Suzuki XL7 Hybrid Underrated? Ini Alasan Kenapa Layak Dipertimbangkan
Uzone.id - Dibanding dengan para kompetitornya, Suzuki XL7 Hybrid kerap dianggap underrated. Tampilan katanya biasa aja, fitur seadanya, juga nama brand yang tidak sebesar Toyota atau Honda misalnya.
Tapi sebenarnya, mobil ini punya sejumlah keunggulan yang membuatnya layak diperhitungkan, karena Suzuki sudah sangat efisien dalam menawarkan ‘paketan’ dari Suzuki XL7 Hybrid.Tampilan Eksterior Dual Tone Minim Chrome
Buat kalian pecinta mobil yang tidak lebay dengan banyaknya ornamen chrome, Suzuki XL7 layak dipertimbangkan secara tampilan. Untuk tipe tertingginya, sudah mengusung warna body dual tone.
Selain itu, pada tipe tertinggi, grill depan sudah dilabur warna piano black dan juga peleknya sekarang sudah full black. Jadi, penyuka warna hitam gak perlu lagi repot-repot memodifikasi.
Build Quality Paling Niat Dikelasnya
Tidak hanya XL7 Hybrid sebenarnya, hampir semua mobil-mobil buatan Suzuki terkenal punya build quality yang mumpuni. Tidak ada tuh body rasa kaleng, atau plastik-plastik yang meleot.
Kabin pun senyap karena minimnya bebunyian yang biasanya disebabkan kualitas material dasbor dan trim yang seadanya. Sejauh ini pun, minim komplain soal build quality pada mobil-mobil baru Suzuki.
Berterimakasih lah pada Maruti Suzuki di India, meski sering di bully sebagai ‘mobil prindavan’, tapi soal material dan build quality, sudah menetapkan standar tinggi dalam membuat mobil-mobilnya.
Fitur Tidak Lengkap Tapi Berfaedah
Lupakan ADAS, karena tidak ada di mobil ini. Tapi kalian punya fitur keselamatan yang unik pada spion tengah yang disebut e-Mirror. Selain tampilannya yang sudah HRD dengan resolusi 2K, spion ini juga bisa dioperasikan dengan layar sentuh.
Fiturnya banyak, bisa foto, bisa jadi dashcam, bahkan ada fitur G-Sensor yang bisa mendeteksi benturan. Sehingga saat insiden terjadi, kamera langsung melakukan perekaman emergency di bagian depan dan belakang mobil, dan menyimpannya di memori dengan durasi 2 menit sebelum, saat dan setelah terjadinya insiden.
Di konsul tengah, tempat cup holdernya dilengkapi dengan sirkulasi AC, sehingga ketika kalian menyimpan minuman disitu, bisa tetap dingin dan segar. Fitur ringan namun berguna saat perjalanan di cuaca yang terik.
Suzuki XL7 Hybrid juga punya auto idle stop yang terintegrasi dengan baterai dan motor listrik pada sistem hybrid SHVS khas Suzuki. Bukan sistem hybrid yang bikin harga jual mobil mahal, tapi setidaknya membantu saat mobil berakselarasi dan menghemat bahan bakar.
Fitur standar lainnya? Spion lipat otomatis, ada. Lalu stability control, leveling headlamp, cruise control, juga layar sentuh dengan kamera parkir dan konektifitas smartphone yang punya kualitas audio yang mumpuni di kelasnya.
Mesin Kurang Bertenaga tapi Irit Bensin
Suzuki mempercayakan mesin K-Series untuk XL7 Hybrid, berkapasitas 1.500cc yang berpadu degan transmisi otomatis konvensional. Mesin ini sudah disokong oleh teknologi hybrid ringan SHVS.
Jadi selain komposisi mesin bakarnya, ada tambahan baterai yang kini lebih besar dan Integrated Starter Generator (ISG). Padanan tersebut jadi rahasia irit bensin dari XL7 Hybrid.
Hasil pengetesan kami pada kondisi jalan kombinasi, rata-rata konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid bisa tembus 15 km perliter, dalam pengemudian normal. Tentunya hasil ini bisa berbeda-beda untuk setiap mobil dan pengguna.
Sejumlah usaha yang bikin mobil ini irit BBM adalah, di versi hybrid ini, Suzuki menurunkan torsi mesin, jadi 138 Nm. Jadi tidak bertenaga? Tidak juga, karena penurunan torsi tersebut sudah diisi oleh motor listrik yang bekerja hanya saat mobil berakselarasi.
Dengan berkurangnya torsi dan tenaga diganti dengan dukungan listrik dari baterai, maka konsumsi BBM bisa ditekan. Selain itu, saat mobil berhenti pun, mesin akan secara otomatis mati berkat fitur auto idle stop.
Kenyamanan Ruang Kabin Bisa Diadu dengan Kompetitor
Tidak banyak mobil di segmen low SUV yang menawarkan kenyamanan ruang kabin, kecuali hanya gimmick. Ada satu merek yang terkenal nyaman, dan menurut kami XL7 sudah bisa menyainginya.
Sektor jok jadi salah satu faktor penunjang kenyamanan utama di kabin. Jok Suzuki XL7 punya komposisi busa yang pas, cukup tebal dan empuk, tapi tidak terlalu ngempos. Sandaran punggungnya juga nyaman.
Di kursi baris kedua, tersedia sandaran tangan besar dan empuk, juga sandaran yang bisa direbahkan maksimal untuk menambah kenyamanan saat perjalanan jauh.
Kabin juga cukup senyap dengan peredaman kabin yang baik, ditambah kualitas material yang presisi, sehingga minim getaran yang menimbulkan suara-suara mengganggu di kabin.
Terakhir, handling dan peredaman suspensi yang juga turut mempengaruhi kenyamanan penumpang. Bantingan suspensinya empuk dengan rebound yang cukup nyaman, namun tetap stabil di kecepatan tinggi, bahkan ketika mobil dipacu sampai kecepatan 150 km perjam.
Harga Terjangkau
Pertimbangan terakhir tentu saja soal harga. Suzuki tetap menawarkan harga yang terjangkau bahkan untuk dikelasnya terbilang value for money.
Paling murah untuk tipe Beta MT, banderolnya Rp293 juta dan tipe tertinggi Alpha AT banderolnya Rp304,9 juta. Bayangkan kalau sudah dipotong diskon yang kabarnya saat ini ditawarkan sebesar Rp40 jutaan!
Harga Suzuki XL7 Hybrid November 2023:
- New XL7 Hybrid BETA MT Rp 283.900.000
- New XL7 Hybrid BETA AT Rp 294.900.000
- New XL7 Hybrid ALPHA MT Rp 293.900.000
- New XL7 Hybrid ALPHA AT Rp 304.900.000