Viral! Salah Coblos Partai, Lelaki Ini Potong Jari Sendiri

19 April 2019 by
Viral! Salah Coblos Partai, Lelaki Ini Potong Jari Sendiri

Pawan Kumar mendadak terkenal di India, bahkan di dunia, setelah dalam sebuah video yang viral internet, ia mengaku memotong jarinya sendiri karena mencoblos partai yang salah dalam pemilihan umum yang juga sedang berlangsung di negeri itu.

Seperti diwartakan BBC, dalam video viral tersebut, Kumar bercerita ia tak sengaja memilih Bharatiya Janata Party (BJP), partai nasionalis Hindu yang kini sedang berkuasa di India.

Padahal ia tadinya ingin memilih sebuah partai daerah. Tetapi karena banyaknya simbol dalam mesin pencoblosan pemilu, ia lantas salah memberikan suaranya pada BJP.

"Saya ingin memilih gajah, tetapi salah memberikan suara untuk bunga," kata Kumar, yang mengacu pada simbol atau lambang partai yang terpampang di samping nama setiap kandidat dalam pemilu.

Kumar memberikan suaranya pada Kamis (18/4/2019) di Bulandshahr, negara bagian Uttar Pradesh. Mirip seperti di Indonesia, pemilih di India wajib mencelupkan jari telunjuk pada tinta setelah memberikan suara. Tujuannya agar ia tak mencoblos lebih dari satu kali.

Jari telunjuk berlumur tinta itulah yang dipotong Kumar setelah mencoblos. Dalam video itu, terlihat jari telunjuk tangan kirinya dibalut perban.

BJP memiliki lambang bunga teratai, sementara gajah adalah lambang Bahujan Samaj Party (BSP), partai daerah yang berkoalisi dengan dua partai lain untuk melawan BJP di daerah tersebut.

Kumar sendiri berasal dari kasta terbawah dalam sistem masyarakat Hindu India. Kelompok ini adalah kantong suara utama BSP.

Pemilu di India, yang melibatkan 900 juta pemilih, digelar dalam tujuh tahap dan pencoblosannya berlangsung mulai 11 April hingga 19 Mei mendatang.

 

Berita Terkait:

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

351 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Video Belakang 15 June 2019 | 06:02:08

tindakan yang bisa merugikan sendiri

ini suwarno 13 June 2019 | 12:42:37

kalau salah coblos ya di ulang aja

Bunga A 23 May 2019 | 19:13:04

wadoh tidak perlu sampai begitu karna salah nyoblos juga

Affan Fauzi 17 May 2019 | 06:46:16

tindakan yg merugikan diri sendiri

Asep Suhendar 07 May 2019 | 15:01:42

saya juga salah nyoblos harusnya nomor 2 malah nomor 1

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top