Trafik Lebaran XL Naik 37 Persen, Netflix hingga Google Maps Sering Diakses
Uzone.id – XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang momen Lebaran dari 19-27 April 2023 di angka 37 persen. Apa saja aktivitas digital yang paling sering diakses pelanggan XL Axiata?
Kenaikan 37 persen trafik XL Axiata ini lebih tinggi 17 persen dibandingkan hari-hari biasa sebelum Ramadan. Selama periode Lebaran, lonjakan trafik layanan data ini dikontribusi dari layanan streaming video seperti Netflix 36 persen, Disney+ Hotstar 22 persen, TikTok 12 persen, dan YouTube 5 persen.Selain itu, peningkatan layanan WhatsApp 43 persen, Instagram 55 persen, Twitter 15 persen, dan Facebook 4 persen.
Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Apple Maps, Google Maps, dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 9-75 persen dibanding hari normal.
“Pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, demikian juga dengan data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis. Akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan,” tutur Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam keterangannya.
Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan selama libur Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 27 persen, Jawa Barat 19 persen, dan Jawa Timur 17 persen.
Di luar Jawa, trafik pemakaian layanan di wilayah Sumatera Utara secara rata-rata naik sebesar 12 persen, Sumatera Selatan 15 persen, Kalimantan 10 persen, Sulawesi 6 persen, Bali-NTB-NTT 10 persen.
Sementara itu dilihat dari area kota/kabupaten, secara nasional, tiga kota/kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Kebumen Jawa Tengah naik sebesar 62 persen, Kabupaten Pandeglang Jawa Barat 49 persen, dan Kabupaten Pemalang Jawa Tengah 48 persen.
“Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan selama libur lebaran terlihat turun sebesar 6 persen dibanding hari biasa. Data-data trafik di Jabodetabek tersebut juga sesuai dengan data perpindahan pelanggan selama periode libur Lebaran. Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke propinsi lain, yaitu sekitar 35 persen,” ujar Gede.
Seperti diketahui, XL Axiata sebelumnya telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali dibandingkan hari normal. Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin. XL Axiata mengerahkan 160 unit mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan.
Hingga saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah melayani lebih dari 57 juta pelanggan dengan jangkauan layanan di lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 34 provinsi Indonesia, dengan didukung lebih dari 145 ribu BTS termasuk lebih dari 90 ribu BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 130 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di Kepulauan Indonesia yang sangat luas.