Review Xiaomi Mi 8 Lite: Versi Hemat Mi 8, Fitur Tetap Komplit

04 January 2019 by
Review Xiaomi Mi 8 Lite: Versi Hemat Mi 8, Fitur Tetap Komplit

Hingga saat ini Xiaomi memang masih belum cukup percaya diri meluncurkan jajaran smartphone flagship jagoannya ke tanah air. Kendati demikian, di bulan November lalu Xiaomi membawa angin segar untuk para penggemarnya di Indonesia dengan merilis Xiaomi Mi 8 Lite. Smartphone cantik ini adalah versi hemat dari smartphone kelas flagshipnya Xiaomi Mi 8. Penasaran dengan kehebatan varian Mi 8 paling terjangkau ini? Berikut ulasannya.

Cantik dan tampil beda

Satu poin plus dari Xiaomi Mi 8 Lite adalah desainnya yang tampil beda jika dibandingkan smartphone Xiaomi Redmi yang selama ini sangat populer di pasar smartphone tanah air. Setidaknya, desain cantik yang ditawarkan Mi 8 Lite bisa menjadi penawar untuk penggemar Xiaomi yang ingin tampil beda dan jenuh dengan pakem desain Xiaomi Redmi yang minim pembaruan.

Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan layar berponi dengan bentang layar 6,26 inci yang resolusinya Full HD+. Dengan aspek rasio layar 19:9, meski layarnya besar smartphone ini tetap terasa sangat pas saat digenggam tangan. Tampilan yang tersaji di layarnya pun sangat memanjakan mata dengan tingkat ketajaman dan warna yang amat baik. Tingkat kecerahannya juga cukup baik sehingga masih cukup nyaman saat digunakan di bawah kondisi pencahayaan sinar matahari yang terik. Bagian layarnya ini juga turut diperkuat dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5.

Mengusung desain layar penuh, Xiaomi menempatkan sensor sidik jarinya di bagian belakang bodi. Menemani sensor sidik jarinya ini bisa ditemukan kamera ganda yang dilengkapi LED flash.

Kesan premium juga semakin menonjol di Mi 8 Lite berkat bodi belakang yang mengusung material kaca. Apalagi, Xiaomi Mi 8 Lite yang kami review ini hadir dengan lapisan warna gradasi Aurora Blue yang terlihat sangat cantik. Selain Aurora Blue, Mi 8 Lite juga tersedia dengan pilihan warna hitam.

Mengingat material kaca di bagian belakang bodinya cukup wajar jika Mi 8 Lite terasa agak licin. Untunglah Xiaomi menyertakan case pelindung berbahan silikon langsung dalam paket penjualannya yang cukup berguna untuk mengurangi efek licin di bodinya saat digunakan.

Untuk konektivitas, di bagian bawah bodinya hanya bisa ditemukan port USB Type-C. Anda tidak akan menemukan port 3.5mm untuk menancapkan headphone di smartphone ini. Sebagai gantinya di paket penjualannya sudah tersedia kabel konverter jack 3.5mm ke USB Type-C.

MIUI 10 yang sederhana

Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan menjalankan sistem operasi MIUI 10 yang berbasis Android 8.1 Oreo. Belum ada informasi lebih lanjut kapan Xiaomi akan menghadirkan update ke versi Android 9.0.

Antarmuka MIUI 10 terlihat sederhana dengan tampilan menu tanpa App drawer. Di MIUI 10 Anda juga bisa menemukan beragam fitur seperti misalnya mode Full Screen Display, Second Space untuk membuat ruang terpisah seperti menggunakan dua smartphone dan tersedia fitur Dual Apps untuk menggandakan aplikasi.

Di mode Full Screen Display Xiaomi menyediakan opsi menghilangkan Notch atau poni smartphone ini. Selain itu Anda juga bisa menemukan opsi navigasi di mode layar penuh dengan fungsi gestur tanpa tombol soft button.

MIUI 10 juga telah mendukung fitur pengaman berbasis deteksi wajah pengguna atau Face Unlock melengkapi fitur pengaman sensor sidik jarinya. Saat mencobanya kinerja Face Unlock Mi 8 Lite tergolong amat baik dengan kemampuan mengenali wajah dan membuka kunci layar yang sangat cepat. Di kondisi pencahayaan yang temaram pun fitur ini tetap bisa berjalan dengan baik.

Secara keseluruhan kami cukup puas dengan MIUI 10 yang terasa ringan dan mudah digunakan. Kendati demikian, cukup disayangkan MIUI 10 ini menyedot cukup banyak RAM dan banyak muncul iklan yang menggangu.

Kamera bisa diandalkan


Untuk memotret Mi 8 Lite dipersenjatai kamera ganda dengan konfigurasi 12 megapixel dan 5 megapixel. Kamera Mi 8 Lite juga telah disokong teknologi AI yang mencakup AI Scene detection untuk hasil jepretan foto yang lebih optimal di beragam kondisi pemotretan dan AI Portrait 2.0 untuk mengoptimalkan pengambilan foto portrait denga efek bokeh. Sementara untuk selfie kamera depannya mengandalkan sensor 24 megapixel dengan dukungan fitur AI Portrait Selfie, AI Scene detection, dan AI Beautify untuk hasil foto selfie yang lebih baik di beragam kondisi pencahayaan.

