Untung-rugi Pakai VPN, Adakah VPN Gratis yang Aman?

23 May 2019 by
Untung-rugi Pakai VPN, Adakah VPN Gratis yang Aman?

 (Ilustrasi/TechRadar)

Uzone.id -- Penggunaan VPN sejak kemarin tampaknya sedang ramai karena adanya pembatasan akses media sosial oleh pemerintah melalui semua perusahaan operator di Indonesia.

Terlepas kalian memang ingin mendapatkan akses serba cepat tanpa terhambat pelambatan akses atau pengin mencicipi bagaimana berselancar menggunakan VPN, perlu diketahui gak semua VPN gratis itu aman.

Seperti yang dikatakan oleh praktisi keamanan siber dan pendiri Vaksincom, Alfons Tanujaya, VPN gratis itu termasuk salah satu cara favorit peretas mencuri kredensial pengguna internet. Dengan kata lain, VPN gratis lebih rentan dibanding yang berbayar.

“Data penting seperti kredensial akun, data kartu kredit, log-in internet banking yang tidak dilindungi dengan baik itu bisa bocor,” ucap Alfons saat dihubungi Uzone.id pada Kamis (23/5).

Dia melanjutkan, “50 persen dari mayoritas VPN gratis itu musti diwaspadai.”

Untung-rugi pakai VPN

Penggunaan VPN untuk mengakses internet memang rasanya sudah wajar dilakukan. Ada beberapa hal yang dirasakan manfaatnya dari penggunaan VPN.

Pertama, privasi. Menggunakan VPN selalu khas dengan privasi yang lebih terjamin karena alamat IP pengguna tidak diketahui saat berselancar di internet. Maka, pihak lain gak akan tahu letak atau lokasi geografis kita.

Kedua, remote access. Banyak perusahaan pakai VPN untuk mengakses berbagai macam data dan file di jaringan kantor tanpa mengurangi keamanan.

Ketiga, bisa akses situs yang diblokir. Yup, biasanya orang Indonesia sengaja pakai VPN untuk browsing dan mengakses situs-situs yang diblokir pemerintah seperti Reddit, Vimeo, dan lain-lain.

Baca juga: Medsos Lemot Gara-gara Aksi 22 Mei, Jangan Asal Pakai VPN Gratisan

Ada pula kerugian yang bisa dialami pengguna kalau lalai menggunakan VPN gratisan.

Pertama, data kita bisa bocor, mulai dari informasi pribadi seperti password, nama akun, sampai data kartu kredit.

Kedua, bisa menciptakan preferensi pengguna yang berasal dari rekam jejak aktivitas browsing kita. Data tersebut bisa dimanfaatkan untuk penawaran iklan hingga pemilihan paslon politik.

Ketiga, rentan disusupi virus jahat alias malware.

Lantas, kira-kira VPN gratis apa yang direkomendasikan dan tergolong aman?

“Pakai VPN Cloudflare. Itu gratis dan aman,” ucap Alfons.

Cloudflare sendiri adalah perusahaan yang bersemayam di Amerika Serikat, fokusnya menyediakan jasa keamanan, layanan network, DNS, dan pencegahan DDoS.

Nah, ada aplikasi mobile yang bisa diunduh secara gratis di platform Google Play Store dan Apple App Store.

Kalau mau gampang, tinggal search “Cloudflare” lalu nanti akan muncul berbagai aplikasi. Kamu tinggal pilih aplikasi 1.1.1.1 dan pastikan kreator aplikasi itu dibuat oleh Cloudflare Inc.

Aplikasi 1.1.1.1 ini sebetulnya adalah layanan DNS yang bisa digunakan untuk mengakses internet yang sekiranya dibatasi oleh pemerintah Indonesia.

Setelah kamu unduh, kamu bisa langsung masuk ke aplikasi dan aktifkan konfigurasi DNS-nya dengan mengubah pengaturan “Disconnected” menjadi “Connected”.

(Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Nantinya dari aplikasi akan diarahkan untuk akses ke pengaturan ponsel agar bisa mengonfigurasi proses aktif dari DNS 1.1.1.1 itu. Dengan kata lain, kamu bisa langsung mengatur apakah pengaturan VPN-nya mau langsung dinyalakan atau gak.

Selamat mencoba, gaes.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
50%

Kaget

Sad
50%

Sedih

Angry
0%

Marah

382 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
MUHAMMAD RISKI 09 August 2019 | 07:42:34

Kalo gue pake vpn cuma nonton b*k*p doang tobat njir

andy abg 02 August 2019 | 01:46:39

yang gratisan gua paling suka tuh

Usholina istikomah 12 July 2019 | 02:02:10

aplikasi ini VPN Cloudflare memang mantap

Egen Guru 26 June 2019 | 17:56:00

banyak kok vpn gratis

Khora Mall 22 June 2019 | 07:28:11

klo mau yang aman mah pake aja yang berbayar

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top