Pindad Kuasai Teknologi Kunci Kendaraan Listrik

22 May 2018 by
Pindad Kuasai Teknologi Kunci Kendaraan Listrik

PT Pindad (Persero) yang selama ini dikenal sebagai produsen sejata api dan kendaraan tempur ternyata juga menguasai teknologi inti kendaraan listrik.

Pengembangan motor listrik yang dilakukan perusahaan pelat merah ini sudah dilakukan sejak tahun 1985. 

Project Leader Electric Vehicle (EV), Yayat Ruyat menjelaskan, motor listrik yang dikembangan pertama kali berjenis motor induksi. Komponen itu Pindad kembangkan setelah mendapat lisensi teknologi dari Holec Belanda.

Produk motor listrik induksi ini pun dipakai di Kereta Rel Listrik (KRL Jabodetabek) dan light train di Solo serta Palembang. 

“Itu motor listrik awal, kemudian setelah dapat teknologi itu Indonesia mengalami krisis tahun 1998 dan kami coba desain motor listrik sendiri setelah dapat ilmu itu (motor traksi). Pada tahun 2007 kami memuat motor untuk pembangkit listrik tenaga angin,” papar Yayat saat dihubungi kumparanOTO. 

Pengembangan motor listrik Pindad berkembang pada tahun 2011. Saat itu mereka mulai mengemabngkan motor yang menggunakan magnet permanen. “Ini merupakan proyek Pak Dahlan Iskan waktu itu dan pengembangannya dibantu Ricky Elson,” imbuhnya. 

Yayat menjelaskan, motor listrik ini memiliki desain yang lebih kecil tapi efisien. Sebuah motor listrik 25 kW pun berhasil mereka buat dan diimplementasikan pada mobil listrik berjenis city car yang diperkenalkan Pindad tahun 2012. 

“Kami fokus ke sistem penggerak daripada produk akhir. Karena kami ingin memegang teknologi kuncinya,” katanya. 

Pada tahun yang sama, sebuah konsorsium yang terdiri dari sejumlah BUMN dan perusahaan swasta dibuat untuk mengembangkan sistem penggerak motor listrik dan lahir lah kapasitas yang lebih besar yakni 30 kW untuk mobil listrik dan 75 kW untuk bus dan monorail. 

Saat ini portofolio motor listrik buatan Pindad pun bisa dikatakan cukup variatif. Menurut Yayat, mereka pun punya versi 75 kW hingga 175 kW.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

399 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Krystal Jung 15 June 2019 | 04:45:45

kapan nih bakal bikin kapal dengan tenaga listrik

tukang kayu 20 April 2019 | 15:59:19

diliar neheri mah sudah banyak

Amir Rudin 16 April 2019 | 06:23:32

kapan nih bakal bikin kapal dengan tenaga listrik

Ismy Safitri 07 April 2019 | 18:28:38

keren juga ya hasil produksinya hehe

Raihan Ardana 05 April 2019 | 22:15:08

wah kendaraan sudah makin maju keberadaanya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top