Trafik Smartfren Naik 14 Persen Selama Lebaran, Pelanggan Rajin TikTokan
Uzone.id – Lonjakan trafik jaringan selama momen Ramadan dan Idulfitri tahun ini turut diantisipasi Smartfren. Sesuai prediksi, layanan data alias internet mengalami peningkatan, bahkan lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.
Smartfren mencatat, di tahun ini lonjakan trafik yang terjadi selama Ramadan dan Lebaran mencapai 14 persen. Sedangkan tahun 2022 berada di angka 10 persen. Peningkatan secara year-on-year (YoY) tercatat berada di kisaran 27 persen.Kenaikan ini tentunya dikontribusi oleh penggunaan aplikasi dan layanan digital, seperti TikTok 28 persen, YouTube 9 persen, dan WhatsApp 6 persen.
Sementara aplikasi lain seperti Facebook, Instagram, hingga mobile game Mobile Legends, Free Fire, dan lain-lain berada di rentang 2-5 persen kenaikannya.
“Kami melihat trafik internet di momen Ramadan, Idulfitri, dan mudik tahun ini meningkat ebih tinggi, pemicunya selain karena sudah tidak adanya aturan PPKM, juga karena perubahan perilaku dan pola penggunaan internet di masyarakat,” ungkap VP Network Operations Smartfren, Agus Rohmat dalam pernyataannya yang diterima Uzone.id.
Menurutnya, saat ini semakin banyak kebutuhan dan kegiatan sehari-hari yang mengandalkan koneksi internet. Perusahaan pun diakuinya terus melakukan peningkatan kapasitas jaringan dan optimasi jaringan agar pelanggan dapat menikmati kualitas terbaik.
Dari laporan Smartfren, kenaikan trafik paling tinggi terjadi di Jawa tengah sebesar 23 persen, diikuti Jawa Timur 13 persen, dan Jawa Barat 10 persen.
Peningkatan trafik ini sejalan dengan kebutuhan digital masyarakat yang antara lain mencakup kebutuhan layanan transportasi online, e-commerce, sistem pembayaran, sampai komunikasi real-time menggunakan aplikasi.
“Salah satu teknologi yang kami terapkan adalah implementasi content delivery network di sejumlah titik, sehingga dapat mengoptimalkan pengalaman akses internet pelanggan dan memperkecil latensi,” tutup Agus.