Review Lengkap Samsung Galaxy Note 9: Emang Gokil

15 August 2018 by
Review Lengkap Samsung Galaxy Note 9: Emang Gokil

Uzone.id - Buat saya spesisifkasi ponsel bukan segalanya, fungsional jauh lebih penting. Tapi ternyata Samsung bisa merangkum itu semua di Galaxy Note 9.

Saya sendiri pengguna seri Note. Galaxy Note Note FE tepatnya. Karena bagi saya seri Note selalu menawarkan hal yang lebih, baik dari spesifikasi dan fungsional. Itu semua masih berlaku sampai Galaxy Note 9 dirilis.



Galaxy Note 9 punya spesifikasi yang agak ‘gila’ menurut saya. Chipset yang dipakai memang masih sama dengan Galaxy S9 Plus, tapi di sini dioptimalkan dengan sistem pendinginan yang lebih baik. Hal yang paling ekstrem ada pada memori RAM yang mencapai 8GB dan penyimpanan 512GB. Itu sudah sama dengan laptop kelas atas saat ini.

Lalu apakah spesifikasi yang tinggi itu memang membantu? Melalui tulisan ini saya coba merangkum selama sepekan menggunakan Galaxy Note 9 sebagai alat komunikasi, dan produktivitas selama bekerja di New York, Amerika Serikat.



Desain: Enggak Baru, Tapi Enggak Jelek Juga

Desainnya tak banyak berubah. Tapi itu bukan hal buruk kok, dari seri Note 8 desainnya memang sudah bagus, makanya tak banyak diubah. Kalau dilihat dari spesifikasinya ponsel ini bertambah tebal 0,2mm sebagai kompensasi besarnya baterai, tapi saat dibandingkan sepertinya enggak terlalu terasa perbedaannya.

Secara kasat mata juga tak terlihat. Tapi sebenarnya layar Galaxy Note 9 membesar dari Note 6,3 inch di Note 9 menjadi 6,4 inch dengan resolusi yang sama yakni 2,960 x 1,440 pixel. Dimensinya juga agak berbeda dari162.5 x 74.8 x 8.6 mm di Note 8 jadi 161.9 x 76.4 x 8.8 mm di Note 9.


Tata letak tombol masih sama. Power berada di sebelah kanan, volume di bagian kiri beserta tombol dedicated Bixby yang juga masih ada di posisi serupa. Lubang audio tetap di bawah (alhamdullilah masih ada), disebelahnya ada port USB-C berdampingan dengan speaker eksternal dan S-pen.

Lokasi dua lensa kameranya masih sama di bagian belakang. Tapi di Note 9, letak pemindai sidik jarinya berbeda. Sekarang ada di bawah lensa, bukan di sampingnya seperti Note 8. Perubahan ini positif sekali karena bikin pemindai itu lebih gampang diakses.

Galaxy Note 9 kini tersedia dalam empat warna Midnight Black, Lavender Purple, Metallic Copper dan Ocean Blue. Namun kalau saya lebih suka warna Ocean Blue. Bukan cuma karena warnanya, tapi hanya varian ini yang punya S-pen dengan warna kuning. Unik.

Selebihnya desainnya Galaxy Note 9 tidak ada yang baru. Tapi tetap menarik sih, menurut subjektivitas saya.


S-pen yang Tambah Pintar

Sedari awal, sampai Note 8 S-pen memang tak terlalu banyak berubah. Paling hanya tingkat responsivitas dan aplikasi tambahan untuk memaksimalkannya. Kini enggak seperti itu lagi.

"Kini S-pen adalah alat yang bisa melakukan banyak hal," kata Jonathan Wang, Director of Product Marketing Samsung Mobile saat meluncurkan Galaxy Note 9 di Barclay Center, New York 9 Agustus 2018.

