Politik Kantor Terlalu \'Panas\'? Ini yang Perlu Kamu Lakukan
![Politik Kantor Terlalu \'Panas\'? Ini yang Perlu Kamu Lakukan Politik Kantor Terlalu \'Panas\'? Ini yang Perlu Kamu Lakukan](/_next/image?url=https%3A%2F%2Fcdn2.uzone.id%2F%2Fassets%2Fuploads%2FUzone%2FLifestyle%2Fpolitik.jpg%2F800&w=1920&q=75)
Uzone.id - Bekerja di sebuah perusahaan tak selalu adem ayem. Seperti hidup yang naik turun, begitupun dinamika pekerjaan.
Suatu saat pasti ada konflik atau masalah yang melibatkan atasan, bawahan, dan rekan kerja.Banyak yang bilang bahwa itu tak lepas dari politik di kantor yang kadang membawa efek positif, tapi bisa juga sebaliknya.
Menjungkalkan karir kamu hingga merusak hubungan baik antar teman sekantor.
Nah, jika politik di kantormu terlalu 'panas', jangan resah dulu. Dilansir Times of India, Selasa (9/1/2018), ini enam hal yang perlu kamu lakukan:
1. Observasi situasi
Tarik napas dalam-dalam dan tenangkan dirimu. Ini adalah hal pertama yang harus kamu lakukan ketika tahu ada orang yang memfitnah dan ingin menjatuhkan karirmu. Setelah itu, susun strategi untuk fokus pada pencapaian target kerja dengan meminimalisir kesalahan kecil yang bakal dijadikan 'senjata' oleh mereka.
2. Bangun hubungan baik
Apapun yang terjadi di kantor, siapapun yang ingin menjatuhkanmu, jangan kamu hiraukan. Tetap fokus pada targetmu dan tetaplah menjadi orang baik. Jaga hubungan baik dengan semua orang yang ada di kantor, tunjukkan bahwa kamu profesional.
![](https://cdn2.uzone.id//assets/uploads/Uzone/Lifestyle/workplace-1245776_1280.jpg/800)
3. Jaga jarak
Menjaga hubungan baik bukan berarti kamu bisa terbuka di depan semua orang. Perhatikan ucapanmu karena kamu tidak akan tahu apakah mereka benar mendukungmu atau malah bersiap menikungmu. Istilah kekiniannya, jaga jarak aman bro!
4. Komunikasi
Tak ada salahnya membuka komunikasi pada mereka yang kamu rasa 'punya masalah' denganmu. Ajak bicara santai sambil mencari solusi yang menguntungkan kedua pihak.
5. Jangan bergosip dan mendengarkan rumor
Jangan pernah membicarakan kejelekan dan kelemahan rekan kantor di lingkungan yang sama. Begitu pula untuk sekadar mendengarkan gosip tentang hal buruk. Ini berbahaya karena karirmu bisa jadi taruhan dan rentan fitnah.
6. Introspeksi diri
Selalu berkaca pada diri sendiri. Introspeksi-lah dirimu untuk tahu kelebihan dan kekuranganmu. Ini membantu kamu lebih bijaksana dalam bersikap dan mengambil keputusan.
![populer populer](/_next/image?url=https%3A%2F%2Fcdn4.uzone.id%2Fassets%2Fuploads%2Frevamp%2Ficon%2Fnews.png%2F800&w=1920&q=75)