Review All New Honda BeAT Street: Bensin Penuh Bisa 299 Kilometer!
Review All New Honda BeAT Street (Foto: Uzone.id)
Uzone.id - All New Honda BeAT Street telah resmi diluncurkan beberapa waktu lalu di Indonesia. Di generasi terbaru ini, skutik entry level bergaya petualang itu mendapatkan banyak ubahan baik dari segi spesifikasi maupun fiturnya.
Uzone mendapatkan kesempatan untuk menjajal All New Honda BeAT Street selama beberapa hari. Lantas bagaimana review dari skutik yang paling laku di indonesia tersebut?Desain lebih agresif
All New Honda BeAT Street mendapatkan ubahan yang membuat tampilannya lebih segar. Satu di antaranya adalah ubahan pada lampu depan yang dibuat lebih agresif dan lampu belakang yang lebih minimalis dari generasi sebelumnya.
Ubahan paling besar dari skutik 110 cc bergaya petualang ini adalah ukuran kaki-kakinya. Sekarang All New Honda BeAT Street mengadopsi ban berukuran 100/90 12 inci di depan dan 110/90 12 inci di belakang.
Sisanya, secara desain All New Honda BeAT street masih cukup mirip dari generasi lama, hanya saja terdapat perbedaan detail dari body-bodynya. Ditambah lagi sekarang skutik bergaya petualang itu memiliki power charger di kantung penyimpanan sebelah kanan yang dilengkapi penutup.
Secara keseluruhan, motor ini dibuat lebih ringan hingga mencapai 3 kg dari generasi sebelumnya. Bobot yang lebih ringan tersebut dicapai dengan mesin yang lebih ringan, behel yang menggunakan bahan plastik, serta kick starter yang dilepas.
Performa lebih lincah
Secara spesifikasi, All New Honda BeAT Street masih menggendong mesin yang cukup mirip dari generasi sebelumnya. Hanya saja Honda mengklaim, mesin tersebut dibuat lebih ringan 400 gram saja.
Artinya All New Honda BeAT Street masih menggendong 109,5 cc, 1-silinder, 4-langkah, SOHC, eSP, berpendingin udara. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 9 PS di 7.500 rpm dan torsi 9,2 Nm di 6.000 rpm.
Dengan bekal tersebut, All New Honda BeAT Street memiliki tarikan yang cukup responsif di putaran bawah. Dari posisi berhenti, cukup mudah untuk meningkatkan kecepatan dari skutik baru Honda tersebut.
Hanya saja saat kecepatan sudah mencapai lebih kurangnya 50 km/jam terasa tenaga cukup berkurang alias lemot. Menariknya, saat kecepatan secara perlahan naik di atas 60 km/jam, terasa sedikit tambahan tenaga yang membuat akselerasi di putaran atas cukup responsif.
Dengan kondisi jalan yang memadai, skutik ini tercatat di speedometer mampu menembus kecepatan hingga 100 km/jam.
Mengenai kaki-kaki, All New Honda BeAT Street mampu meredam kontur jalan yang tidak rata diperkotaan. Hal ini berkat penggunaan pelek 12 inci dengan profil ban yang tinggi, serta suspensi yang sedikit lebih tinggi dari generasi sebelumnya.
Hanya saja jika melewati jalan yang sangat rusak, hentakan cukup terasa di kaki-kaki All New Honda BeAT Street.
Lanjut ke pengereman, All New Honda BeAT Street tidak mengalami perbedaan spesifikasi pengereman dari generasi sebelumnya. Sistem rem dirasa sangat mumpuni untuk menghentikan laju skutik bermesin 110 cc ini.
Meskipun tidak dilengkapi dengan ABS, namun sistem pengereman dengan CBS dirasa cukup untuk memberikan rasa aman kepada pengendara. Terlebih dengan adanya parking brake lock, membuat pengendara bisa melepas tangannya dari tuas rem saat berhenti di bidang yang tidak rata.
Dengan bobot yang lebih ringan, All New Honda BeAT Street juga sangat lincah untuk digunakan dikemacetan. Celah-celah sempit antara mobil-mobil pun dengan mudah dilalui, meskipun memiliki setang yang lebih lebar dari varian sportynya.
Radius putar yang besar juga memudahkan pengendara All New Honda BeAT Street untuk menerjang di kemacetan atau bermanuver di gang sempit.
Di sisi lain, keunggulan dari All New Honda BeAT Street juga terdapat di konsumsi bahan bakarnya. Dengan bobot yang lebih ringan 3 kg, tercatat konsumsi bahan bakarnya mencapai 71,25 km/liter dengan metode perhitungan full-to-full.
Angka tersebut diraih dengan metode berkendara econo ride yang mengandalkan putaran mesin rendah menggunakan bensin beroktan 92.
Uzone pun sempat mencicipi fitur baru di All New Honda BeAT Street ini yakni Anti-theft Alarm. Fitur ini berfungsi dengan normal, meskipun cara penggunaannya sedikit berbeda.
Selain fitur tersebut, terdapat fitur lain yang juga ditawarkan seperti indikator aki serta power charger 12 V yang dapat digunakan untuk mengisi daya gadget pemilik atau pengendaranya.
Kesimpulan
All New Honda BeAT Street menjadi skutik entry level yang memiliki value tinggi bagi pengendara yang ingin mencari motor harian namun tetap tampil berbeda dari orang lain. Karakter petualang pada skutik ini memberikan tampilan berbeda dari pengguna motor lainnya.
Di sisi lain, konsumsi bahan bakar yang irit juga menjadi salah satu faktor penunjang bahwa motor ini memiliki value of money yang tinggi.
Meskipun harga jualnya mencapai Rp19,3 juta untuk on the road DKI Jakarta, namun dengan sejumlah fitur baru yang diberikan, tentu membuat All New Honda BeAT Street layak untuk dimiliki.