Regulasi Baru MotoGP Berlaku Mulai 2027, Kenapa Gak dari Sekarang?
Uzone.id - Dorna Sport belum lama ini mengumumkan regulasi MotoGP yang baru untuk mulai berlaku pada musim 2027. Perubahan paling besar dari regulasi ini adalah kapasitas mesin yang menurun dari 1.000 cc menjadi 850 cc. Pertanyaannya kenapa regulasi ini baru akan dimulai pada musim 2027 mendatang?
MotoGP pun membuka ruang diskusi tanya jawab mengenai regulasi baru yang akan datang. Pertanyaan tersebut pun dijawab oleh MotoGP, menurut mereka regulasi baru diterapkan pada 2027 karena masih perlu diuji dan masih dalam perjanjian regulasi yang lama."Di MotoGP, kami bekerja dalam jangka waktu lima tahun dan perjanjian (regulasi) saat ini berakhir pada tahun 2026. Karena perubahan yang signifikan pada tahun 2027, perubahan tersebut harus didiskusikan dan disepakati dengan semua orang, dan kemudian Anda perlu waktu untuk menguji semuanya sebelum memilai balapan. begitu diberlakukan, itu juga lima tahun: jadi 2027-2031," tulis MotoGP pada situs resminya.
Menariknya, ternyata semua pihak sudah setuju atas perubahan kapasitas mesin untuk MotoGP 2027 mendatang. Bahkan semua pihak juga setuju untuk melakukan proses secara terbuka agar lebih transparan.
"Sama seperti sistem konsesi baru yang diperkenalkan pada akhir tahun 2023, semua orang telah sepakat tentang apa yang terbaik untuk olahraga ini di masa depan, bahkan mereka yang memimpin berdasarkan peraturan saat ini," ungkap MotoGP.
"Dari proposal yang diajukan kepada produsen, sebagian besar langsung disetujui dan sisanya mencapai konsensus. Semua yang dipublikasikan 100 persen disetujui, dengan suara bulat, dan dikonfirmasi," lanjut mereka.
Seperti yang sudah diberitakan, terdapat beberapa regulasi baru untuk MotoGP 2027. Salah satunya adalah membuat kecepatan tertinggi dari motor semakin berkurang dengan menggunakan kapasitas mesin yang lebih kecil.
Dengan demikian, olahraga balap paling bergengsi di dunia itu akan lebih aman lagi. Di sisi lain jarak tempuh juga bisa lebih meningkat sehingga lebih efisien dan berkelanjutan.
Di sisi lain, terdapat perubahan dari segi bahan bakar setiap motor di MotoGP. Disebutkan bahan bakar yang digunakan akan 100 persen lebih ramah lingkungan, mengingat saat ini hanya 40 persen ramah lingkungan.
Bersamaan dengan bahan bakar, kapasitas tangki juga dikurangi dari sebelumnya 22 liter menjadi 20 liter saja. Sementara di Sprint Race tetap memakai 11 liter sama seperti saat ini.
Sebenarnya masih banyak aturan regulasi lainnya untuk MotoGP 2027 seperti aerodinamika, larangan hole shot dan ride height device, konsesi, dan masih banyak lagi.