Misteri Harga Avanza Facelift Naik Belasan Juta Akibat Diskon
Foto: Bagja - Uzone.id
Uzone.id - Kejeniusan para tim marketing sebuah pabrikan memang terus diuji ditengah persaingan low MPV yang keras. Tak terkecuali untuk tim marketing sekelas Toyota.Masih ingat gak, saat peuncuran Avanza facelift, Toyota sesumbar kalau model baru ini gak naik harga. Sehingga, dengan semua ubahannya, konsumen bisa mendapatkan benefit lebih.
Kalau melihat dari banderol resminya, memang benar Avanza facelift gak berubah harganya alias tetap. Namun, berbeda ketika konsumen membelinya di lapangan langsung, bukan di brosur atau website.
Tonton video review Toyota Avanza terbaru disini:
Apa yang membedakan? Dan kenapa gue berkesimpulan kalau harga Avanza sebenarnya naik?
Adalah diskon. Ya, si diskon ini merupakan sebuah harga yang paling aktual yang benar-benar dirasakan konsumen saat membeli mobil.
Jadi bukan harga yang secara resmi diumumkan, namun harga aktual di lapangan ketika beneran mau beli mobil, setelah diskon dan deal transaksi terjadi.
Nah jadi begini. Pada model sebelumnya, Avanza dikasih diskon antara Rp 25-30 jutaan. Namun, untuk model facelift ini, diskonnya cuma Rp 15 juta.
Artinya, ada kenaikan harga antara Rp 10 sampai Rp 15 jutaan, karena berkurangnya besaran diskon sebagai harga final aktual tersebut.
Tonton video review Honda mobilio 2019:
Toyota membanderol Avanza Rp 186,6-239,45 juta. Dengan diskon Rp 25-30 Jutaan (model sebelum facelift), maka harga termurah aktualnya Rp 161-156 jutaan.
Sementara dengan model facelift, diskonnya Rp 15 juta, artinya harga aktual Avanza termurah adalah Rp 171 jutaan.
Mungkin, para tenaga penjual atau Toyota sendiri bisa beralasan kalau diskonnya lebih kecil karena ini produk baru, seperti biasa, produk baru biasanya malah belum ada diskon.
Dan inilah ternyata kondisi realnya, dimana telah terjadi kenaikan harga Avanza facelift di lapangan.
Hmm, pinter juga ya ngakalinnya..