Selamat Ulang Tahun Ke-9, Uzone Indonesia!
Uzone.id – Uzone Indonesia, media online yang menyajikan berita-berita terkini seputar teknologi dan otomotif sedang berbahagia, nih! Hari ini, Senin, 10 Oktober 2022 kami merayakan Hari Jadi yang ke-9!
Perjalanan sampai berada di usia 9 tahun tentu bak roller coaster, beberapa di antaranya layak dibagikan di sini agar kami semua dan para Uzoners ikut merasakan sepak terjang Uzone Indonesia sampai berada di titik seperti sekarang.Uzone lahir pada 10 Oktober 2013, bukan sebagai media online, melainkan sebagai one-stop digital shop. Yup, nggak nyangka, ‘kan?
Sesuai jenisnya, one-stop digital shop artinya platform ini awalnya hadir sebagai etalase layanan digital dan over the top (OTT) milik TelkomGroup seperti UseeTV, Melon, Qbaca, IndiHome Store, UGames, UMeetMe, dan lain-lain.
Namun, sejak kami lahir, target audiensnya memang konsisten anak-anak muda. Selain itu, Uzone juga memiliki kanal UGC (user-generated content) bernama ‘WOW’ seperti YouTube.
Baca juga: Bantu UMKM Go Digital, LinkAja Gandeng 2 Startup Ini
Kala itu, ada dua program jagoan, yaitu ‘10-Second Movie Competition’ yang bekerja sama dengan sutradara Joko Anwar & Raditya Dika dan ‘Uzone Digital Icon’, ajang pencarian bakat online pertama di Indonesia yang bekerja sama dengan musisi Ahmad Dhani.
Setelah itu, pada 2016 Uzone dipayungi oleh PT Metranet, anak usaha Telkom Indonesia yang fokus pada layanan digital. Dari sini, Uzone diubah menjadi news aggregator.
Setelah menjalani fase sebagai agregator media, Uzone akhirnya disahkan menjadi media seutuhnya pada 2018. Artinya, kami memproduksi berita organik sendiri lengkap dengan tim redaksi, production, dan media sosial.
Kendati begitu, di awal perjalanan baru sebagai media online, fokus Uzone masih cukup lebar, yakni membahas lifestyle yang meliputi entertainment (film, musik, showbiz), travel, kuliner, kesehatan, dan teknologi.
Kemudian menjelang akhir 2019, barulah kami memutuskan bahwa Uzone fokus pada dua industri saja, yakni teknologi dan otomotif. Di tahun yang sama pula, Uzone berhasil menduduki peringkat pertama portal berita teknologi versi Comscore.
Baca juga: Digital Talent Makin Dicari, Telkom Siapkan 3 Wadah Inkubasi
Kemudian pada 2021, Uzone menerima penghargaan 'Best Popular Innovation' dari Telkom Indonesia.
Selama Uzone hadir sebagai media teknologi dan otomotif, kami tak hanya mengembangkan pembahasan di situs Uzone.id saja, namun juga berbagai konten menarik dan informatif di Instagram, TikTok, dan YouTube utama yang kini telah melahirkan 3 channel baru, yakni Uzone Tech, Bremm, dan Game On.
Pada Q1 2022, Uzone berada di posisi ke-dua sebagai startup terbaik versi Startup Ranking. Ada dua metode yang diterapkan Startup Ranking untuk penilaian, yaitu kualitas trafik dan interaksi dari situs sejenis, serta dampak sosial yang timbul dari aktivitas di media sosial.
Semoga dengan usia Uzone yang ke-9 tahun ini, kami dapat terus berkontribusi memberikan informasi dan konten bermanfaat kepada para pembaca di Indonesia.
Terakhir, terima kasih banyak untuk dukungan dari para Uzoners. We can’t be here without you!
View this post on Instagram