Unik! Peneliti Jepang Ciptakan Robot dari Ranting Pohon

06 July 2019 by
Unik! Peneliti Jepang Ciptakan Robot dari Ranting Pohon

Peneliti Jepang tak pernah kehabisan ide untuk melakukan inovasi. Baru-baru ini mereka membuat robot yang mampu merangkak dengan bahan dasar ranting-ranting pohon, seperti apa?

Dilansir Telset.id dari Business Recorder pada Sabtu (06/07/2019), robot ranting pohon ini merupakan kolaborasi dari ilmuwan di Universitas Tokyo, Jepang dengan perusahaan Artificial Intelligence (AI) yang bernama Preferred Networks.

Robot ini cukup unik karena dapat bergerak walaupun ukuran dan bentuknya cukup kecil, karena terbuat dari ranting pohon, Sebelum dibuat tim peneliti menimbang berat ranting, memindai mereka dalam format 3D dan mengunggahnya ke teknologi AI milik Preferred Networks.

Mereka menggunakan data tersebut untuk menganalisa jenis mesin servos yang sesuai untuk  menghubungkan ranting dan jangkauan gerakannya. Melalui AI pula para peneliti dapat mensimulasikan bagaimana robot ranting pohon dapat bergerak dengan baik.

{Baca juga: Bikin Masalah, Ratusan Robot Kena PHK di Jepang}

Hasil simulasi menunjukkan gerakan yang baik. Setelah mencoba jutaan gerakan robot akhirnya bisa pergi dari titik A ke titik B dengan perlahan-lahan merangkak sendiri. Memang terlihat agak menyeramkan, ketika ranting-ranting pohon tersebut bergerak.

Sayangnya penelitian ini masih belum sempurna. Para peneliti harus memastikan bahwa gerakan robotik tersebut tidak mematahkan ranting pohon karena kualitasnya kalah kuat dibanding serat karbon.

Para peneliti harus memastikan bahwa setiap perilaku yang dipelajari yang dapat dengan mudah mematahkan cabang dihindari karena bagian-bagiannya tidak sekuat dibandingkan dengan bahan lain seperti serat karbon.

{Baca juga: Jepang Perkenalkan Robot Relawan di Olimpiade Tokyo 2020}

Walaupun begitu tim peneliti percaya jika robot ini sangat fleksibel dengan bahan dasar yang lebih mudah ditemukan, sehingga tidak bergantung pada komponen-komponen khusus.

Sebelumnya Jepang terus melakukan persiapan untuk menjadi tuan rumah gelaran Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Baru-baru ini Negara Sakura itu memperkenalkan robot relawan yang akan membantu panitia dan atlet Olimpiade dan Paralimpiade di sana. [NM/HBS]

Sumber: Business Recorder

Artikel Unik! Peneliti Jepang Ciptakan Robot dari Ranting Pohon dan berita teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

390 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
ReLoad Gaming 21 August 2019 | 10:50:28

baguslah kalau penelitian itu dilanjutkan

ABD RAHMAN 20 August 2019 | 09:36:04

kok bisa gitu gimana caranya yah tuh

Ludfi Ludfi 19 August 2019 | 21:50:41

wah jepang memang selalu bisa bikin sesuati yang unik

Awr Ipadaz 19 August 2019 | 21:30:17

ternyata jepang canggih juga ya roboit nya

AYUB KHAN 18 August 2019 | 14:17:52

Jepang memang hebat sekali karena nanti bisa dibuat menjadi robot

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top