Menunggangi Modifikasi Yamaha R15 buat Balapan di Sirkuit Mandalika
R15 Yamaha Endurance Festival 2023 (Foto: Brian)
Uzone.id - Yamaha Endurance Festival 2023 secara resmi digelar di Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ajang ini menjadi yang pertama kalinya digelar di Mandalika, setelah sebelumnya selalu digelar di Sirkuit Sentul.
Kali ini Yamaha turut mengundang Uzone.id untuk merasakan balapan ketahanan 2 jam tersebut.Menariknya, selain menggunakan sirkuit baru, Yamaha juga menyediakan Yamaha R15 terbaru untuk digunakan awak-awak media. Ditambah motor yang digunakan tersebut juga sudah mendapatkan modifikasi yang dibutuhkan untuk balapan, namun tetap sesuai dengan regulasi balap.
Kira-kira seperti apa modifikasi motor Yamaha R15 yang digunakan pada Yamaha Endurance Festival 2023 untuk awak media?
Dimulai dari segi tampilan, R15 yang digunakan media untuk Yamaha Endurance Festival 2023 masih menggunakan bodi-bodi yang sama seperti versi R15 standar.
Hanya saja beberapa part diubah, seperti lampu utama yang dilepas, namun tidak pada bagian lampu DRL-nya. Yamaha tidak menggunakan bodi blind fairing pada R15 ini seperti motor balap pada umumnya.
Ditambah bagian bodi mendapatkan hiasan decal merah putih, dan beberapa sponsor dari Yamaha Endurance Festival 2023.
Kemudian spatbor belakang juga turut dilepas untuk memberikan kemudahan dalam hal teknis seperti mengganti ban, serta mengurangi sedikit bobot dari kendaraan.
Komponen kaki-kaki juga menjadi salah satu yang paling banyak diubah, dimulai dari suspensi depan yang sebenarnya masih menggunakan upside down dari KYB. Namun pada spesifikasi ini, mendapatkan tambahan setelan preload, kompresi, rebound, yang tidak ada di versi standarnya.
Suspensi depan ini juga turut dibantu dengan steering damper dari aftermarket yang sangat membantu kestabilan motor di kecepatan tinggi.
Sementara suspensi belakang juga mendapatkan ubahan dengan menggunakan komponen dari KYB Racing.
Di bagian ban juga telah diganti menggunakan IRC MBR 110 Speedwinner yang menggunakan material soft compound. Secara ukuran ban depan dibuat lebih besar sedikit yakni 110/70-R17, sementara belakang masih sama seperti standar tepatnya 140/70-R17.
Posisi berkendara juga turut diubah dari Yamaha R15 ini. Seperti footrest yang dapat diatur ketinggiannya, handgrip, dan pro guard dari Racing Boy.
Perihal pengereman, R15 ini juga masih menggunakan kaliper dan master rem standar, hanya saja bagian handle menggunakan komponen Racing Boy. Begitu juga pada selang rem, menggunakan model braided dari Racing Boy untuk memberikan kestabilan pengereman di suhu panas.
Dari segi mesin, R15 yang kami gunakan masih menggunakan spesifikasi standar. Tepatnya 1-silinder, 155 cc, SOHC, 4-klep, VVA yang mampu menghasilkan tenaga di 19 dk dan torsi di 14,7 Nm.
Yamaha juga masih mengandalkan komponen ECU standar untuk di R15 tersebut. Namun busi sudah diganti menggunakan NGK Iridium dan knalpot menggunakan Sakura Japan full system.
Sementara di bagian transmisi, sudah mendapatkan quickshifter untuk memudahkan saat memindah gigi ke atas alias upshift tanpa menarik tuas kopling. Namun karena komponen quickshifter R15 tidak mendukung auto-blipper, sehingga untuk downshift harus dilakukan menggunakan kopling secara manual.
Sebagai tambahan informasi, R15 yang kami gunakan untuk Yamaha Endurance Festival 2023 ini juga digunakan oleh talenta atau pebalap muda Indonesia dalam ajang Idemitsu Junior Pro.