Muncul #AudreyJugaBersalah, Tanda Harus Bijak Main Medsos

12 April 2019 by
Muncul #AudreyJugaBersalah, Tanda Harus Bijak Main Medsos

(Foto: Unsplash)

Uzone.id -- Belum lama ini warganet di Indonesia ramai-ramai menggunakan tagar #JusticeForAudrey untuk mengomentari kejadian yang sedang heboh dibicarakan, yaitu kasus pengeroyokan terhadap siswi SMP di Pontianak, Kalimantan Barat.

Kekuatan netizen memang maha dahsyat. Setelah bereaksi secepat kilat menanggapi kasus tersebut dan kompak menggunakan #JusticeForAudrey yang sempat memuncaki Trending Topic Twitter wilayah Indonesia dan global, kini muncul tagar baru.

Tagar baru ini masih berkaitan dengan kasus yang sama, namun malah kontradiktif. Yang awalnya #JusticeForAudrey digunakan untuk menyuarakan keadilan terhadap sang korban sampai mem-bully si pelaku dan menjadi judul petisi online, kini muncul #AudreyJugaBersalah.

Lho, lho? Maksudnya apa?

Tagar tersebut tampaknya sekarang digunakan oleh netizen untuk kembali berkicau tentang laporan terbaru mengenai kasus Audrey. Ada berbagai sumber yang menyatakan kalau Audrey gak sepenuhnya innocent.

Baca juga: Viral Petisi Online #JusticeForAudrey untuk Siswi Korban Pengeroyokan

Berbagai kabar mulai bermunculan yang menyinggung kebiasaan Audrey di media sosial selama ini, contohnya cara dia menggunakan Facebook yang diklaim sering menggunakan kata kasar dan lain sebagainya. Entah maksudnya apa, apakah ini menjadi salah satu alasan dia di-bully atau lainnya.

Ada juga kabar lain yang mengatakan kalau siswi SMA yang selama ini dipercaya sebagai pelaku pengeroyokan itu sama sekali gak melakukan tindakan kekerasan terhadap Audrey. Berdasarkan hasil visum rumah sakit katanya gak ada bekas lebam, memar, organ tubuh yang membengkak, hingga kerusakan pada selaput dara.

Entahlah kabar mana yang akurat, yang jelas memang harus ada penyelidikan menyeluruh dan konfirmasi resmi dari pihak-pihak berwenang, mulai dari kepolisian, pihak dokter, hingga dari kedua belah pihak -- Audrey dan para pelaku.

Netizen mengaku banyak yang kaget, merasa bingung karena gak tahu kabar mana yang benar, menganggap tagar #AudreyJugaBersalah sebagai plot twist, hingga tetap menyoroti bahwa tindakan bully harus dibasmi.

Siapa sih orang yang pertama kali bikin tagar-tagar itu viral? Sejatinya, netizen sih…

Kenapa juga ya orang-orang gampang terseret ke dalam pembahasan isu viral yang sebenarnya kalau dipikir-pikir, gak tahu tingkat akuratnya seperti apa? Yaaa… salah satu kebiasaan netizen memang begitu, sih...

Ya sudahlah gaes, gak perlu kebanyakan mikir nanti cepet tumbuh uban, hiii. Bagi kalian yang kebetulan termasuk netizen kebingungan akan berita ini, gak perlu pusing-pusing. Tandanya ini adalah pelajaran baru lainnya dalam menggunakan medsos.

Cukup gunakan internet sebijak mungkin. Kalau memang melihat ada sesuatu yang viral, coba ditelaah terlebih dahulu sebelum berkomentar.

Di dunia serba digital seperti sekarang rasanya sangat mudah untuk menjadi sorotan dan viral di mana-mana, pun begitu dengan jari jempol kita yang akan sangat mudah pula membuat berbagai hal jadi viral, baik sengaja maupun tidak.

Semakin jelas, bahwa jadi netizen ternyata gampang-gampang susah karena seperti punya beban moral, mulai dari memerangi dan menghindari hoaks, sampai pilah-pilih informasi baik untuk dikonsumsi dan dibagikan di platform digitalmu.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

259 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
andy abg 10 June 2019 | 00:13:50

Tas I am Thin and Gorgeous Dolce & Gabbana Dihujat Ternyata Lawan Cyber Bullying Bisa Dapat Bayaran, lho. Gini Caranya! Atta Halilintar Tak Menyesal Batalkan Pekerjaan untuk Bertemu Audrey

Krystal Jung 30 May 2019 | 14:12:24

semoga selalu berhati hati dalam bermain medsos

Abdul Muhammad 15 May 2019 | 04:46:52

semoga selalu berhati hati bersama main medsos

Lisna Wati 11 May 2019 | 22:53:18

kalau memang audrey juga bersalah ya wajar aja dikeroyok begitu

cawet seng 07 May 2019 | 00:52:25

jangan malas malasan untuk berpuasa tetap semangat

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top