Toyota Agya GR Sport Naik Kasta, Bukan Lagi Mobil Murah
Uzone.id - Toyota coba menaikkan kasta dari Agya terbarunya dengan meninggalkan kelas LCGC melalui embel-embel GR Sport. Lantas apakah langkah tersebut membuat Agya GR Sport bukan lagi mobil murah?
Pastinya bukan! Meskipun Toyota belum mengumumkan harga resminya, namun estimasinya, Agya GR Sport diprediksi bakal dibanderol dikisaran Rp200 jutaan. Sementara Agya versi LCGC, dipertahankan kisaran harganya dibawah Rp200 jutaan.Untuk menaikkan kasta Agya, nama besar Gazoo Racing pun disematkan. Melalui ‘paketan’ GR Sport, Toyota Agya tampil jauh lebih agresif dan sporty dengan sejumlah penambahan bodikit dan permainan warna bodi.
Baca juga: Waspada Honda Brio, Bersiap Dikeroyok Agya-Ayla Terbaru!
Penambahan bodikit GR Sport tersebut tentu saja bukan sekedar kosmetik, tapi diklaim menambah downforce sehingga Agya GR Sport akan lebih stabil, gesit dan presisi saat melakukan manuver.
Ditambah, Agya GR Sport menggunakan pelek berukuran 15 inci, dengan suspensi yang sudah dituning khusus menjadi lebih kaku agar lebih bernuansa sport.
Executive Chief Engineer Toyota Motor Corp Toshihiro Nakaho mengungkap, seting Electronic Power Steering (EPS) pun dilakukan dengan merapatkan rasio roda giginya untuk meladeni setingan Exclusive shock absorber dan coil spring pada versi GR Sport ini.
"Sebagai top model, power steering, steering gear, shock absorber dan coil spring dari all new Agya GR Sport dikembangkan secara khusus," ujar Toshihiro.
Sementara soal usungan mesin, saat pemaparan, Toshihiro hanya menyebut kalau Agya kini menggunakan mesin baru, mesin yang sama dengan Toyota Raize.
BACA JUGA: Agya Terbaru jadi 'Senjata' Balas Dendam Toyota Kepada Honda Brio
Di Indonesia, ada dua jenis mesin Raize, yakni berkapasitas 1.000cc turbo dan 1.200cc Naturally Aspirated. Keduanya berkonfigurasi 3 silinder.
"Meskipun menggunakan mesin yang sama dengan Raize, tapi akan mendapatkan tuning yang berbeda," tambahnya.
Kami berharap, untuk versi GR Sport bakal mengadopsi mesin turbo dari Toyota Raize, sementara untuk yang versi standar, menggunakan mesin non turbo dengan kapasitas lebih besar.