Home
/
Startup

Upaya JD.id untuk Melayani Pelanggan di Tengah Pandemi Covid-19

Upaya JD.id untuk Melayani Pelanggan di Tengah Pandemi Covid-19
Birgitta Ajeng29 March 2020
Bagikan :

(Foto: JD.id)

Uzone.id - Di tengah pandemi Covid-19 di Indonesia, JD.id berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik, dipercaya, dan dapat diandalkan bagi seluruh pelanggan. Hal ini dilakukan, agar kegiatan berbelanja pelanggan bisa jadi lebih mudah.

Pada implementasi-nya, JD.id akan fokus menyiapkan layanan end-to-end, mulai dari warehouse, drop point, kurir, customer service, hingga purna jual (after sales). Selain itu, JD.id juga melakukan berbagai tindakan pencegahan untuk memastikan kebersihan lingkungan kerja, stok barang, paket siap kirim, serta kesehatan dan keselamatan seluruh pegawai.

Marketing Chief JD.id, Mia Fawzia mengungkapkan kesiapan JD.id untuk menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia walaupun dalam kondisi yang sulit sekalipun, “Kami mengajak para seller dan supplier untuk mematuhi, mendukung, dan mempromosikan upaya pemerintah, khususnya dalam hal pengendalian harga untuk produk-produk seperti bahan makanan, produk kesehatan, obat-obatan, dan lainnya. JD.id akan secara rutin mengawasi hal ini, demi menjamin harga produk yang kompetitif."

"Lebih lanjut, menanggapi kebijakan pemerintah yang berlaku saat ini, kami juga ingin menghimbau seluruh masyarakat untuk tetap di rumah, sementara kami menyediakan kebutuhan kalian dan mengantarkan-nya sampai ke pintu rumah," imbuhnya.

Berikut beberapa upaya yang dilakukan JD.id pada setiap aspek layanan di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Halodoc Beri Layanan Konsultasi Covid-19 di Blibli

Memastikan gudang, drop point, dan pegawai selalu bersih dan sehat

JD.id telah menerapkan serangkaian kebijakan internal. Salah satu, yaitu pelaksanaan aturan “Wajib Sanitasi Higienis” secara ketat, mulai dari sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan sebelum pegawai memasuki area kerja, pengecekan suhu tubuh secara rutin, kewajiban mencuci tangan atau pemakaian cairan pembersih tangan, serta penggunaan sarung tangan dan masker bagi seluruh pegawai gudang.

Hal ini dilakukan demi menjaga agar barang-barang bebas dari segala virus dan bakteri. Selain melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area warehouse, JD.id juga melakukan penyemprotan di semua area drop point.

Penambahan stok barang di gudang secara berkala

Salah satu prioritas utama JD.id adalah penambahan stok barang secara berkala. Melalui upaya ini, JD.id dapat memastikan kuantitas stok produk yang memadai, terlebih dalam hal pasokan makanan, produk kesehatan, dan obat-obatan, yang saat ini paling diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Mengecek setiap barang yang diterima dari pemasok

Pegawai gudang JD.id secara teliti mengecek sampel dari barang yang dikirim untuk memastikan barang tersebut memiliki izin edar yang resmi, memiliki info tanggal kadaluarsa yang jelas, dan layak untuk dipakai atau dikonsumsi.

Preview
Foto: Jd.id

Pegawai gudang juga secara rutin melakukan quality control untuk memastikan penerimaan, penyimpanan, pengambilan, pengemasan, dan pengiriman barang dari gudang berlangsung sesuai standar yang berlaku.

Baca juga: Di Rumah Aja Sambil Main eFootball PES 2020 Lite di Skyegrid

Mengemas paket pesanan pelanggan dengan rapi

JD.id selalu memastikan paket siap kirim sudah sesuai dengan Standard of Procedure (SOP) yang berlaku. Tiap- tiap paket akan dikemas dengan rapi, kemudian dicek ulang sebelum akhirnya diserahkan kepada kurir untuk dikirim.

Armada pengiriman yang layak dan rutin dibersihkan

Selain pegawai, barang-barang, warehouse, dan drop point yang dipastikan kebersihan dan keselamatan-nya, JD.id juga melakukan pembersihan dan pengecekan secara rutin atas armada pengiriman.

Secara berkala armada akan di cek kelayakan-nya, hingga kemudian dibersihkan, sebelum akhirnya digunakan untuk mengantar paket pesanan ke drop point atau langsung ke rumah pelanggan. Hal ini berarti tidak satu titik pun yang terlewatkan oleh JD.id dalam mempersiapkan dan mengirimkan paket pesanan kepada pelanggan.

Mengantarkan paket pesanan langsung ke pintu rumah

JD.id memberikan pengalaman belanja online yang nyaman kepada para pelanggan dengan mengantarkan kebutuhan sehari-hari langsung ke pintu rumah.

Rantai pasokan dan layanan omplain JD.id yang lebih awas dari sebelumnya, melalui kerjasama dengan beberapa perusahaan omplain terkemuka dengan kurir yang sigap dan tanggap, akan memastikan paket pelanggan sampai di tempat tujuan dengan cepat dan selamat.

Merespon dan menangani setiap permohonan pelanggan dengan tanggap

Setiap hari selama 24 jam penuh tim Customer Service (CS) JD.id siap untuk melayani seluruh pelanggan, mulai dari menjawab pertanyaan, hingga menanggapi pengajuan omplain atau refund. Tim CS JD.id yang terdiri atas sumber daya berpengalaman akan berusaha untuk memberikan layanan terbaik dengan cepat, akurat, dan tanggap.

Menangani permohonan retur pelanggan dengan teliti dan cekatan

JD.id menghadirkan tim purna jual yang teliti dan cekatan dalam menangani permintaan pelanggan tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan pelanggan puas belanja di JD.id, bahkan setelah barang sampai di tangan mereka sekalipun.

Baca juga: Ojek dan Taksi Online Wajib Tahu, Jokowi Tunda Cicilan 1 Tahun

Mia Fawzia mengatakan, “JD.id telah berdiri sejak tahun 2016, dan sejak saat itu kami terus berusaha untuk memberikan pengalaman belanja yang terbaik kepada para pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka. Bersama-sama dengan para seller dan supplier, kami akan berupaya untuk melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, meskipun dalam situasi yang penuh tantangan seperti saat ini.”

Pada Sabtu, (28/3), JD.id juga merayakan hari jadi yang ke-4. Bagi JD.id, bentuk perayaan hari jadi yang paling tepat bagi adalah dengan memastikan setiap aspek layanan dalam kondisi prima, sehingga memberikan kenyamanan dan kepuasan berbelanja yang maksimal kepada seluruh pelanggan.

Selain itu, di hari yang spesial ini, JD.id juga menggelar serangkaian program promo dan potongan harga (diskon) yang menarik, setiap hari selama 24 jam nonstop. Program ini bertajuk “JD4U” (JD Four You) dan telah berlangsung sejak 26- 31 Maret mendatang, untuk seluruh pelanggan JD.id.

“Karena kami akan terus berusaha untuk penuhi kebutuhan pelanggan, biar mereka merasa aman, jadi lebih nyaman, dan tetap #DiRumahAja,” tutup Mia Fawzia. Cek informasi selengkapnya melalui website www.jd.id atau melalui mobile apps JD.id yang tersedia di iOS dan Android.

populerRelated Article