MINI JCW GP Cuma 12 Unit di RI, Tampang Manis dengan Mesin Buas
MINI JCW GP (Foto: BMW Group Indonesia)
Uzone.id - MINI John Cooper Works (JCW) GP cuma diproduksi 3.000 unit di dunia. Namun, Indonesia cuma kebagian 12 unit MINI yang bertampang manis namun memboyong mesin paling buas dan legal untuk dipakai di jalanan Indonesia.Dalam peluncuran MINI JCW GP secara virtual, pada Senin (27/7/2020), President Director BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan mengatakan bahwa perusahaan berharap bisa menggairahkan para penggemar MINI dengan kombinasi tenaga mesin, go-kart feeling yang ekstrem, dan desain yang fantastis.
"Dengan spesifikasi tertinggi di jajaran model MINI John Cooper Works, MINI JCW GP ini tunjukkan bahwa MINI Indonesia tetapkan tolok ukur baru dalam hal performa dan keseruan berkendara untuk segmen sports car premium kompak di Indonesia," kata Ramesh.
BACA JUGA: Yaris Cross Dijual Mulai Rp247 Juta, Intip Kehebatannya
Kidd Yam, Head of MINI Asia, menambahkan, MINI JCW GP adalah jenis sports car langka dengan DNA motorsport dan tetapkan tolok ukur baru untuk tenaga mesin dan kedinamisan berkendara di segmen sports car premium kompak.
MINI JCW GP diproduksi di MINI Plant Oxford, Inggris. Mesin turbocharged 4-silinder 306 hp memungkinkan model dua kursi ini melesat dari 100 km/jam yang diklaim cuma dalam 5.2 detik.
Satu unit MINI JCW GP di Indonesia dipasarkan Rp1,5 miliar (off the road) di wilayah Jakarta.
1. Mesin 4-silinder dengan Teknologi MINI TwinPower Turbo
Mesin ini bisa menyemburkan daya maksimum 306 hp dan torsi 450 Nm.
Antara modifikasi model spesifik tersebut adalah crankshaft yang diperkuat dengan diameter bantalan utama yang diperbesar, piston-piston yang dikembangkan khusus, batang penghubung bushless serta peredam vibrasi torsional baru dengan pendinginan yang dioptimalkan.
Adanya multi-hole injectors, yang diatur secara presisi di antara katup, mampu atasi laju aliran udara yang meningkat, membawa bahan bakar ke dalam ruang bakar pada tekanan injeksi hingga 350 bar.
MINI John Cooper Works GP baru memiliki sump oli mesin khusus dengan volume yang meningkat dan geometri khusus. Ini memastikan suplai oli yang stabil pada setiap saat, bahkan selama menggunakan gaya berkendara ekstrem yang melibatkan akselerasi tingkat tinggi secara longitudinal dan lateral.
2. Pengiriman daya spontan
Mesin 4 silinder hasilkan torsi maksimum 450 Nm dengan output maksimum sebesar 306 hp. Tenaga yang dihasilkan dapat digunakan untuk manuver akselerasi tinggi.
Berkat performa tinggi dari mesinnya, model ini juga mampu diklaim bisa kalahkan sports car di kategori lebih tinggi dalam sprint jarak menengah.
3. Sistem pembuangan
Suara yang dihasilkan oleh sistem exhaust, yang dikembangkan khusus untuk model ini, diperkuat oleh power delivery yang spontan dan revving yang menderu.
Akustik berkendara secara autentik cerminkan buasnya mesin MINI JCW GP terbaru.
Saat mengemudi dengan santai di rentang putaran mesin rendah, sports car premium kompak ini hasilkan suara yang merdu dan dalam.
Dengan beban penuh, pengembangan daya tersebut didukung oleh tekanan balik catalytic dan disertai dengan suara yang terinspirasi oleh sports car.
4. Konsep pendinginan independen
Dua pendingin eksternal untuk performa maksimal di suhu tinggi, tangki dengan volume yang meningkat, sistem penyimpanan modul pendingin yang dirancang khusus.
Kipas listrik dengan output yang meningkat memastikan bahwa mesin mempertahankan suhu pengoperasian optimal pada setiap saat - bahkan dengan beban tinggi dan dengan gaya mengemudi yang sporty.
5. Transmisi Steptronic 8-percepatan terbaru dengan differential-lockmekanis
Sistem kontrol transmisi baru memungkinkan strategi pemindahan gigi yang sangat sporty. Transmisi Steptronic 8-percepatan dioperasikan melalui sakelar pemilih gigi elektronik model-spesifik.
Intervensi manual dalam pemilihan gigi juga dimungkinkan dengan menggunakan shift paddle standar pada roda kemudi.
Penyetelan model spesifik untuk transmisi Steptronic 8-percepatan merupakan elemen lain dari paket teknologi penggerak dan suspensi yang secara tepat diarahkan untuk kinerja maksimal, sehingga memberikan MINI JCW GP yang baru sifat uniknya sendiri.
Ini tercermin dalam karakteristik shift yang dimaksudkan untuk berkendara sporty, misalnya dengan downshifts rem yang lebih tajam dan beberapa downshifts langsung selama akselerasi yang kuat.
6. Set-up suspensi DSC dengan mode GP
Dalam program pengujian intensif di Nürburgring Nordschleife dan trek balap lainnya, suspensinya disetel secara tepat sesuai dengan output mesin yang tinggi serta konsep kendaraan sebagai atlet luar biasa dalam segmen kompak.
Versi model-spesifik dari single-joint spring strut untuk roda depan dan gandar belakang multilink juga dioptimalkan. Untuk tingkatkan kelincahan, lebar track meningkat dan bodi lebih rendah 10 mm dibandingkan dengan MINI JCW lainnya.
