Spesifikasi Yamaha Lexi LX 155: Mesin Paling Baru, Torsi Lebih Besar
Uzone.id - Yamaha baru-baru ini meluncurkan Lexi LX 155 yang dibekali dengan mesin baru yang lebih besar yakni 155 cc. Dengan mesin baru, Lexi yang sebelumnya 125 kini mendapatkan teknologi yang sama seperti NMAX dan Aerox.
Dyonisius Beti selaku President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menyebutkan mesin baru Lexi LX 155 sekarang menggunakan Blue Core 155 cc VVA. Mesin generasi baru ini juga diklaim lebih minim vibrasi dan gesekan."Yang menariknya lagi, LEXi LX 155 Series juga telah menggunakan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang lebih minim vibrasi dan gesekan, sehingga membuat akselerasi dan performa motor menjadi lebih bertenaga serta responsif," ujar Dyon dalam peluncurannya di Jakarta, Jumat (12/1).
Jika dilihat lebih rinci Yamaha Lexi LX 155 memiliki mesin berkapasitas 155,09 cc, 1-silinder, SOHC, VVA, berpendingin cairan. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 15,1 dk di 8.000 rpm dan torsi 14,2 Nm di 6.500 rpm.
Torsi ini meningkat 0,3 Nm lebih besar dibandingkan Yamaha NMAX yang memiliki mesin generasi yang lebih lama.
Dari segi struktur, Yamaha menyebutkan Lexi LX 155 masih sama menggunakan rangka generasi terdahulu. Namun perbedaannya terdapat pada bagian suspensi belakang yang mana pada varian tertinggi Lexi LX 155 sudah menggunakan subtank.
Sisanya, kaki-kaki dari Yamaha Lexi LX 155 masih sama seperti suspensi teleskopik dan penggunaan pelek 14 inci serta desainnya. Pelek tersebut menggunakan ban yang juga sama seperti generasi terdahulu yakni 90/90-R14 di depan dan 100/90-R14 di belakang.
Perihal pengereman juga tidak berubah, Yamaha Lexi LX 155 masih menggunakan rem disc brake di depan dan tromol di belakang. Hanya saja untuk varian tertinggi, Lexi LX 155 sudah dilengkapi keamanan Anti-lock Braking System alias ABS.
Dimensi dari Yamaha Lexi LX 155 ini pun tidak berubah, motor ini masih memiliki panjang 1.970 mm, lebar 720 mm, dan tinggi 1.135 mm. Bahkan kapasitas tangkinya masih dibuat sama oleh Yamaha yakni 4,2 liter.
Hanya saja dari segi bobot, sedikit lebih berat sekitar 2 kg lebih karena mendapatkan fitur-fitur baru. Tercatat bobot isi dari Yamaha Lexi LX 155 pada varian standar adalah 116 kg, varian S Version 117 kg, dan Connected/ABS 118 kg.
Ketiga varian Yamaha Lexi LX 155 memiliki warna Magma Black untuk Connected/ABS. Kemudian terdapat Lexi LX 155 S Version dengan tiga warna yakni Magma Black, Elixir Dark Silver, dan Matte Red.
Varian paling rendah adalah Yamaha Lexi LX 155 Standard dengan warna Metallic Black, Matte Grey, dan Metallic Red.
Perihal harganya, Yamaha memasarkan Lexi LX 155 Connected ABS seharga Rp29,9 juta, varian S Version Rp26,8 jutaan, dan Standard Rp25,3 jutaan. Harga tersebut merupakan patokan untuk on the road DKI Jakarta.
Mesin | 155,09 cc, 1-silinder, SOHC, 4-tak, VVA, berpendingin cairan |
Diameter x Langkah | 58 x 58,7 mm |
Rasio Kompresi | 11,6:1 |
Daya Maksimum | 11,3 kW (15,1 dk)/8.000 rpm |
Torsi Maksimum | 14,2 Nm/6.500 rpm |
Starter | Electric |
Pelunasan | Wet Sump |
Kapasitas Oli Mesin | Total 1 L, Berkala 0,9 L |
Sistem Bahan Bakar | Injeksi |
Kopling | Single Dry Clutch |
Transmisi | Otomatis |
Tipe Rangka | Underbone |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Unit Swing |
Ban Depan | 90/90-14M/C 46P |
Ban Belakang | 100/90-14M/C 57P |
Rem Depan | Disc Brake |
Rem Belakang | Tromol |
Dimensi PxLxT | 1.970 x 720 x 1.135 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.350 mm |
Jarak ke Tanah | 135 mm |
Tinggi Jok | 770 mm |
Berat Isi | Standard 116 kg, S Version 117 kg, Connected/ABS 118 kg |
Kapasitas Tangki Bensin | 4,2 Liter |