einstein-Rosen Bridge adalah lubahg cacing yang menghubungkan dua posisi di ruang waktu sebagai sebuah jalan pintas. Kecepatan Captain Marvel tersebut, bagi Husin, berkaitan dengan lubang cacing ini.

"Bisa saja dengan Einstein-Rosen Bridge. Perjalanan melalui "Einstein-Rosen Bridge" untuk mencapai Bumi secepat-cepatnya di alam semesta yang sangat luas," kata Husin.

Kendati demikian Husin mengatakan waktu hidup Einstein-Rosen Bridge teramat singkat untuk memungkinkan objek melewatinya. Artinya, Einstein-Rosen Bridge akan tertutup dengan cepat.

"Kecuali terdapat materi eksotik dengan massa negatif yang menjaga Einstein-Rosen Bridge tetap terbuka. Artinya Captain Marvel harus mengandung material eksotik dengan masa negatif," ujar Husin.

Husin juga menjelaskan apakah mungkin panggilan Nick Fury sebelum menjadi debu bisa sampai ke Captain Marvel. Menurutnya, hal yang harus diketahui adalah sejauh apa lokasi Captain Marvel dari Bumi.

"Pertanyaannya adalah Captain Marvel ada di mana. Kalau di tata surya kita itu kemungkinan bisa. Akan tetapi kalau dia ada di Andromeda kemungkinan sampainya akan sangat lama, bisa jutaan taun cahaya. Kecuali komunikasi itu masuk ke Einstein-Rosen Bridge sebagai jalan pintas," kata Husin.

Berita Terkait

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

197 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
uzoners 23 May 2019 | 12:36:22

kalau muncul sering telat tapi kekuatannya sangat besar

Roh Matt 21 May 2019 | 17:09:09

saya suka banget kapten marvel love tou

Bayu Langit 21 May 2019 | 01:35:45

saya suka bgt kapten marvel love you

Video Whatsapp 21 May 2019 | 01:00:17

agak telat kalau menurut gue munculnya

Fandi Nugraha 20 May 2019 | 20:52:06

kalau muncul sering telat tapi kekuatannya sangat besar

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top