Home
/
Automotive

Regulasi MotoGP 2027: Diklaim Semakin Aman, Tapi Membosankan?

Regulasi MotoGP 2027: Diklaim Semakin Aman, Tapi Membosankan?
Bagja Pratama13 October 2024
Bagikan :

Uzone.id - MotoGP mendukung keberlanjutan masa depan dunia. Sebagai kompetisi puncak dari roda dua kelas dunia, semua yang dikembangkan di MotoGP memberikan dampak positif pada industri olahraga, sepeda motor, dan dampak positif yang lebih luas bagi dunia.

Motor adalah bentuk transportasi yang paling berkelanjutan, dan MotoGP mendorong kemajuan untuk berinovasi dalam teknologi, serta efisiensi motor, yang bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan.

MotoGP berkomitmen membawa dampak positif ke mana pun diselenggarakan, serta menciptakan iklim kompetisi di sirkuit untuk menjaga berkelanjutan ekosistem dan lingkungan alam di dunia.

Upaya masa depan berkelanjutan direalisasikan dengan menciptakan bahan bakar berkelanjutan. Regulasi motor baru akan dimulai pada 2027, ditambah pula inovasi balapan motor listrik di kelas MotoE.

Kejuaraan dunia MotoGP akan memperkenalkan motor baru mulai 2027. Regulasi baru ditetapkan untuk membuat olahraga ini lebih aman, berkelanjutan, dan bahkan lebih spektakuler.

Motor-motor baru bakal lebih relevan di jalan raya dan lebih efisien, mendukung keberlanjutan global, serta dirancang untuk menciptakan balapan yang lebih baik dan lebih banyak aksi overtaking atau saling berebut posisi menjadi yang terdepan.

Preview

Mesin

Mulai 2027, kapasitas mesin akan dikurangi dari 1.000cc menjadi 850cc. Hal ini akan menurunkan kecepatan tertinggi (top speed), membuat olahraga lebih aman, serta meningkatkan jarak tempuh, sehingga lebih efisien.

Lubang silinder (bore) maksimum akan berkurang dari 81mm menjadi 75mm, yang juga akan membatasi performa. Hal ini membuat mesin lebih relevan di jalan raya, sekaligus memastikan mesin tetap mempertahankan karakteristik khas MotoGP.

Untuk menjadikan olahraga ini lebih efisien, alokasi mesin maksimum yang diperbolehkan untuk setiap pebalap dalam satu musim juga akan dikurangi, dari tujuh menjadi enam mesin.

Bahan Bakar

Seperti yang telah diumumkan FIM, MotoGP akan dilombakan dengan 100 persen bahan bakar ramah lingkungan mulai 2027, meningkat dari jumlah minimum 40 persen yang digunakan sejak 2024.

Sebagai bagian dari regulasi baru, kapasitas tangki bahan bakar juga akan berkurang, dari 22 liter menjadi 20 liter, dan pebalap diperbolehkan menggunakan 11 liter saat balapan sprint di hari Sabtu, atau lebih dikenal sebagai Tissot Sprint.

Aerodinamika

Aerodinamika akan dikurangi dan dikontrol lebih ketat mulai 2027, dengan tujuan meminimalkan dampak negatifnya.

Lebar bagian atas fairing depan akan lebih sempit 50mm dan hidung akan didorong ke belakang 50mm, sehingga mengurangi efek aero di area yang penting, di trek lurus dan area pengereman. Hal ini akan menciptakan balapan yang lebih ketat, dengan lebih banyak aksi menyalip.

Di bagian belakang, aero di belakang pebalap akan menjadi bagian dari homologasi mulai 2027, dan tim hanya diperbolehkan memperbaruinya satu kali per musim untuk mengendalikan biaya.

Perangkat Ride-Height dan Holeshot

Dalam era baru mulai 2027, semua perangkat ride-height dan holeshot akan dilarang. Ini untuk mengontrol performa dan membuat olahraga lebih aman, terutama saat balapan dimulai. Hal ini juga akan makin mementingkan skill masing-masing pebalap, seperti halnya aero yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyalip.

Data GPS

Untuk menyamakan level persaingan, data GPS dari semua pebalap akan tersedia bagi semua tim setelah setiap sesi. Memberikan data kepada semua kompetitor menawarkan peluang kemajuan yang lebih baik bagi tim dan pebalap dengan performa kurang, serta dengan biaya yang terkendali.

Akses terhadap berbagai data ini akan membantu menjadikan olahraga ini lebih aman, dan juga akan meningkatkan sensasi dan pengalaman baru bagi para penggemar di seluruh dunia saat menonton MotoGP.

Konsesi

Sistem konsesi saat ini, yang diperkenalkan akhir musim 2023, akan terus berlanjut. Namun, seiring dengan berlakunya regulasi teknis baru pada 2027, semua pabrikan akan memulai musim di Peringkat B.

Mereka kemudian akan dinilai lagi pada pertengahan musim, saat musim panas 2027, dan dapat mengubah peringkat naik atau turun untuk memiliki akses ke lebih banyak atau lebih sedikit konsesi.

Sistem reaktif ini berarti kinerja pabrikan diperhitungkan sejak hari pertama atau saat free practice, demi menjaga persaingan sedekat mungkin ketika dimulainya era baru.

Diharapkan, MotoGP pada 2027 akan lebih aman, lebih ramah lingkungan, dan bahkan lebih spektakuler dari musim-musim sebelumnya.

populerRelated Article