Telkomsel Jadi Provider Kesayangan Warganet Indonesia
Ilustrasi foto: Frederik Lipfert @frederikli/Unsplash
Uzone.id - APJII (Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia) membagikan beberapa temuan terkait perilaku internet masyarakat Indonesia. Tercatat di tahun 2021-2022, sekitar 210 juta warga Indonesia sudah menyentuh akses internet.
Pengguna internet di Indonesia sendiri rata-rata menghabiskan waktu sekitar 8 jam 36 menit dalam sehari untuk berbagai kegiatan di internet.Dalam survei yang dibagikan, warganet Indonesia banyak mengakses media sosial, chatting online, belanja online, game online, berita online, transportasi online, streaming musik, email, dan lainnya.
Baca juga: Telkomsel Jadi Operator Seluler dengan Internet Tercepat
Selain itu, warganet menghabiskan antara Rp10 ribu hingga Rp250 ribu untuk berlangganan kuota internet di perangkat mobile mereka. Sebagian besar mengaku menghabiskan Rp10 ribu hingga Rp50 ribu dan sekitar 11 persen menghabiskan Rp50 ribu hingga Rp250 ribu.
Temuan lainnya menyebutkan jika 87 persen pengguna internet RI memilih metode berlangganan dengan voucher kuota, dan sisanya memilih pascabayar per bulan.
Adapun operator yang paling banyak digunakan oleh warganet adalah Telkomsel (termasuk Simpati, Halo, by.U, dan Orbit) dengan persentase mencapai 41,94 persen. Disusul oleh XL Axiata sebesar 20,44 persen, Indosat Ooredoo (17,78 persen), 3 (14,08 persen) dan Smartfren (5,76 persen).
Ada beberapa alasan mengapa warganet memilih provider-provider ini sebagai pilihan mereka. Sebagai 47,15 persen menyebut kalau mereka memilih operator seluler karena sinyalnya yang paling kuat di lokasi mereka tinggal.
Baca juga: Jelang Idul Adha, TelkomGroup Salurkan 922 Hewan Kurban
Selanjutnya, warganet mengatakan kalau harga paket internet dan promo yang menarik juga menjadi alasan mereka menggunakan provider pilihan mereka. Selanjutnya, nomor ponsel yang sudah lama digunakan juga jadi pertimbangan. Alasan terakhir adalah kemudahan pengguna dalam pembelian paket data.
Sementara itu, kebanyakan warganet memilih berlangganan per bulan dibandingkan per minggu atau harian.