Review Kamera iPhone 11 Pro: Pertama dengan 3 Kamera dan Andal Memotret di Malam Hari

25 September 2019 by
Review Kamera iPhone 11 Pro: Pertama dengan 3 Kamera dan Andal Memotret di Malam Hari
Tidak hanya satu atau dua kamera, kamera belakang smartphone saat ini bisa hadir dengan 3 hingga 4 kamera. Bahkan, Apple akhirnya merilis iPhone 11 Pro dan Pro Max yang merupakan varian iPhone pertama dengan 3 kamera di belakang. Penasaran sehebat apa kemampuan fotografi iPhone pertama dengan 3 kamera ini? Simak ulasannya sebagai berikut..

3 kamera dengan sensor 12 megapixel dan lensa berbeda

Sesuai tradisi setiap kemunculan iPhone generasi terbaru kemampuan kameranya pasti ikut ditingkatkan. Begitu juga dengan iPhone 11, iPhone 11 Pro dan Pro Max. Tapi, perlu diketahui hanya iPhone 11 Pro dan Pro Max yang hadir dengan 3 kamera. Kameranya pun tidak berbeda. Untuk unit yang kami review kali ini adalah iPhone 11 Pro.

3 modul kamera belakang iPhone 11 Pro hadir dengan lensa yang berbeda. Kendati demikian, resolusi sensor ketiganya sama yakni 12 megapixel. Menurut Apple, untuk modul kamera utamanya hadir dengan sensor yang telah diperbarui. Modul kamera utamanya dipasangkan dengan lensa wide 26mm berdiafragma F/1.8 dan dilengkapi fitur penstabil Optikal. Untuk modul kamera kedua adalah kamera telefoto dengan lensa 52mm berkemampuan zoom optical 2x dan bukaan diafragma lensa F/2.0. Kamera telefotonya ini juga dilengkapi dengan fitur penstabil optikal. Sementara modul kamera ketiga adalah kamera dengan lensa ultra wide 13mm yang berdiafragma F/2.4.

Seperti smartphone dengan 3 kamera lain, membawa lensa dengan jarak fokal berbeda dan kemampuan lensa telefoto memang menawarkan fleksibilitas lebih saat memotret. Hal ini pun kami rasakan di iPhone 11 Pro. Tapi, satu hal yang membuat iPhone 11 Pro unggul adalah kualitas hasil foto dari ketiga kameranya tersebut terlihat nyaris tidak terlihat ada perbedaan. Ketiga kameranya mampu menghasilkan jepretan foto yang tajam dan mampu menjaga warna serta tingkat gelap terang yang konsisten di beragam kondisi pencahayaan.

Ultra-wide
IMG_0164

wide
IMG_0163

telefoto
IMG_0165

Bahkan, berpindah dari setiap kameranya dengan menekan ikon 0,5x, 1x, 2x atau menggeser roda pengaturan jarak fokal lensa di antarmuka kameranya nyaris tidak ada jeda.

Sangat mulus seperti menggunakan 1 kamera saja. Pengalaman seperti inilah yang jarang kami jumpai di smartphone 3 kamera lain dengan sistem operasi Android.

Hasil foto sangat memuaskan

Di iPhone 11 Pro sekali lagi Apple membuktikan sensor kamera besutannya memang patut diacungi jempol. Meski hanya membawa sensor gambar dengan resolusi 12 megapixel, jepretan foto menggunakan ketiga kamera iPhone 11 Pro tetap sangat memuaskan di segala kondisi pencahayaan. Kinerja autofocusnya juga sangat cepat.

IMG_0070

IMG_0260

IMG-0372

IMG-0194

Hasil foto ketiga kameranya terlihat tajam dan detil dengan warna yang sangat baik. Kehadiran kamera dengan lensa ultrawide di iPhone 11 Pro menurut kami amat membantu terutama untuk menangkap obyek landscape atau arsitektur. Saat memotret dengan menyalakan opsi HDR hasil fotonya pun tetap terlihat natural dengan kendali area bayangan dan highlight yang baik serta warna yang akurat. Nyaris tidak terasa adanya penambahan efek penajaman atau peningkatan tingkat kecerahan serta saturasi warna yang berlebihan.