IMG_20181230_165111

IMG_20181228_144628

IMG_20181228_144414

Dari pengujian kami kamera Mi 8 lite mampu menghasilkan jepretan foto yang tajam dengan warna yang cukup akurat di kondisi pencahayaan ideal. Dengan bantuan AI, Anda pun bisa menghasilkan jepretan foto yang oke tanpa perlu repot melakukan pengaturan kamera.

IMG_20181228_145019

IMG_20190103_110945

Kemampuannya memotret foto dengan efek bokeh pun cukup baik, meski di beberapa skenario pemotretan efek bokeh yang dihasilkan kadang masih terlihat terlihat kurang rapih. Sementara di kondisi pencahayaan yang minim atau di dalam ruangan kamera Mi 8 Lite masih bisa menghasilkan jepretan foto yang cukup baik. Untuk yang gemar selfie kamera depannya pun sangat oke untuk memotret foto selfie.

IMG_20181230_181857

IMG_20181216_212328

IMG_20181216_225704

IMG_20181213_191500

IMG_20181230_185115

Untuk hasil foto Xiaomi Mi 8 Lite yang lain tanpa proses penyuntingan bisa dilihat di akun FLICKR resmi yangcanggih.com.

Performa memuaskan

Di sektor performa Mi 8 Lite diotaki SoC Qualcomm Snapdragon 660 AIE yang disokong RAM 4GB dan memori internal 64GB. Dengan spesifikasinya tersebut, Mi 8 Lite sudah mencukupi beragam kebutuhan dengan kinerja yang sangat memuaskan. Ruang penyimpanannya ini masih bisa diekspansi lewat tambahan kartu microSD.

Untuk bermain game spesifikasinya pun masih bisa diandalkan. Beberapa judul game populer seperti PUBG Mobile, Asphalt 9 dan Darkness Rises bisa dijalankan dengan sangat lancar. Saat bermain game smartphone ini juga relatif tidak terasa cepat panas.

Berikut hasil Benchmark dari Mi 8 Lite

Baterai tahan seharian

Di sektor baterai Mi 8 Lite ditenagai baterai 3350 mAh. Dari pengujian kami, baterainya ini sanggup bertahan seharian dengan mode penggunaan standar seperti chat, mengakses media sosial dan sesekali bermain game. Yang menarik, Mi 8 Lite juga telah mendukung fitur Qualcomm Quick Charge 3.0 yang memungkinkan baterainya bisa terisi penuh dengan lebih cepat.

Kesimpulan

Meski merupakan versi hemat Xiaomi Mi 8, smartphone ini tetap layak diacungi jempol berkat sederetan fiturnya yang relatif komplit. Sebut saja seperti kamera ganda dengan teknologi AI yang mampu menghasilkan jepretan foto oke di beragam kondisi pemotretan, performa yang bisa diandalkan, baterai dengan dukungan teknologi isi ulang cepat Quick Charge 3.0, dan dilengkapi fitur pengaman berbasis sensor sidik jari dan Face Unlock yang amat fungsional.

Dipadukan dengan desain premium yang tampil beda dengan balutan pilihan warna yang sangat cantik, Xiaomi Mi 8 Lite yang dibanderol dengan harga Rp3.699.000 ini cocok untuk pengguna yang mengincar smartphone 3 jutaan dengan performa mumpuni dan desain premium yang tampil gaya. Selain itu, Mi 8 Lite juga bisa jadi opsi menarik untuk penggemar Xiaomi yang mulai jenuh dengan desain Xiaomi Redmi yang mulai membosankan.

Yang Canggih
+ Desain premium dan tampil beda
+ Layar tajam dan besar
+ Kamera oke dengan dukungan AI
+ Performa mumpuni
+ Dilengkapi fitur Quick Charge
+ Kinerja Face Unlock dan sensor sidik jari amat baik

Yang Kurang
– Antarmuka MIUI 10 cukup banyak iklan yang mengganggu
– Bodi belakang agak licin
– Tidak dilengkapi jack audio 3.5mm

Cocok untuk pengguna yang mengincar smartphone 3 jutaan dengan performa mumpuni dan desain premium yang tampil gaya.
 
Cek Harga

Artikel Review Xiaomi Mi 8 Lite: Versi Hemat Mi 8, Fitur Tetap Komplit pertama kali terbit di YANGCANGGIH.COM. Untuk informasi gadget dan teknologi tercanggih, kunjungi YANGCANGGIH.COM.

Apa Reaksi Anda ?

Love
75%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
25%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

2693 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Aing Bobotoh 17 June 2019 | 11:44:13

kalau hemat batrai sih mantap juga dah keren

Botak Aing 13 June 2019 | 12:52:18

kalau hemat batrai sih gapapa kan keren juga

Alex Rizal 03 June 2019 | 00:36:29

keren sekali review mi 8 lite versi hemat mantap

Ranti Maria 19 February 2019 | 10:30:36

emang keren banget xiaomi mi lite 9 sangat hebat

Muslih Yoga Pratama 09 February 2019 | 05:27:08

Beritanya menarik..tambahkan berita yg lebih lengkap uzone id

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top