Sebelum Dijual, Hapus Total Data di Smartphone dengan Cara Ini

13 July 2019 by
Sebelum Dijual, Hapus Total Data di Smartphone dengan Cara Ini

Memindahkan atau menghapus data adalah hal pertama yang dilakukan semua orang sebelum menjual laptop atau smartphone kesayangan. Namun demikian, tidak semua orang benar-benar tahu bagaimana cara melakukannya. Adakalanya, data-data yang dirasa sudah dihapus  nyatanya masih bisa dipulihkan. Kok bisa?

Ya, menghapus pada dasarnya tidak hanya memindahkan semua data ke tempat sampah, atau menghapus sistem operasi. Menurut Kantor Federal Jerman untuk Keamanan Teknologi Informasi (BSI), untuk menghapus segala data dari classic hard drive, pengguna memerlukan program seperti Darik’s Boot dan Nuke (DBAN).

{Baca juga: Trik Upload Foto di Instagram Web}

Program ini sendiri diklaim BSI dapat menghapus seluruh data di classic hard drive hingga data tidak lagi dapat dipulihkan.

Prosesnya berbeda untuk hard drive modern dengan chip memori (SSD) dan mereka yang merupakan hibrida dari chip memori serta hard drive tradisional (SSHD). Dalam hal ini, pengguna dapat menggunakan perintah Secure Erase, yang memicu penghapusan rutin yang tersimpan di hard drive.

Namun, apabila dengan Secure Erase tidak berfungsi, BSI merekomendasikan Parted Magic sebagai alternatif.

Lantas, bagaimana dengan smartphone dan tablet? Memulihkan pengaturan bawaan pabrik tidaklah cukup. Menurut BSI, agar data tidak dapat dipulihkan, enkripsi data harus diaktifkan dalam pengaturan sebelum pengguna melakukan reset. Dengan begitu, data apapun yang tidak dilacak akan diacak dan secara efektif tidak berguna.

{Baca juga: Cara Download Video YouTube Aman dari Ransomware}

Jika perangkat tidak mendukung enkripsi, opsi lain adalah menghapus semua data terlebih dahulu,  kemudian mengisi hard drive dengan sesuatu yang lain. Misalnya, video dinding putih.

Sebelumnya, pastikan anda tidak sedang melakukan percakapan pribadi saat perangkat sedang merekam. Kemudian hapus semuanya sekali lagi dan setel ulang perangkat ke pengaturan bawaan pabrik. [BA/IF]

Artikel Sebelum Dijual, Hapus Total Data di Smartphone dengan Cara Ini dan berita teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

320 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Uzone Baru 18 September 2019 | 21:11:56

kalau mau dijual memang harus dihapus semua datanya

Alexander Olis 08 September 2019 | 16:16:09

bahaya memang karena data yang sudah dihapus bisa diambil lagi.

Pocong Baik 08 September 2019 | 11:08:25

pqstikan sebelum hp dijual ke orang lain data² penting sudah dipindahdihapus

DARKNIUS lightnest 06 September 2019 | 14:08:45

kalau dijual memang harus dihapus semua datanya

Cindi Jr 06 September 2019 | 07:39:20

Biar datanya semuanya hilang kembalikan ke setelan pabrik

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top