Review: Test Drive Genesis G80, Rasanya Naik Mobil VVIP Negara
Foto: Uzone.id - Bagja
Uzone.id - Citra Hyundai sebagai salah satu propdusen kuat di mobil listrik tidak hanya melekat pada Ioniq 5, tapi juga berkat jasa Genesis—divisi mobil mewah Hyundai yang sempat mencuri perhatian saat digunakan sebagai mobil VVIP di KTT G20 Bali, akhir tahun lalu.
Genesis G80 merupakan sebuah mobil yang eksklusif. Tersedia dalam dua pilihan, Short Wheel Base (SWB) dan Long Wheel Base (LWB).Keduanya hanya diproduksi terbatas (44 unit LWB dan 87 unit SWB) dan khusus untuk penyelenggaraan KTT G20 di Bali.
Kami pun berkesempatan untuk mencoba langsung bagaimana rasanya naik dan mengendarai mobil listrik VVIP KTT G20 ini. Unit yang kami uji adalah versi SWB, bagaimana rasanya?
Tampilan megah dan perlente
Genesis G80 memang sedari awal diciptakan untuk menawarkan sebuah kemewahan. Hal ini pun begitu jelas ketika kita melihat langsung tampilan eksteriornya.
Mulai dari grill besar beraksen mewah, logo Genesis bersayap yang ditempatkan diujung kap depan, serta soket pengecasan yang dibuat terintegrasi dengan grillnya.
Grill terseut dipertegas dengan tampilan dua bilah lampu utama dengan dua tarikan garis DRL yang terasa futuristis, juga mewah.
Sementara dibagian samping, tersedia juga sein berupa tarikan garis LED yang sejajar dengan lampu depan. Dibawahnya, pelek 19 inci pun begitu padu dengan tampilan keseluruhan dengan desain multi-spoke, serta kaliper rem dengan tulisan Genesis yang keren sekali dilihat.
Kami juga menyukai tarikan atapnya yang melandai sampai ke ujuang bagasi, layaknya mobil-mobil coupe. Oiya, khsusus tipe SWB, di bagian atapnya juga sudah tersedia solar panel untuk menambah daya listrik ke baterai.
Ruang kabin kelas atas, sayangnya sempit
Dari luar, Genesis G80—bahkan untuk tipe SWB terlihat besar dan panjang. Mobil ini punya dimensi panjang 5.005 mm, lebar 1.925 mm, tinggi 1.475 mm, dan wheelbase di angka 3.010 mm.
Namun ketika kami mencoba duduk di dalamnya, khususnya di jok belakang, lokasi dimana seharusnya jadi tempat yang paling nyaman di mobil ini, kami tidak menemukan kelapangan kabin.
Memang, jok yang kami duduki sangat nyaman sekali dan sudah berlapis kulit ramah lingkungan hasil daur ulang. Joknya empuk dan pas memeluk tubuh, meskipun sayangnya, ruang kaki kami terbatas karena kabin belakangnya kurang lega.
Sudah begitu, lantai pun terasa lebih tinggi, meskipun hal ini wajar karena ada baterai yang diletakkan di bawah lantai.
Sementara di depan, khususnya saat dibelakang setir, sama sekali tidak ada masalah. Malah kami mudah sekali menemukan posisi duduk yang pas, karena baik joknya dan setir, pengaturannya semua sudah elektrik.
Ada aksen kayu bermotif daur ulang juga untuk menunjukkan sisi ramah lingkkungan dari mobil ini. Untuk kualitas material di dalam kabin secara keseluruhan, tentu saja gak ada masalah. Semua terlihat mahal dan berkelas dengan perpaduan kulit yang mendominasi dasbor, door trim, serta konsul tengahnya.
Tombol-tombol di setir, panel AC, head unit, gear shift serta knob pengaturan head unit, semuanya juga bisa diakses dengan baik oleh pengemudi.
Performa dan handling superior
Genesis G80 dibekali dua motor listrik yang ditempatkan di antara sepasang roda depan dan belakang, yang listriknya disuplai dari baterai Lithium-ion berkapasitas 87,2 kWh yang menghasilkan tenaga 272 kW atau setara dengan 370 PS dan torsinya 700 Nm.
Mobil ini mampu menempuh jarak hingga 500 km dengan kecepatan maksimal 225 km per jam.
Diatas kertas, tenaga sebesar itu tentu saja menggiurkan. Dan ketika kami mencobanya, benar saja, ketika berakselarasi dari diam, badan langsung tertarik ke belakang dan mendekap erat sandaran jok.
Meski begitu, karakter akselarasinya tetap terasa lembut namun sangat berisi. Mungkin memang diseting seperti itu untuk meningkatkan kenyamanan.
Kami juga suka dengan redaman suspensinya yang lembut dan empuk. Bahkan, saking empuknya, ketika diajak bermanuver, mobil ini terasa mengayun, meskipun masih tetap stabil dan terkendali.
Asiknya adalah ketika melewati jalan bergelombang, dimana pergerakan mobil seperti sedang berada di atas permukaan air.
Secara performa dan handling, rasanya memang tidak ada masalah sama sekali. Performa buas tersebut bisa diladeni dengan baik oleh sassis dan kaki-kaki mobil ini, sehingga tidak hanya sekedar kencang, tapi juga tetap menawarkan kenyamanan khas mobil-mobil kelas atas.
Fitur super lengkap dan canggih
Dari lahir sudah menjadi mobil mewah, bersanding dengan kekuatan teknologi kendaraan yang dimiliki Hyundai Motor Group, menjadikan fitur-fitur yang diusung di mobil ini jadi banyak sekali dan canggih.
Selain berfokus pada keselamatan, juga banyak fitur-fitur pendukung kenyamanan. Mulai dari head unit dengan fitur unggulan Augmented Reality Navigation.
Head unit berukuran 14,1 inci tersebut juga memuat semua menu seputaran kendaraan, sampai knob pengaturan head unit seperti i-Drive BMW, yang tersedia tidak hanya di depan, tapi juga di sandaran tangan jok belakang.
Genesis G80 juga dibekali Electronic Control Suspension alias suspensi elektrik yang bisa diatur tinggi rendahnya secara manual melalui pengaturan di head unit.
Atau ketika mobil berjalan di atas 100 km perjam, suspensi akan secara otomatis merendahkan mobil untuk meningkatkan stabilitas saat di kecepatan tinggi.
Kemudian, ada juga teknologi DAS alias Disconector Actuator System, dimana sistem bisa mematikan daya di roda belakang secara otomatis ketika mobil membutuhkan efisiensi lebih.
Dan untuk mendukung kenyamanan, tersedia fitur Road-noise Active Control (RANC), berupa peredam aktif layaknya di smartphone. Fitur ini bisa menghilangkan gemuruh suara ban dario luar dengan menawarkan suara-suara alam yang menenangkan di dalam kabin.
untuk keselamatan, di kabin, terdapat 10 airbags. Selain itu juga terdapat fitur canggih seperti line following/keeping assist, blind spot dan forward collision avoidance assist.
Lalu ada safe exit assist, rear guide lamps, dan forward attention warning. Kemudian disematkan juga driving assist seperti intelligent lighting, highway driving assist, navigasi yang berbasis smart cruise control dan masih banyak lagi.