TikTok Shop dan Tokopedia Bersatu, Apa Keuntungan buat UMKM Lokal?
Uzone.id — TikTok dan GoTo (Tokopedia) sudah sepakat untuk menjalin kerjasama dan membawa kembali TikTok Shop ke Indonesia. Kerjasama ini diumumkan oleh GoTo dan TikTok Indonesia pada hari Senin, (11/12).
Nantinya Tokopedia dan TikTok Shop akan bersatu di bawah PT Tokopedia, dan aplikasi belanja (e-commerce) di TikTok akan dioperasikan oleh Tokopedia.Nah, dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, Tokopedia dan TikTok berencana memberikan dukungan-dukungan program berikut kepada merchant yang 90 persen diantaranya adalah UMKM lokal:
Promosi produk-produk Indonesia pada platform Tokopedia dan TikTok
- Huluisasi UMKM , atau mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi UMKM Indonesia melalui program komprehensif yang mendorong pengembangan keahlian dan akses sumber daya mulai dari hulu (tahap produksi) sampai ke hilir (penjualan)
- Dukungan pemasaran, branding dan praktik bisnis berkelanjutan bagi pedagang
- Mendukung pelaku usaha lokal untuk mempromosikan produknya di pasar internasional
- Membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai tempat di Indonesia
- Memastikan lokapasar yang memungkinkan persaingan secara wajar.
Kerjasama antara dua platform ini akan diawali pada tanggal 12 Desember besok yang bertepatan dengan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional). Kampanye uji coba yang akan ditawarkan adalah kampanye Beli Lokal yang akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asal Indonesia.
“Program Beli Lokal di aplikasi TikTok, akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka,” kata perwakilan GoTo kepada Uzone.id, Senin, (11/12).
Tidak hanya kerjasama saja, TikTok juga akan mengucurkan dana USD1,5 miliar atau Rp23,3 triliun untuk mendukung operasional Tokopedia. Kerjasama ini juga membawa keuntungan bagi GoTo untuk memperluas pasar mereka.
“Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia ini akan membawa keuntungan bagi GoTo, yang akan tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek,” tambah pihak GoTo.
Untuk memastikan keberlanjutan kerjasama ini, Tokopedia dan TikTok juga akan membentuk komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo selaku CEO GoTo.