Vietnam Larang Perusahaan Beriklan di YouTube, Ada Apa?

13 June 2019 by
Vietnam Larang Perusahaan Beriklan di YouTube, Ada Apa?

Pemerintah membuat kebijakan tegas terkait pemasangan iklan YouTube untuk perusahaan. Otoritas setempat meminta kepada semua perusahaan untuk tidak beriklan di video YouTube yang bermuatan propaganda anti-negara.

Menurut laporan Reuters, dikutip Telset.id, Kamis (13/06/2019), Partai Komunis yang berkuasa mempertahankan sensor media secara ketat di Vietnam. Mereka sama sekali tidak mau berkompromi dengan segala hal terkait perbedaan pendapat.

“Google sangat longgar dalam mengatur konten. Akibatnya, para pengguna masih bisa membeli iklan secara langsung dari YouTube dan Google tanpa keterlibatan agen iklan lokal,” tulis Vietnam News Agency (VNA).

{Baca juga: Sah! Iklan di WhatsApp Bakal Hadir Tahun Depan}

Menurut VNA, kementerian Vietnam membuat daftar perusahaan asing yang mengiklankan di video berkonten ilegal dan berbahaya, termasuk Samsung Electronics, Huawei Technologies, Yamaha Motors, dan Grab.

Kementerian Informasi Vietnam menemukan sekitar 55.000 video di YouTube yang mengandung konten berbahaya. Konten tersebut melanggar undang-undang Vietnam. Dari jumlah itu, sebanyak 8.000 video telah dihapus atas permintaan pemerintah Vietnam.

{Baca juga: Bocah Ini Ngamuk Karena Susah Sinyal di Kampung Halaman}

“Dalam waktu dekat, pemerintah akan meminta YouTube untuk mengidentifikasi kanal-kanal Vietnam. Pemerintah hanya akan mengesahkan kanal-kanal yang dipertimbangkan untuk iklan yang bersedia membagi keuntungan alias menghasilkan pendapatan,” tulis VNA.

Undang-undang keamanan siber di Vietnam  berlaku mulai awal tahun ini. Regulasi tersebut mewajibkan perusahaan memiliki kantor serta menyimpan data di Vietnam. Namun, perusahaan teknologi dan kelompok sayap kanan menolak undang-undang itu. (SN/FHP)

Sumber: Reuters

Artikel Vietnam Larang Perusahaan Beriklan di YouTube, Ada Apa? dan berita teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

381 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
JRM Chanel 07 August 2019 | 02:49:30

harusnya di filter conten yang berbahaya

Lovely Y 28 July 2019 | 14:59:55

ya pasti ada alasan yang kuat melakukannya

Permana aditya 28 July 2019 | 05:23:14

mungkin menurut mereka iklan di youtube sangat mengganggu

Melani 27 July 2019 | 23:56:25

wah itu beneran apa cuma setingan sih kok bisa filarang

Sayasendiri Dan 27 July 2019 | 23:00:22

memang sangat menganggu sekali jika ada iklan

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top