Punya HP Huawei? Ini yang Akan Kamu Alami Akibat Amerika Blacklist Huawei

25 May 2019 by
Punya HP Huawei? Ini yang Akan Kamu Alami Akibat Amerika Blacklist Huawei

Kamu pengguna HP Huawei? Kamu akan merasakan dampak Amerika blacklist Huawei ini.

Sejak Presiden Amerika Serika Donald Trump melarang perusahaan Tiongkok berdiri di negaranya, Huawei sebagai salah satu perusahaan pembuat smartphone terbesar kedua setelah Samsung ini mulai kehilangan hak akses dan lisensi penggunaan dan layanan Android, termasuk membeli chip dari para pemasok seperti Intel, Qualcomm dan ARM.

Berikut Dampak Amerika Blacklist Huawei Terhadap Pengguna HP Huawei

Dengan pelarangan ini, mungkin kamu bertanya-tanya, apa jadinya kalau kamu punya hp Huawei? Apa kamu nggak bisa lagi menggunakan Play Store dan semua aplikasi Google? Kita belum tahu, tapi nggak ada salahnya kita lihat apa dampak pelarangan Huawei oleh AS bagi pengguna Huawei di Indonesia.

dampak amerika blacklist huawei
www.reuters.com

Hal yang harus diketahui pengguna Huawei terhadap pelarangan Huawei oleh Amerika Serikat.

Ada beberapa hal yang terjadi pasca pelarangan Huawei oleh Amerika Serikat. Berikut beberapa hal yang perlu kamu pahami sebelumnya.

Dampak Blacklist Amerika Serikat terhadap Huawei
Huawei diberikan lisensi sementara 90 hari untuk terus bekerja dengan perusahaan AS. Selama waktu itu, update software dan keamanan akan tetap berlanjut.
Setelah 90 hari itu berakhir, Huawei mungkin nggak diizinkan untuk terus memasukkan layanan Google di teleponnya setelah update di masa mendatang, dan patch keamanan dari Google akan dihentikan.
Karena udah nggak bekerja sama dengan Google, Android Q bisa jadi akan batal diluncurkan untuk hp Huawei, bahkan bisa mengubah perangkat lunaknya secara signifikan.
Laptop Huawei dan kerjasamanya dengan Intel dan Microsoft juga akan mengalami dampak yang sama.
dampak amerika blacklist huawei
techlector.com

Dukungan Google akan berlanjut selama 90 hari saja.

Awalnya, Google bakalan menghentikan semua aktivitas dengan Huawei setelah Departemen Perdagangan Amerika menambah Huawei ke dalam daftar hitam perdagangannya.

Namun beberapa hari kemudian, pemerintah AS memperpanjang lisensi ekspor sementara Huawei, sehingga mereka masih bisa melanjutkan dukungan untuk produk mereka selama 90 hari.

Google mengkonfirmasi kepada CNBC kalau perpanjangan ini memungkinkan mereka masih bisa bekerja sama di sisi perangkat lunak dan update keamanan, sampai tanggal 19 Agustus 2019. Apa yang terjadi setelahnya, belum ada yang bisa mengetahuinya.

Baca Juga: 7 HP Kamera 48MP Terbaik 2019

huawei diblokir google
www.independent.co.uk

Hp Huawei milikmu akan kehilangan layanan Google ketika di-update.

Sama seperti OEM Android lainnya, Huawei menggunakan framework Google untuk mengembangkan dan mendistribusikan update ke ponsel Android-nya. Tanpa akses ke elemen seperti Google Play Services, yang menopang segalanya mulai dari notifikasi, pengaturan privasi hingga lokasi, hp Androidmu bakalan jadi benda tak berguna.

Secara teori, semua gadget Huawei yang ada di dunia masih bisa mempertahankan semua komponen dan aplikasi di Play Store yang diperlukan, tapi hanya ketika mereka di-update. Kalau Huawei mau membuat software baru, mungkin Huawei harus kehilangan semua layanan Google.

Baca Juga: 6 HP Honor Terbaik 2019 dari yang Murah sampai Mahal

dampak amerika blacklist huawei
www.independent.co.uk

Android Q nggak akan dirilis di hp Huawei.

Kalau versi Android terbaru, dengan kode Q, rilis, hp Huawei pasti nggak akan mendapatkan update tersebut. Padahal update Android Q ini akana dirilis saat musim gugur 2019, untuk hp Google Pixel, sedangkan untuk hp lain akan dirlis akhir 2019 atau awal 2020.

Dulu Huawei Mate 20 Pro juga termasuk dalam daftar hp yang bisa menjalankan Android Q, namun karena Huawei diblokir Google, Google akhirnya menghapus Huawei Mate 20 Pro dari daftar.

Kalaupun Huawei menggunakan custom Android open source yang beredar secara gratis, tentu hasilnya bakal sangat berbeda, akibat Huawei nggak mendapat akses ke layanan penting Google.

Baca Juga: Tips Memaksimalkan Fitur Hp Huawei Mate 20 Pro

huawei diblokir google
www.cnet.com

Apa yang bisa kamu lakukan menanggapi dampak Blacklist Huawei?

Sebagai pengguna laptop ataupun hp Huawei, kamu perlu ngecek terus situasi perang dagang AS dan Tiongkok ini, karena bisa jadi nasib Huawei akan sama seperti ZTE tahun lalu: larangannya diangkat, dan perusahaan tersebut bisa kembali beroperasi lagi di Amerika.

Ingat, kamu masih bisa menggunakan dukungan layanan Google selama tiga bulan ke depan, dengan status lisensi sementara. Kalo kamu udah mulai nggak tenang, mungkin kamu perlu melirik hp baru sebagai pengganti, apalagi kalo kamu gamer.

Kalau hp Huawei kamu masih mau dipertahankan, ada skenario terburuk: Hpmu akan berhenti mendapat update keamanan mulai pertengahan Agustus, sehingga keamanan datamu bakal lebih rentan. Kalau kamu maksain untuk update setelahnya, maka bisa dipastikan akses ke Google akan hilang sepenuhnya.

Itulah dampak pelarangan Huawei oleh Amerika Serikat, sehingga Huawei diblokir pula oleh Google. Kamu yang punya hp Huawei, harus selalu memantau terus situasi perangan dagang AS dan Tiongkok ini terhadapt Huawei.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

392 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Alex Rizal 24 June 2019 | 19:40:41

untuk saya gak punya smartphone huawei dah

Resha Oktavian Risanto 16 June 2019 | 02:34:20

Kok kejam banget gitu ya

muhamad rifai 09 June 2019 | 08:34:54

pasti sistemnya akan diperbaharui dan semakin canggih

Muhammad Ikhsan 08 June 2019 | 09:24:03

wah untungnya pengguna huawei pasti akan ada sistem operasi terbaru nantinya

Ludfi Ludfi 07 June 2019 | 22:29:21

wah pasti akan ada sistem operasi terbaru nantinha

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top