Di dalam S-pen kini sudah ada bluetooth rendah energi yang secara otomatis akan terisi ulang saat dimasukkan ke dalam Galaxy Note 9. Saat di luar, S-pen ini bisa bertahan sebanyak 200 klik atau sekitar 30 menit idle. Saat dayanya sudah rendah ponsel akan memberikan notifikasi.

Dari fungsi itu kemudian banyak skenario fungsi yang dikembangkan. Saat di Barclay Wang memamerkan beberapa keunggulan S-pen. Mulai dari responsivitas untuk menggambar, menjadikannya remote mengambil foto, memutar lagu di Spotify dan disulap menjadi remote pengendali presentasi. Keren kan?

Samsung juga menyediakan SDK untuk para developer aplikasi yang ingin memaksimalkannya S-Pen. Jadi, mungkin saja kedepannya fungsi S-pen jadi semakin banyak.



Kamera: Nice Shot!

Kalian yang punya atau sudah pernah pakai Galaxy S9+ pasti tau sebagus apa kameranya, di Note 9 ini mirip. Cuma ada beberapa peningkatan.

Kalau dilihat dari spesifikasinya memang tak ada bedanya. Galaxy S9+ yakni, belakang pakai Dual Camera dengan Dual OIS (Optical Image Stabilization). Satu wide-angle super speed dual pixel 12MP AF, F1.5/F2.4, OIS dan satunya lagi telephoto: 12MP AF, F2.4, OIS 2X optical zoom, up to 10X digital zoom. Sementara di depan ada 8MP auto focus dengan apeture F1.7.

Perbedaannya terletak pada software. Di Galaxy Note 9 Samsung melakukan banyak penyempurnaan, misalnya dari sistem kecerdasan buatan yang bisa mendeteksi objek yang ingin difoto.

Total ada 20 jenis skenario yang bisa otomatis disesuaikan, Food, Portraits, Flowers, Indoor scenes, Animals, Landscapes, Greenery, Trees, Sky, Mountains, Beaches, Sunrises and sunsets, Watersides, Street scenes, Night scenes, Waterfalls, Snow, Birds, Backlit dan Text.

Pengalaman saya, fitur itu sangat terasa sekali perbedaannya saat memotret makanan dan modus macro untuk bunga. Saat fungsi Artificial Intelligence (AI) aktif, warna dan kontrasnya akan sedikit ditingkatkan secara real time.



Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat hasil foto Galaxy Note 9 pada tutan berikut ini.

Spesifikasi Buas

Zaman now smartphone memang punya spesikasi yang enggak kira-kira, salah satunya ya Galaxy Note 9. Chipnya menggunakan Exynos 9810 Octa dengan CPU 8 inti. Grafisnya pakai Mali-G72 MP18 yang ditunjang RAM 6GB dan versi RAM 8GB.

Di Indonesia ada dua varian, versi RAM 6GB dengan penyimpanan 128GB dan RAM 8GB dengan ROM 512GB. Penyimpanan keduanya masih bisa diperbesar melalui slot microSD hingga 512GB. Total bisa satu terabyte, sungguh amat luas untuk seonggok smartphone.

Spesifikasi inilah yang bikin Galaxy Note 9 terkesan overkill, atau berlebihan. "Karena sekarang pengguna mau segalanya. Ya main, ya kerja dalam satu perangkat yang sama," kata Jo Semidang Marketing Director Samsung Electronics Indonesia, Jo Semidang

Klaim Jo memang ada benarnya. Game-game di Android kini sudah butuh grafis yang bertenaga, kemudian untuk pekerjaan kantor Galaxy Note 9 ini sudah bisa disulap menjadi komputer.

Di Note 8 dan Galaxy S9 Samsung mulai mempopulerkan Samsung Dex, fungsi yang bisa membuat smartphone kamu menjelma menjadi komputer ketika dihubungkan ke monitor. Bedanya, kalau dulu harus pakai docking tambahan di Galaxy Note 9 ini cuma butuh satu kabel converter saja. Praktis.

