icon-category Technology

Tarik Pengguna Baru, Line Rilis Beragam Fitur Ramadan

  • 11 May 2019 WIB
Bagikan :

Line Indonesia mencatat, setengah dari penggunanya berusia 25 tahun ke bawah atau masuk kategori milenial. Untuk mempertahankan pengguna mayoritas ini, Line Indonesia merilis Line Ramadan.

Line Ramadan ini berisi beragam hiburan dan edukasi untuk pengguna. Selain meningkatkan kunjungan pengguna, Line berharap konten Ramadan ini bisa menarik pengguna baru di platformnya.

Marketing Director Line Indonesia Ina Nurulita menyampaikan, Ramadan menjadi momen penting bagi perusahaan untuk meningkatkan lama kunjungan pengguna di platformnya. “Ada perubahan kebiasaan pengguna selama Ramadan dibanding periode biasanya,” kata Ina kepada Katadata.co.id, Jumat (10/5).

(Baca: Line dan Instagram Hadirkan Konten Khusus Selama Ramadan)

Setidaknya ada tiga perubahan aktivitas selama Ramadan. Pertama, pengguna memiliki lebih banyak waktu untuk mencari konten. Kedua, tingkat penggunaan konten seperti kuliah tujuh menit paling besar. Ketiga, generasi muda berminat pada penggunaan bahasa dan desain yang sesuai.

Karena itu, Line merilis Line Ramadan yang terdiri dari konten edukasi Julit, Kuis Rejeki Anak Soleh, serta Promo Ramadan. Untuk menarik pengguna baru, Line juga memberikan insentif seperti stiker gratis.

Julit Ramadan merupakan konten edukasi. Pengguna yang berhasil menyelesaikan misi berkesempatan mendapatkan hadiah. Pada akhir Ramadan, akan ada rapor yang memperlihatkan berapa banyak misi yang berhasil diselesaikan pengguna.

Lalu, Rejeki Anak Soleh adalah  gim kuis pilihan ganda. Pengguna bisa mendapatkan poin untuk ditukar hadiah kalau berhasil menjawab pertanyaan. Terakhir, Baper, yang berisi tujuh pesan seputar Ramadan yang disampaikan selebriti, seperti Cinta Laura Keihl, Amanda Rawles, Sivia Azizah dan Ari Irham.

(Baca: Riset: Rerata Konsumen Belanja Rp 1,2 Juta saat Ramadan 2018)

Hasilnya, Line mencatat tingkat partisipasi Kuis Rejeki Anak Soleh pada pukul 4 sampai 6 sore mencapai 80% dari pengguna aktif Line. Selain itu, produk Baper yang menjadi perbaruan Kultum juga bisa dibagikan ke teman lainnya.

Selain konten tersebut, Line menyediakan fitur penunjang ibadah pengguna selama Ramadan. Fitur penunjang itu seperti Jadwal Salat dan Alarm Salat.

Secara keseluruhan, Line merupakan platform yang menawarkan layanan percakapan dan konten interaktif seperti Line Today. “Posisi kami bukan untuk fungsi, berbeda dengan aplikasi pesan lain, kami mencari kepuasan penggunaan konten,” ujar Ina.

(Baca: LIPI: 60% Anak Muda Akses Berita Politik Lewat Media Sosial)

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Tags : Line 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini