home ×
Technology

Rayakan Imlek, Google Bikin Game “Tebak Bayangan”, Yuk Cobain!

04 February 2019 By
Rayakan Imlek, Google Bikin Game “Tebak Bayangan”, Yuk Cobain!
Telset

Google turut merayakan Imlek dalam kalender tradisional China yang jatuh pada 5 Februari besok dengan shio Babi Tanah lewat game bernama Shadow ArtGame ini memanfaatkan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) bernama AI Experiment.

Sekadar informasi, kalender tradisional China mengombinasikan 12 hewan zodiak, dan pengaruh siklus bulan untuk menandai tahun baru.

Teknologi AI Experiment di Shadow Art menggunakan kamera depan perangkat untuk mengajari pengguna seni boneka bayangan. Seni tersebut memanfaatkan cahaya yang menyinari potongan kertas.

{Baca juga: Main PSP di Android? Ini Rekomendasi 4 Emulator PSP Terbaik}

Dilansir 9to5Google, seperti dikutip Telset.id pada Senin (04/02/2019), pada 2018 lalu, Google pernah menciptakan instalasi seni interaktif dengan memanfaatkan TensorFlow dan TPU untuk mengenali gestur tangan seseorang.

Google pun menggunakannya untuk mengubah bentuk bayangan menjadi animasi digital dari 12 hewan zodiak China. Untuk tahun baru China kali ini, Google mengubah teknologi tersebut menjadi permainan yang bisa diakses di browser pengguna.

{Baca juga: Takut Kalah, Bos Liverpool Gandeng IBM}

Tujuannya, untuk mengajari pengguna terkait cara mengubah bentuk tangan menjadi boneka bayangan. Shadow Art juga menggunakan sistem TensorFlow.js untuk dapat menjalankan model berbasis machine learning.

Google menambahkan elemen kompetitif dengan alokasi waktu selama 20 detik bagi pengguna untuk membentuk setiap hewan. Elemen ditujukan agar pengguna dapat menyelesaikan semua bentuk hewan secepat mungkin.

{Baca juga: Ngeri! Gamers Tewas Gara-gara Cari Sinyal}

Shadow Art tersedia dalam 11 bahasa, yaitu Inggris, China, Thailand, Indonesia, Melayu, Jepang, Korea, Spanyol, dan Portugis. Menariknya lagi, Shadow Art dibarengi oleh kemunculan Google Doodle di sejumlah wilayah di dunia.

Wilayah tersebut termasuk Amerika Serikat, Kanada, Eropa, dan seluruh Asia pada 5 Februari 2019. Menurut pernyataan pihak Google, pengguna kini bisa secara langsung mengakses game itu sebelum muncul di Google Search dengan mengakses situs resmi Shadow Art. (SN/FHP)

Artikel Rayakan Imlek, Google Bikin Game “Tebak Bayangan”, Yuk Cobain! dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

3125 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 16 October 2019 | 01:23:10

pasti seru tuh untuk gamenya keren abis dah

Riyan Kurniawan 11 October 2019 | 14:48:06

kelihatanya game ini sangat bagus yang di buat oleh gogle

666 14 September 2019 | 05:25:37

Google emang selalu menyesuaikan keadaan

nooran elrahman 15 August 2019 | 22:40:29

ga ah males, lagi maen pabji

Tri Satria 06 August 2019 | 08:22:49

google emang selalu menyesuaikan keadaan

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article