Inilah yang butuh spesifikasi tinggi. Karena Samsung coba hadirkan pengalaman pakai komputer melalui sebuah ponsel, cukuplah untuk pekerjaan ringan seperti di dekstop.

Hasil benchmark Galaxy Note 9 dengan Antutu

Baterai Gak Habis-habis

Samsung Galaxy Note 9 punya baterai 4.000 mAh, lebih besar dari Galaxy Note 8 yang 'cuma' 3.300 mAh. Tapi kalau kalian ingat, Samsung pernah menggunakan baterai sebesar itu pada Galaxy Note 7 yang akhirnya meledak. Meledak dalam arti yang sesungguhnya. Dan setelah ditelursui penyebabnya ada di baterai.

Namun Samsung belajar banyak dari situ. Baterai di Galaxy Note 9 diklaim aman. "Baterai di Galaxy Note 9 jauh lebih aman dari sebelumnya, pengguna tak perlu khawatir soal itu," kata DJ Koh, CEO Samsung Mobile saat meluncurkan Note 9.

Saya sendiri sebenarnya tak khawatir dengan itu. Samsung pasti sudah belajar banyak, dan melihat sistem pengecekannya sekarang sudah sepantasnya baetarai itu aman. 

Selain aman, kapasitasnya yang besar ternyata memang terbukti bikin ponsel awet. Enggak perlu ngecas berulang-ulang.

Saya menggunakan Galaxy Note 9 sebagai ponsel sehari-hari. Dipakai telepon, whatsapp, email, browsing, streaming video dan sesekali memainkan game. Dengan kondisi seperti itu Galaxy Note 9 sanggup bertahan 12 jam lebih.

Kesimpulannya

Meski tampang tak jauh beda, namun segala hal baru di Galaxy Note 9 membuatnya sulit diabaikan. Performa kencang, memori lapang, layar besar dengan kualitas display yang memanjakan mata, serta baterai yang tahan lama. Belum lagi fungsi tambahan seperti S-Pen yang tidak ada di ponsel lain.

Galaxy Note 9 di Indonesia dijual seharga Rp 13,3 juta untuk versi 128GB dan Rp 18 juta untuk versi 512GB. Untuk pemesanana awal pengguna diiming-imingi bonus berupa smart TV 32 inch untuk versi 128GB dan smart TV 40 inci untuk versi 512GB. Keduanya mendapat cashback senilai Rp 750 ribu.



Jika dihitung-hitung harganya jadi menggiurkan. Makanya enggak heran, kalau pre-order di banyak situs online sudah ludes dalam hitungan hari. Ponselnya keren, banyak fitur, performa canggih, baterai tahan lama, dan didukung layanan purna jual yang luas. Wajar jika Galaxy Note 9 laris di masa pertama penjualannya. Boleh jadi saat ini Samsung sedang jumawa atas perolehan itu.

Selamat ya...


Tak hanya gratis Smart TV, Pre Order Samsung Note 9 di BLANJA.com juga menawarkan banyak keuntungan seperti cashback hingga 1.750.000, cicilan 0% hingga 12 Bulan dan gratis voucher hotel senilai 200ribu. 

Apa Reaksi Anda ?

Love
81%

Suka

Laugh
2%

Lucu

Surprised
11%

Kaget

Sad
2%

Sedih

Angry
3%

Marah

3084 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Sardiah Saja 15 January 2019 | 16:55:26

Samsung selalu mantap tidak ada matinya

Saha Weh 12 January 2019 | 12:26:23

gokil banget pasti sam bakalan bagus tipe samsung yang satu ini

Rogi Castle 07 January 2019 | 22:19:28

memang sih bisa menghasilkan banget

Herli Yani 07 January 2019 | 01:42:01

Samsun tidak ada matinya selalu bisa memberikan yang terbaik untuk para pelanggannya, jangan pernah berhenti memberikan yang terbaik ya samsung

Hafiz 1927 24 December 2018 | 12:30:32

selalu ada yang baru low dari Samsung galaxy note 9 lanjutkan

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top