Night Mode yang sangat impresif

Tapi, peningkatan paling signifikan dari kamera iPhone 11 adalah kemampuannya memotret di kondisi temaram. Bahkan, untuk pertama kalinya Apple membenamkan Night Mode di semua model iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Sayangnya, Night Mode tidak bisa bekerja di ketiga kameranya dan hanya bisa digunakan di kamera utama dan kamera telefoto saja.

Dari pengujian kami pengalaman menggunakan Night Mode di iPhone 11 sama persis Night Mode di smartphone Android. Selama beberapa detik kamera secara otomatis akan mengambil beberapa foto, lalu digabungkan dan diolah untuk menghasilkan satu foto yang sempurna. Ini artinya saat memotret dengan Night Mode Anda wajib mempertahankan tangan agar tidak goyang untuk mendapatkan hasil foto yang bebas blur. Semakin gelap situasi pemotretan, kamera akan lebih lama mengambil foto di Night Mode. Walau begitu Tersedia juga opsi untuk mengatur durasi Night Mode.

IMG-0342

Dari pengujian kami, Night Mode dengan opsi Auto durasi 2 detik pengambilan foto masih dimungkinkan tanpa perlu bantuan tripod berkat hadirnya dukunga fitur penstabil. Untuk pengambilan foto Night Mode dengan durasi yang lebih lama penggunaan tripod sangat kami sarankan agar foto tidak blur.

IMG-0309

IMG-0352

Hasil foto dengan Night Mode di iPhone 11 juga berhasil mencuri perhatian kami. Foto yang dihasilkan bisa tetap terlihat natural dengan tingkat pencahayaan yang pas dan tajam. Tonal warna bisa dijaga agar tetap akurat, serta area gelap dan terang di hasil jepretan fotonya sangat seimbang tanpa terlihat artefak di pinggiran subyek akibat efek penajaman atau peningkatan saturasi warna berlebih yang umum kami jumpai di Night Mode smartphone Android.

Satu hal yang membuat kami terkesan kemampuan Night Mode besutan Apple ini juga masih bisa bekerja optimal di kondisi yang nyaris gelap total. Mirip seperti kemampuan Night Mode Huawei P30 Pro. Untuk mengujinya kami memotret dengan Night Mode di kondisi nyaris gelap total dengan bantuan tripod.

Tanpa Night Mode
IMG-0396

Dengan Night Mode
IMG-0397

Dari hasil foto di atas, bisa terlihat kemampuan Night Mode iPhone 11 sangat mengagumkan. Berkat Night Mode kamera masih sanggup menghasilkan foto yang lebih terang dengan kualitas yang tetap terjaga meski ketajaman dan warnanya agak menurun akibat noise yang menggangu.

Ultra-wide tanpa night mode
IMG_0351

Pada prakteknya kami yakin secara umum akan sangat jarang pengguna memotret di kondisi yang nyaris gelap total. Untuk skenario pengunaan sehari-hari saat memotret di kondisi malam hari atau minim cahaya, dari pengujian kami dengan atau tanpa menggunakan opsi Night Mode pun ketiga kamera iPhone 11 Pro masih mumpuni menghasilkan jepretan foto yang tajam dengan noise yang relatif minim. Jadi tidak perlu diragukan iPhone 11 adalah varian iPhone yang paling andal memotret di kondisi minim cahaya.

Tanpa Night mode
IMG-9259

Dengan Night mode
IMG-9260

Efek Portrait lighting bertambah

Mode Portrait di iPhone 11 Pro juga semakin jempolan dengan efek blur di belakang subyek yang rapih. Efek bokeh bisa dihasilkan dengan kamera depan atau belakangnya.

