Roposo, Saingannya TikTok Dirilis di Indonesia, Fiturnya Apa Aja?
Foto: Sesi media briefing peluncuran Roposo di Indonesia
Uzone.id – Satu lagi aplikasi live streaming yang akan meramaikan persaingan platform video di Indonesia. Kali ini, aplikasi asal India bernama Roposo resmi diperkenalkan di Indonesia.
Roposo sendiri bukan aplikasi baru, platform ini dirilis pada 2014 lalu di India dan terintegrasi dengan platform smart lockscreen, Glance. Di Indonesia, Roposo baru masuk pada Februari 2023 lalu dan diluncurkan secara resmi pada Senin (30/10).Semenjak masuk di Februari lalu, pertumbuhan pengguna Roposo diklaim semakin naik. Hingga saat ini, pengguna Roposo mencapai 15 juta pengguna dengan pengguna aktif bulanan mencapai 1 juta monthly active user di Indonesia. Sementara untuk Glance sendiri, pengguna smart lockscreen ini sudah mencapai 30 juta pengguna aktif di Indonesia sampai sekarang.
Untuk ekspansi Roposo, Indonesia dipilih menjadi negara kedua usai India. Roposo menyebut, pertumbuhan generasi muda yang semakin tinggi serta besarnya minat akan dunia digital menjadi salah satu alasan Roposo membuka diri di Indonesia.
Lalu, apa sih yang ditawarkan oleh Roposo untuk pengguna di Indonesia?
Walaupun hadir sebagai platform video, Roposo cukup berbeda dengan aplikasi video pendek seperti TikTok, Instagram dan YouTube. Aplikasi yang terintegrasi dengan Glance ini menghadirkan konten live streaming untuk semua kategori, mulai dari musik, mukbang, olahraga dan lainnya.
“Teknologi dan fitur kami menjembatani jarak antara kreator dan penonton sehingga memungkinkan hubungan yang mendalam dan membuat pengalaman LIVE terasa seperti kehidupan nyata. Untuk memberi konsumen konten LIVE trending terbaik, kami bermitra dengan beberapa pembuat konten paling luar biasa di Indonesia,” kata Mansi Jain, Senior Vice President and GM Roposo dalam sesi Media Briefing, Senin (30/10).
Pengguna nantinya disuguhkan dengan tayangan real-time dari kreator konten dan menonton tayangan tersebut dari aplikasi Roposo, atau langsung bisa diakses melalui lockscreen Glance.
Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 200 konten kreator yang tergabung dengan platform ini. Di awal peluncurannya, Roposo akan berfokus untuk mengembangkan komunitas di dalamnya yaitu dengan mengajak lebih dari 1.000 kreator di Indonesia.
Salah satu yang ditawarkan oleh Roposo adalah kesempatan untuk mendapat sumber keuntungan baru dengan mudah tanpa ada syarat jumlah minimal followers. Artinya, kreator sudah bisa mendapatkan keuntungan mulai dari hari pertama mereka melakukan live.
Dalip Shahri, Direktur Pengembangan Pasar Glance di Indonesia mengatakan, “Kreator bertalenta bisa menonjol di keramaian dan mulai mendapatkan hasil monetisasi dari hari pertama perjalanan mereka dengan Roposo, terlepas dari jumlah pengikut mereka. Ini adalah pembeda utama bagi para konten kreator dibandingkan dengan platform lain sekaligus menunjukkan komitmen Roposo untuk membantu kesuksesan para konten kreator Indonesia.”
Platform ini menyediakan sumber keuntungan dari bagi hasil dari iklan yang ada di platform ini. Meskipun tidak memiliki batasan followers, namun tetap saja kreator perlu menggaet penonton agar bisa mendapatkan cuan.
Dalam periode peluncurannya di Indonesia, Roposo mengadakan festival ‘Feel the Vibe’ mulai dari 30 Oktober sampai 5 November 2023 di Lotte Mall Jakarta, Kuningan.
Acara ini diisi lebih dari 100 konten kreator Roposo dengan berbagai kategori konten seperti Mukbang, Hot Wheels Drag Race, Halloween, tantangan kebugaran, dan sebagainya. Festival ini juga akan disiarkan langsung di Roposo sepanjang minggu.
Aplikasi Roposo sudah ada di App Store dan Google Play Store. Bagi pengguna beberapa ponsel Android seperti Xiaomi dan Redmi, pengguna sudah secara langsung bisa membuka konten-kontennya lewat lockscreen Glances. Sementara untuk pengguna iPhone, Samsung dan ponsel Android lain yang tidak memiliki Glances, aplikasi ini bisa didownload secara terpisah di toko aplikasi.