Nmax Turbo Pakai Teknologi Lawas, Ini Respons Yamaha
Uzone.id - Yamaha Electric CVT (YECVT) yang dipasang di Nmax Turbo memang bukanlah teknologi baru. Yamaha sendiri sudah menggunakan teknologi tersebut di Majesty 250 pada tahun 2007, lantas kenapa sekarang baru dipasang di Nmax?
Antonius Widiantoro selaku Asst. GM Marketing - Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menyebutkan meskipun bukan teknologi baru, tetapi ini pertama kalinya dipasang ke motor 150 cc dan buatan Indonesia."Ya sebenarnya secara teknologi pernah digunakan di Majesty Tetapi itu tidak dijual di Indonesia dan Nmax ini yang pertama kali untuk motor 150 cc, buatan Indonesia juga. YECVT ini pertama kali diterapkan, kalau di Majesty itu YCC-AT. Kelas 150 cc ini pertama di dunia," ujar Anton sapaan akrabnya di Cibinong, Jawa Barat, Jum'at (21/6).
Saat ditanyakan mengenai kemungkinan YECVT dijadikan paten Yamaha, Anton menyebutkan secara teknologi elektronik CVT ini memang sudah umum digunakan. Anton juga menjelaskan, YECVT merupakan versi update dari YCC-AT di Yamaha Majesty.
"Ya, tentunya sudah dengan update dan inovasi yang lebih baik. Sekarang sudah dipakai mesin 150 cc pastinya butuh penyesuaian, apalagi ini Blue Core VVA, kalau Majesty masih CVT biasa," jelasnya.
Sejauh ini Anton memperkirakan YECVT belum akan digunakan di model lain, hanya pada Nmax Turbo. Menurutnya Nmax dipilih menggunakan YECVT karena momentymnya yang tepat.
"Kita belum ada rencana saat ini (YECVT di motor lain), kita membuat teknologi YECVT pada Nmax karena momennya pas, produk dengan fitur superior dan Nmax reputasinya juga baik," ungkapnya.
"Kita akan lihat respons market seperti apa," pungkasnya.
Sebelumnya diberitakan, Yamaha tidak menutup kemungkinan YECVT untuk hadir di skutik sporty yakni Aerox. Namun saat ini, Anton tidak bisa membeberkan lebih lanjut karena pihaknya masih fokus atas peluncuran Yamaha Nmax Turbo yang baru beberapa pekan.
Jika dilihat dari yang sudah terjadi, setelah Nmax generasi terbaru meluncur maka Aerox baru juga diluncurkan selang beberapa tahun. Menariknya Aerox yang muncul setelah Nmax biasanya membawa teknologi yang sama, mengingat keduanya kerap memiliki dapur pacu yang juga sama.