Menurut Hendrik Susilo, Manager Pemasaran distributor merek lapisan anti-karat Protera, PT Terang Parts Indonesia, pihaknya tidak berani menyemprot lapisan anti-karat pada bagian pintu mobil Eropa. Alasannya terlalu berisiko mengganggu kelistrikan.
“Itu buat mobil Eropa yang di atas 2015, kalau 2010 ke bawah kami masih berani,” kata Hendrik, Sabtu (6/5/2017).
Hendrik mengatakan ada pebisnis lain yang menggunakan metode pelapisan buat pintu bagian dalam dengan cara pengabutan. Caranya, kabel penyemprot diselipkan ke dalam pintu lalu diputar biar cairan anti-karat menyebar.
Berita Terkait:
- Anti-Karat Bisa Manjakan Telinga Penumpang
- Dua Perlindungan Anti-karat Mobil Baru
- Mengapa Mobil Butuh Lapisan Anti-karat?
“Kalau kami tidak mau seperti itu, karena speaker, kabel, power window, dan lainnya juga jadi ikutan kena,” ucap Hendrik.
Metode yang dipakai pihaknya yaitu membuka penutup pintu, mencopot satu per satu komponennya, lalu disemportkan anti-karat. Pada mobil Eropa, membuka komponen berisiko mengganggu kelistrikan.
Copyright Kompas.com