Peminat G-Class Buatan China Harus Bersabar, BAIC BJ80 Belum Dijual
Uzone.id - BAIC BJ80 secara resmi diperkenalkan oleh PT JIO Distribusi Indonesia (JDI) di Tangerang, Senin (28/10). Mobil yang mirip dengan G-Class ini masih dalam tahap riset untuk pengembangan setir kanan, kira-kira kapan bisa dibeli konsumen?
Dhani Yahya selaku COO PT JDI mengakui BJ80 versi setir kiri yang diperkenalkan saat ini masih belum memenuhi aturan kendaraan Indonesia. Dijelaskannya, mobil ini hanya untuk kebutuhan pameran dan melihat respon calon konsumen."Jadi kita tidak bisa menjual setir kiri, karena tidak sesuai dengan regulasi di Indonesia. Kehadiran kendaraan BAIC BJ80 Left Hand Drive dalam acara ini bertujuan sebagai riset untuk mengukur respon masyarakat," ujar Dhani di Tangerang, Senin (28/10).
Meskipun hadir hanya untuk survey, Jerry Hermawan Lo atau JHL sebagai bos besar PT JDI mengaku sudah berkomunikasi dengan BAIC di Beijing, China. Dirinya ingin mengusahakan agar BAIC BJ80 setir kanan bisa diproduksi untuk Indonesia.
"Jadi waktu saya ke sana (China) saya sudah bilang kalau ini bisa enggak dijadikan setir kanan? Kalau bisa saya mau pesan. Kemarin saya bilang kalau ini harus dibuat setir kanan, saya mau pesan 1.000 unit. tetpai kalau misalnya harus minimum 2.000 unit, saya pesan 2.000 unit," ungkap JHL.
Dhani mengatakan untuk keran pemesanan masih belum dibuka, bahkan pihaknya belum bisa memastikan kapan penjualan akan dimulai. Namun dirinya memastikan BAIC Indonesia menginginkan semua varian 4x4 bisa dijual di Tanah Air.
"Apa sudah dipesan? Belum. Kalau untuk harganya lebih kurang bisa di bawah Rp1,4 miliar hingga Rp1,5 miliar. Jadi belum ada timeline kapan mobil ini akan dibuat versi setir kanannya. Tapi kita ingin semua varian 4x4 BAIC ini dipasarkan di Indonesia," pungkasnya.
Perlu diketahui BAIC BJ80 memang memiliki desain yang cukup mirip dengan Mercedes-Benz G-Class. Hanya saja mobil ini ditawarkan dengan harga yang lebih murah dan mesin yang tidak sebesar milik G-Class.
BAIC BJ80 dibekali mesin 3.000 cc V berbahan aluminium yang dikawinkan dengan twin-turbo. Dengan spesifikasi tersebut, BJ80 mampu menghasilkan tenaga 241 hp dan torsi 420 Nm di rentang 1.700 hingga 5.500 rpm.
Tenaga tersebut disalurkan ke transmisi ZF-BAT otomatis 8 percepatan. Transmisi tersebut menyalurkan tenaga ke empat roda secara electronic dengan tiga mode berkendara yakni Eco Mode, Comfort Mode, dan Sport Mode.