Sony Ciptakan Robot Anjing “Aibo” dengan Teknologi AI

26 August 2018 by
Sony Ciptakan Robot Anjing “Aibo” dengan Teknologi AI

Sony akan merilis robot anjing buatannya bernama Aibo. Jika tak ada aral, robot tersebut mulai dipasarkan ke publik pada September 2018 seharga USD 2.899 atau sekira Rp 42 juta.

Menurut The Verge, dikutp pada Minggu (26/8/2018), pembeli Aibo akan memperoleh tiga tahun layanan AI Cloud dari Sony. AI Cloud berfungsi sebagai server yang akan mengontrol interaksi serta menjalankan tugas si robot.

AI Cloud juga akan memungkinkan pemilik untuk tetap terhubung dengan Aibo melalui Wi-Fi atau LTE (AT&T). Dengan begitu, Aibo bisa menuruti semua perintah sang pemilik manakala tersedia jaringan internet.

Baca juga: Wow! Robot Bernama Atlas Ini Jago Koprol

Sony telah memamerkan Aibo pada awal 2018 lalu. Aibo dilengkapi sensor, kamera, asisten suara, dan aktuator untuk menjalankan tugas navigasi serta mengidentifikasi anggota keluarga hanya melalui pengenalan wajah.

Aibo juga bisa menerima perintah melalui aplikasi seluler perangkat Android maupun iOS. Sayang, Sony belum mengungkapkan ketersediaan Aibo di pasaran. Sony hanya menyatakan bahwa Aibo bakal dijual secara terbatas.

November 2017 silam, Sony mengaku berencana menghidupkan kembali perangkat robot berwujud anjing yang pernah diperkenalkan pada 1999. Namun, Sony akan mendesainnya serta menghadirkan teknologi lebih sempurna.

Baca juga: RoboFly, Robot Lalat Canggih Bertenaga Laser

Sony kali terakhir merilis versi terbaru Aibo pada 2005. Dari sisi tampilan fisik, Aibo yang dirilis pada 2018 lebih memiliki perawakan yang benar-benar seperti seekor anjing ketimbang bentuknya yang terdahulu.

Perawakan tubuhnya lebih membulat dengan tambahan sepasang telinga dan mata yang bisa menampilkan ekspresi natural menyerupai gerak gerak hewan aslinya Aibo hadir dengan kemampuan teknologi yang lebih canggih.

Baca juga: Yuk Intip 7 Hotel Tercanggih, Ada yang Pakai Pelayan Robot

Aibo bisa bergerak dan merespons secara lebih natural berkat teknologi kecerdasan buatan. Aibo menggunakan kamera jenis fish eye sebagai penglihatannya dan dibekali sensor sehingga bisa menganalisa semua hal di sekitarnya. [SN/HBS]

Sumber: The Verge

Artikel Sony Ciptakan Robot Anjing “Aibo” dengan Teknologi AI dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

Apa Reaksi Anda ?

Love
82%

Suka

Laugh
9%

Lucu

Surprised
5%

Kaget

Sad
5%

Sedih

Angry
0%

Marah

4316 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Tele Huti 17 September 2019 | 08:51:13

robot yang sangat pintar sekali ya

666 14 September 2019 | 05:30:07

Keren juga perusahaan Sony bisa menciptakannya

sokran ae 14 September 2019 | 00:46:48

ini dia yang di tunggu tunggu gimana ya akhirnya kalu gonggong

ihwanudin 09 September 2019 | 22:57:09

hebat sekali *nj*ng robot ini sepertinya ini dia yang di tunggu tunggu semoga berguna bagi

Tri 11 28 August 2019 | 07:58:21

hebat sekali *nj*ng ribot ini sepertinya ini dia yang di tunggu tunggu semoga berguna bagi anafj

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top