Ini Kiat Mengamankan Ponsel Kamu dari Penipuan

06 November 2018 by
Ini Kiat Mengamankan Ponsel Kamu dari Penipuan

Uzone.id - Ponsel pintar telah menjadi kebutuhan premier masyarakat masa kini. Ada begitu banyak peluang dan transaksi yang ditawarkan ponsel pintar. Mulai dari berbelanja sampai mendapatkan kesempatan berbisnis.

Sayangnya, Yohanes Glen, VP ICT Security Management Telkomsel, menyampaikan bahwa menurut survei, pengguna perangkat mobile tiga kali lipat berisiko menjadi korban penipuan, daripada pengguna dekstop.

Sementara itu sekitar 15 persen informasi pribadi pasti disimpan di ponsel pintar. Lalu sebanyak 40 persen dari pengguna setidaknya satu kali memasukkan password dalam satu hari.

Baca: Waspada Penipuan Minta Kode Verifikasi Nomor Telkomsel

“Artiya di sini (ponsel pintar) menyimpan informasi berharga, dan biasanya PIN atau password sama,” kata Glen.

Sayangnya, hanya sedikit orang yang berusaha melindungi ponsel pintarnya dari serangan virus atau penipuan. Faktanya, dua dari tiga orang yang menggunakan ponsel tidak pernah mengunduh aplikasi pelindung.

Kesadaran akan penggunaan aplikasi ini masih lemah, padahal ada begitu banyak yang disediakan secara gratis. Lebih mirisnya lagi, sekitar 73 persen orang sudah tahu bahwa public wifi tidak aman. Namun 66 persennya tetap terkoneksi ke public wifi, karena gratis.

Baca: Menuju Smart Airport, Angkasa Pura II Gandeng Telkomsel

Dengan melihat fakta-fakta di atas dan fenomena penipuan bermodus meminta kode verifikasi dari aplikasi MyTelkomsel yang marak belakangan ini, Glen ingin membagikan beberapa kiat.

“Kami ingin memberikan kiat untuk pengguna Telkomsel untuk mengamankan perangkat, terutama dari transaksi di MyTelkomsel,” ujarnya. Apa saja kiat-kiat tersebut?

 Update perangkat

Kamu harus meng-update perangkat dengan latest sofware untuk menghindari hal berbahaya. Menurut Glen, di Indonesia, kesadaran ini masih rendah. Karena itu hal ini perlu diingatkan kembali.

Baca: Telkomsel Buat Game Sendiri, Pesaing Overwatch?

Mengunduh anti-malware

Kamu perlu mengunduh anti-malware atau anti-virus untuk menghindari malware attack atau aplikasi yang jahat. Kamu bsai mengundung yang gratis. “Jadi kalau ada apa-apa bisa segera terdeteksi,” ujar Glen.

Jangan memberikan PIN atau password ke orang lain

Jangan pernah memberikan PIN atau password ke orang lain. Glen mengatakan, “Banyak sekali penipuan mengatasnamakan Telkomsel atau pihak berwenang lainnya dan minta OTP (One-Time Password). Dari kami tidak pernah meminta OTP, karena itu adalah sesuatu hal yang sangat rahasia.”

Menggunakan strong password

 Kamu perlu menggunakan strong password, yang isinya tidak mudah ditebak. “Jangan 123456, itu gampang sekali ditebak,” ujar Glen.

Apa Reaksi Anda ?

Love
50%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
50%

Sedih

Angry
0%

Marah

2171 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Badawy Day 17 March 2019 | 04:36:41

indonesia menang tidak pasti menanglah

Yola Fatika16 14 March 2019 | 16:07:48

bagus sekali kiat kiat ini, jadi lebih bermanfaat

Danik Saputro 14 March 2019 | 12:36:12

wah ini saya sangat setuju banget mengamankan ponsel

Rio Foopunkster 10 March 2019 | 14:26:56

“Artiya di sini (ponsel pintar) menyimpan informasi berharga, dan biasanya PIN atau password sama,” kata Glen.

Arya Boma 09 March 2019 | 13:41:01

sekarang penipuan bisa berkedok apa aja

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top