Pegas suspensi yang disetel khusus juga merupakan bagian dari suspensi model-spesifik, justru seperti auxiliary springs, dampers dan stabilisers.
Swivel bearings yang baru memungkinkan peningkatan level camber di roda depan. Bersama dengan peningkatan level camber pada roda belakang, ini tingkatkan potensi untuk mentransmisikan gaya lateral saat menikung secara dinamis.
Stabiliser bearings pada gandar depan dan belakang dengan preload yang sangat tinggi mengoptimalkan body-roll selama gerakan kemudi spontan.
7. Sistem rem sport
Sistem rem sports di MINI JCW GP baru memastikan kinerja deselerasi tinggi yang konsisten bahkan ketika digunakan secara intensif.
Sistem ini terdiri dari rem cakram kaliper-tetap 4-piston di roda depan dan rem kaliper-mengambang piston-tunggal di roda belakang.
Sistem rem sports ini dicirikan oleh stabilitas tinggi dan penggunaan pedal yang nyaman. Kaliper depan terbuat dari aluminium dan dikombinasikan dengan cakram berventilasi 360 × 30 mm. Kaliper ini berwarna Chili Red dan berlogo John Cooper Works.
8. Velg 18 inci
MINI JCW GP pakai velg 18 inci. Hadir dalam format 8,0 J × 18, berat kurang dari 9 kg dan dilengkapi dengan ban berperforma tinggi yang khusus dikembangkan untuk sports car.
Dop pada velg eksklusif lengkap dengan logo GP. Struktur dan profil ban 225/35 R 18 dirancang untuk pastikan presisi kemudi maksimum, transmisi optimal gaya lateral saat menikung, dan peningkatan traksi selama akselerasi dan deselerasi.
9. Fender dari carbon fibre-reinforced plastic
Panel lengkungan roda tersebut diproduksi melalui proses khusus dan dengan kombinasi bahan yang digunakan untuk pertama kali oleh BMW Group yang terdiri dari substruktur termoplastik dan shell luar terbuat dari plastik yang diperkuat serat karbon (CFRP).
Konstruksi ringan yang cerdas berjalan seiring dengan penggunaan sumber daya yang berkelanjutan. Bahan baku untuk shell-shell terluar, yang terbuat dari fleece CFRP sangat ringan, adalah bahan halus yang didaur ulang dari produksi BMW i3 dan BMW i8.
Penomoran individual dengan angka "0001" hingga "3000" ditempel pada permukaan panel lengkungan roda depan melalui proses transfer cat yang baru dikembangkan.
Diluncurkan di tahun 2020 ini, MINI Indonesia menyimpan penomoran “0075” untuk konsumen di Indonesia untuk memperingati 75 tahun kemerdekaan Indonesia tahun ini.
10. Warna khas
Hanya warna eksklusif Racing Grey metallic yang tersedia untuk cat eksterior. Atap dan tutup cermin eksterior dibuat dengan warna kontras yaitu Melting Silver metallic. Sama seperti apron depan, apron belakang dengan lampu kabut belakang terintegrasi memiliki bentuk yang khas.
Cross-member pada gril radiator heksagonal, sisipan pada intake udara rendah, dan bagian dalam spoiler atap dicat dengan warna Chili Red mengkilap.
Sementara itu, logo GP di bagian depan dan belakang, sisi luar dari spoiler atap dan sill finishers pintu, serta foil di atas skirt samping, menyandang huruf "GP" dalam Rosso Red metallic matt.
11. Kokpit sports car dengan dua kursi
Dua kursi dan isolasi akustik yang dikurangi untuk tujuan optimasi bobot juga memberikan interior MINI JCW GP baru nuansa mobil sport yang otentik.
Peralatan standar termasuk kursi sports John Cooper Works dalam kombinasi Dinamica/leather dengan tepi sisi perak, jahitan aksentuasi merah, lencana GP di bawah sandaran kepala terintegrasi dan tali sabuk merah.
Trim interior pada 3.000 atlet ekstrim dalam bentuk MINI GP diterapkan melalui pencetakan 3D.
12. Roda kemudi eksklusif
Roda kemudi leather model-spesifik John Cooper Works juga memperoleh karakter eksklusif dari aksentuasi yang dihasilkan menggunakan proses pencetakan 3D.
Lapisan aksentuasi merah dan pelek roda kemudi terbuat dari leather nappa lembut, yang menampilkan tanda logam untuk posisi jam 12, dibuat menggunakan proses manufaktur tambahan.
Paddle shift pada roda kemudi juga dicetak 3D dalam logam. Selain logo GP, struktur hexagonal yang khas dapat dilihat pada permukaan paddle tersebut.
Aksentuasi warna di kokpit yang mayoritas gelap disediakan oleh logo GP merah di tikar lantai, garis ganda yang serasi pada selektor gigi dan batang pelindung beban aluminium bercat Chili Red yang dicat di belakang kursi.
Ini berfungsi sebagai pelindung untuk mencegah barang bawaan tergelincir ke depan jika terjadi pengereman mendadak.
13. Kluster instrumen digital dan central-instrument dengan tampilan khas GP
Hadir standar dengan kontrol AC otomatis dan 8,8 inci MINI Navigation System yang mencakup fitur wireless-charging.
Juga mencakup kluster instrumen digital pada kolom kemudi. Layar warna 5-inci beresolusi tinggi menunjukkan kecepatan jalan baik secara numerik maupun di skala.
Logo GP ditampilkan secara permanen di bagian atas layar. Animasi grafis sebelum kendaraan mulai berjalan tampilkan sebuah gambar model-spesifik termasuk logo GP.
VIDEO Mitsubishi Xpander Facelift Test Drive, Makin Layak Dibeli?