home ×
Technology

Saat iOS ‘Berwajah’ Windows 95

24 February 2019 By
Saat iOS ‘Berwajah’ Windows 95
Telset

Sistem operasi Microsoft, Windows 95 yang diluncurkan hampir 25 tahun yang lalu, kini telah bangkit kembali berkat tema iOS baru. Tema baru ini pun diberi nama iOS95.

Pengguna Apple kini dapat mengubah tampilan di smartphone mereka menjadi “PC genggam” bergaya retro dengan tema seperti meniru tampilan sistem operasi Microsoft.

Tema iOS baru ini menampilkan fitur ikon kuno untuk taskbar dan tombol ‘Start’ yang akrab bagi siapa pun yang cukup tua untuk menggunakan Microsoft yang asli.

Selain itu juga membayangkan kembali bagaimana tampilan ikon untuk aplikasi saat ini, termasuk Instagram, Twitter, dan Snapchat, pada waktu itu.

Tema bernama iOS95, dibuat oleh pengembang yang berbasis di Swedia, Emil Avara. Skin dapat diunduh secara gratis tetapi Avara juga menawarkan ‘paket tema’ seharga $ 1,50 mencakup tambahan 50 ikon gratis, task bar widget, dock widget dan lock screen widget.

{Baca juga: Jalankan Windows 95 Tanpa Install dengan Cara Ini}

Pengguna juga dapat meminta ikon untuk aplikasi tertentu dengan cara mengajukan permintaan melalui formulir di website Emil Avara.

Konsep dari tema ini mendapat apresiasi positif dari para pengguna iPhone di media sosial. “Ini luar biasa, mengapa ada orang yang melakukan ini,” tulis mereka.

Seperti diketahui, teknologi telah berjalan jauh dalam beberapa dekade sejak Windows 95 diluncurkan, tetapi tujuan di balik penciptaannya masih menggema hingga saat ini.

Pada saat peluncurannya, Bill Gates yang saat itu masih berusia 39 tahun mengatakan, Windows 95 memudahkan manusia untuk menangani informasi dan mencakup banyak fitur untuk menjangkau dari satu PC dan berkomunikasi dengan orang lain, apakah itu Microsoft Network, surat elektronik, atau berbagi file.

Tujuan nyata dari PC adalah menjadi alat komunikasi yang hebat dan Windows 95 merupakan langkah besar ke arah tersebut.

Ini bukan pertama kalinya teknologi retro bertabrakan dengan dunia modern. Pada tahun 2016, seorang pemilik Apple Watch meretas wearable device miliknya dan menginstal Windows 95.

{Baca juga: iOS 12 Dirilis, Apple Langsung Ubah Panduan Keamanan

Dalam klip YouTube, pengembang teknologi Nick Lee menunjukkan bagaimana perangkat lunak Windows terlihat diperkecil di Apple Watch. Dalam postingan di blognya, ia mengatakan kapasitas Apple Watch melebihi Windows 95, oleh sebab itu masuk akal bagi Apple Watch untuk menjalankan perangkat lunak lama.

Tidak sekadar mengubah tampilan, Lee juga meretasnya agar membuatnya berfungsi. Sebab, Apple tidak akan membiarkan anda dengan mudah menginstal sistem operasi baru ke perangkatnya, atau aplikasi yang tidak dipindai oleh Apple. [BA/HBS]

Sumber: Dailymail

 

Artikel Saat iOS ‘Berwajah’ Windows 95 dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

1381 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Satria Kelana 14 November 2019 | 04:31:42

Hanya berganti wajah saja ya mantap sekali gaes

Miskin aman 16 October 2019 | 18:32:13

sudah seperti komputer dalam bentuk hp yah

EZ hasandlo 08 June 2019 | 05:32:14

wah iya ko bisa si mirip giitu gambar jya

gadis80juta 03 June 2019 | 11:30:51

wah keren ya temanya jadi lebih kelasik gitu ya keren jadi pengen donwload.

Adi Nursalim 03 June 2019 | 11:11:04

semoga saj bisa berkembang yaa dan banyak yg suka

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article