Home
/
Startup

Tokopedia, Lazada & Shopee Kompak Naikkan Tarif Seller, Ini Detailnya

Tokopedia, Lazada & Shopee Kompak Naikkan Tarif Seller, Ini Detailnya
Nurul Arifah24 October 2024
Bagikan :

Uzone.id - Tiga e-commerce besar di Indonesia, yakni Tokopedia, Shopee, dan Lazada kompak mengumumkan kenaikan tarif administrasi untuk para seller, berlaku mulai bulan September lalu.

Tokopedia misalnya, mereka mengumumkan bahwa biaya layanan untuk seller Power merchant dan Power merchant PRO naik per 16 September lalu. Pun demikian dengan Shopee yang menerapkan kebijakan baru untuk kategori produk dan biaya administrasi penjual non-Star dan Star/Star+.

Mengikuti jejak Tokopedia dan Shopee, Lazada juga mengunggah pemberitahuan di laman resminya yang berbunyi, “Terdapat beberapa perubahan biaya administrasi merchant yang berlaku efektif per 1 September 2024, besaran komisi naik tergantung kategori produk. Selain itu, Lazada menerapkan 4 kategorisasi untuk menentukan komisi penjual Marketplace biasa.”

Preview

Menurut Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA), Bima Laga, fenomena naiknya tarif layanan yang terjadi di tiga platform belanja online besar Indonesia ini nantinya akan termanifestasi dalam layanan dan fitur yang lebih baik untuk penjual, tanpa membebani pembeli secara signifikan.

Ringkasnya, begini penyesuaian biaya layanan belanja online Tokopedia, Shopee dan Lazada:

Kategori Grup

Tokopedia

Shopee

Lazada

Kategori A

1-10 %

8 %

6,18 %

Kategori B

4,25-10 %

7,5 %

5,68 %

Kategori C

4,25-10 %

5,75 %

3,93 %

Kategori D

2,50-10 %

4,25 %

2,43 %

Kategori E

1-10 %

 

Adapun detail rincian per kategori di atas adalah sebagai berikut:

Tokopedia

  • Kategori A: Elektronik
  • Kategori B: Fashion
  • Kategori C: Fast-Moving Consumer Goods (FMCG)
  • Kategori D: Gaya hidup
  • Kategori E: Lainnya.

Shopee

  • Kategori A: Fashion, Elektronik (Kelistrikan), Kebutuhan Sehari-hari, Aksesoris Handphone, Olahraga & Outdoor, Otomotif dan lainnya
  • Kategori B: Elektronik, Handphone & Aksesoris, Audio, Gaming & Konsol, Kamera & Drone, Otomotif dan lainnya
  • Kategori C: Elektronik (Alat-alat Rumah Tangga), Handphone & Aksesoris, Kamera & Drone, Komputer & Aksesoris, dan lainnya
  • Kategori D: Komputer & Aksesoris, Elektronik, Handphone & Aksesoris, Fashion Bayi & Anak, Aksesoris Fashion.

Lazada

  • Kategori A: Aksesoris Elektronik, Aksesoris Fashion, Alat & Perbaikan Rumah, Alat Dapur, Audio, Barang dan Servis Digital, Bayi & Balita, Bekalan Kelengkapan Rumah, Binatu & Peralatan Kebersihan, Furniture & Organisasi, Jasa, Kecantikan, Halaman & Taman, Lampu & Dekorasi, Mainan Anak, Makanan, Minuman & Sembako, Media, Musik & Buku, Olahraga & Outdoor, Otomotif, Pakaian & Sepatu Olahraga, Peralatan Kecil, Perlengkapan Tidur & Mandi, Sepatu dan Pakaian Anak, Sepatu dan Pakaian Pria, Sepatu dan Pakaian Wanita, Smart Devices, Special Digital Products, Stationery, Craft & Gift Cards, Tas & Travel, Utilitas Digital
  • Kategori B: Aksesoris Elektronik, Alat & Perbaikan Rumah, Audio, Bayi & Balita, Bekalan Kelengkapan Rumah, Drone & Kamera, Kesehatan, Laman & Taman, Mainan Anak, Makanan, Minuman & Sembako, Media, Musik & Buku, Otomotif, Pencetak & Monitor, Peralatan Besar, Peralatan Kecil, Perlengkapan Tidur & Mandi, Persediaan Hewan Peliharaan, Smart Devices, Stationery, Craft & Gift Cards, Televisi & Video
  • Kategori C: Audio, Aksesoris Elektronik, Alat & Perbaikan Rumah, Alat Dapur, Bayi & Balita, Bekalan Kelengkapan Rumah, Binatu & Peralatan Kebersihan, Drone & Kamera, Kesehatan, Mainan Anak, Makanan, Minuman & Sembako, Penyimpanan Data, Peralatan Besar, Peralatan Kecil, Televisi & Video
  • Kategori D: Aksesoris Fashion, Handphone & Tablet, Komputer & Laptop, Pencetak & Monitor, Penyimpanan Data, Stationery, Craft & Gift Cards, Televisi & Video
  • Kategori DG: Barang dan Servis Digital, Utilitas Digital.

Preview

Berlakunya kenaikan tarif seller ini dilakukan sebagai upaya untuk keberlanjutan untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan peningkatan layanan. Meskipun diketahui, fenomena ini akan memberikan dampak yang signifikan terhadap pedagang yang berjualan di platform belanja online tersebut.

populerRelated Article