IMG_0119

IMG_0201

Menjalankan iOS 13 efek bokeh dari hasil foto Portrait masih bisa diatur setelah foto diambil. Di iOS 13 efek Portrait Lighting kini juga ditambahkan dengan satu mode baru yaitu High-Key Light Mono untuk foto hitam putih sekelas foto studio.

IMG_0007

Selfie semakin seru dengan Slofie

Tidak hanya kamera belakang yang semakin mutakhir, kamera depan 12 MP TrueDepth iPhone 11 turut ditingkatkan. Selfie dengan kamera depannya juga memuaskan dengan hasil yang terlihat natural tanpa terlihat adanya efek beautifikasi berlebihan.

IMG-0299

Selfie bokeh
IMG_0296

Selfie dengan flash
IMG-0298

Kamera depannya tersebut semakin inovatif karena menjadi yang pertama di smartphone dengan kemampuan mengambil video selfie dalam gerakan lambat di 120fps atau istilahnya Slofie. Untuk vlogging Anda bisa juga merekam video 4K di 60 fps.

Slofie test

IMG-0084

IMG_0384

Selain itu untuk mempermudah pengguna saat mengambil foto selfie kamera depannya ini juga secara otomatis akan zoom out sehingga Anda bisa mengambil foto selfie dengan tangkapan gambar yang lebih lebar.

Untuk hasil foto iPhone 11 Pro lain tanpa proses penyuntingan bisa dilihat di akun resmi FLICKR yangcanggih.com berikut ini.

Kesimpulan

Apple memang bukan yang pertama menghadirkan smartphone dengan 3 kamera dan Night Mode. Tapi, iPhone 11 Pro berhasil menghadirkan pengalaman memotret yang semakin lengkap dan menyenangkan berkat penambahan kamera dengan lensa ultrawide dan Night Mode. Hasil foto ketiga kameranya juga mampu mengungguli kompetitornya dengan hasil jepretan foto yang konsisten. Ditambah dengan dukungan fitur Night Mode yang inovatif menjadikan iPhone 11 Pro varian iPhone dengan sistem kamera tercanggih saat ini, dan yang pertama paling andal memotret di kondisi minim cahaya. Layak dipertimbangkan jika tidak keberatan dengan harga jualnya dan sangat kami rekomendasikan jika Anda memang ingin upgrade dari generasi iPhone sebelumnya.

Yang canggih:
+ Hasil foto dengan ketiga kamera sangat memuaskan
+ Berpindah dari satu kamera ke kamera lain nyaris tidak terasa
+ Night Mode sangat baik
+ Kamera depan semakin mumpuni untuk selfie
+ Kamera depan mendukung Slofie

Yang kurang:
+ Kamera dengan lensa ultrawide belum dilengkapi fitur penstabil
+ Nightmode dan portrait tidak bisa bekerja di kamera dengan lensa ultrawide

 
Varian iPhone dengan sistem kamera tercanggih dan yang paling andal memotret di kondisi minim cahaya.
4.7
 

Artikel ini muncul pertama kali di Review Kamera iPhone 11 Pro: Pertama dengan 3 Kamera dan Andal Memotret di Malam Hari oleh Renhard Harjanto

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

55 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
pejuang 12 October 2019 | 21:03:53

gambar yang dihasilkan dari kamera iPhone 11 sangat bersih

Kubik Ok 12 October 2019 | 09:22:40

fitur kameranya bagus banget, kayak dlsr

Bisri Mustofa 10 October 2019 | 21:29:57

kemampuan kamera iphone mah gak perlu di cek lagi udah pasti bagus

Agung D'kind-boys 10 October 2019 | 21:06:02

keren banget kamera iphone 11

HELMI NURLIANSYAH 10 October 2019 | 01:44:32

garansi kamera tp mahal

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top