Home
/
Automotive

Sudah 2024, Teknologi Motor Injeksi Masih Perlu Panasin Mesin?

Sudah 2024, Teknologi Motor Injeksi Masih Perlu Panasin Mesin?

Honda Vario 125 yang menggunakan teknologi injeksi PGM-FI (Foto: Tomi)

Brian Priambudi12 June 2024
Bagikan :

Uzone.id - Saat ini teknologi injeksi di sepeda motor semakin canggih dibandingkan sebelum-sebelumnya. Dengan teknologi yang semakin canggih, di tahun 2024 ini apakah motor masih harus dipanaskan mesinnya sebelum digunakan?

Wahyu Budhi selaku Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati sebagai main dealer Honda Jakarta-Tangerang menyebutkan banyak yang beranggapan motor injeksi tetap harus dipanaskan. Bahkan terdapat anggapan memanaskan mesin motor tidak boleh terlalu lama, karena bisa menyebabkan kerusakan.

Menurutnya memanaskan motor memiliki manfaat, terlebih setelah lama tidak digunakan. Dengan memanaskan motor, menurut Wahyu memberikan waktu bagi oli untuk bersirkulasi melumasi bagian yang sudah kering dari pelumasan.

"Padahal, memanaskan mesin motor injeksi setelah lama tidak digunakan punya manfaat tersendiri, yakni membuat oli mesin bersirkulasi sebelum motor digunakan," ujar Wahyu dalam keterangan resminya.

Preview

Namun Wahyu mengingatkan, saat memanaskan mesin motor jangan digeber. Menurutnya memanaskan motor dalam durasi yang lama tidak akan merusak motor, justru digeber dapat merusak komponen di dalam motor.

"Asalkan, saat dipanaskan, mesin motor dalam kondisi langsam atau idle dan tidak digeber-geber. Jangan terlalu lama, karena percuma bensin akan terbuang sia-sia," jelasnya.

Wahyu pun menyarankan memanaskan mesin motor hanya cukup lima menit saja, meskipun motor sudah menggunakan teknologi injeksi.

"Saat memanaskan mesin motor injeksi juga jangan terlalu lama. Cukup satu sampai lima menit," pungkasnya.

Perlu diketahui, injeksi adalah teknologi terkini pada mesin berbahan bakar bensin. Teknologi ini merupakan lanjutan dari sistem karburator yang sudah lama ditinggalkan.

Motor injeksi mengandalkan throttle body sebagai ruang penyaluran udara dan injektor sebagai pemasok bahan bakar. Dua komponen tersebut bekerja secara simultan untuk menghasilkan campuran bensin dan udara di dalam ruang bakar.

Udara dan bensin yang terkompresi oleh mesin, akan dipercik oleh busi sehingga menghasilkan tenaga. Tenaga tersebut disalurkan dari mesin ke roda belakang motor menggunakan transmisi.

Jika komponen injeksi bermasalah, segera lakukan pemeriksaan dan perawatan rutin di bengkel resmi atau yang terpercaya. Dengan perawatan komponen injeksi yang rutin, motor dapat bekerja secara optimal.

populerRelated Article