Viral Stafnya Dianggap Tak Ramah, iBox Dibully Netizen
Foto: dok. Twitter @iboxindonesia
Uzone.id -- Media sosial di zaman sekarang tak cuma menjadi wadah berbagi momen hangat bersama orang-orang terkasih, tempat pamer barang baru, namun juga sebagai platform untuk berkeluh kesah atau menyampaikan pendapat. Terkadang, hal ini bisa ‘menjatuhkan’ sebuah brand atau entitas yang sudah terkenal.iBox, gerai reseller resmi yang menjual barang-barang Apple tengah menjadi bulan-bulanan netizen Indonesia. Hal ini berawal dari seorang netizen di TikTok dengan nama akun @julio.ioio yang mengunggah beberapa klip video menjadi satu saat ia sedang jalan-jalan di mal Senayan City, Jakarta.
Di video itu, ia mengaku habis belanja baju untuk keluarganya yang akan liburan ke Bali. Saat itu, dia mengenakan pakaian kasual, seperti kaus, celana pendek, dan sendal jepit. Kemudian dia memutuskan untuk mampir ke gerai iBox untuk melihat-lihat seri iPhone 12.
Baca juga: Lagi Pandemi, PO iPhone 12 di Indonesia Tetap Rebutan
“Bayangin lho mereka gak welcome banget karena gue pakai pakaian kayak gini. Jadi gue ke sini iseng-iseng doang untuk lihat iPhone 12 itu kayak apa sih. Jadi stafnya di sana tuh kurang ramah banget, jadi gue nanya bedanya iPhone 12 sama iPhone 11 apa, gak dijawab,” kata pemilik akun @julio.ioio tersebut.
Belum selesai, dia kemudian melanjutkan, “karena penasaran akhirnya gue beli deh nih iPhone. Gue lihat iPhone 12 Pro gak sampai satu menit abis itu gue bilang ke mbaknya, ‘saya mau yang ini satu, warna emas.’ Bayangin, udah sampai gitu aja mbaknya gak percaya. Sampai mbak ini manggil temannya terus mbaknya bilang, ‘tolong dong urus ini orang’. Gue pengen bilang, melayani seseorang itu gak harus lihat dari tampilannya.”
tea! lagi rame ini karena pegawainya mandang fisik ???? pic.twitter.com/K5y3L7iFYW
— AREA JULID (@AREAJULID) December 25, 2020
Seketika video yang berawal dari TikTok tersebut menyebar ke jagat Twitter, dan sampai terdengar ke kalangan netizen di Instagram.
Baca juga: iPhone 6s Jatuh dari Pesawat, Ini yang Terjadi
Dari pantauan Uzone.id hari ini, Sabtu (26/12) melalui platform trends24, kata kunci “iBox” sudah masuk 10 besar Trending Topic Indonesia sejak pukul 7.00 WIB. Sementara pada pukul 11.00 WIB, cuitan yang mengandung kata “iBox” ada lebih dari 3.500 twit.
Banyak yang tersulut emosi karena video tersebut.
Setelah dibaca-baca, kasus iBox ini nunjukin banget mental bangsa kita. Mental merendahkan orang dan mental merasa lebih baik dari orang lain.
— Muhammad Atqo Ferip Sy (@atqomf) December 26, 2020
Kata nya karyawan ibox emang sengaja jutek karena trik marketing nya dengan memanipulasi ego pembeli supaya merasa diremehkan dan mencari pembuktian dgn beli produk yg paling mahal nya, terlihat sangat risky sih karena besar chance cust malah kabur dan nyebarin feedback negatif
— Wahyu Satyo Triadi (@WahyuSatyo96) December 26, 2020
Sales person iBox kayaknya emang harus di perbaiki sih. Pernah beberapa kali temenin kakak gue beli produknya sering banget di pandang sebelah mata. Pas transaksi mereka langsung ciut setelah liat poin yg kakak gue punya dan bilang “oh poinnya banyak banget ya kak” ????
— Rini Hapsari (@RiniHaphap) December 26, 2020
Dulu kakak gw pernah butuh banget adaptor dr macbook ke projector, lagi di GI jadi ke iBox. Pas nanya ada apa gak masnya yg di depan pintu jawabnya "Itu mahal banget sih mbak." Sambil senyun nyolot gtu Wkwk akhirnya ke Ratu Plaza kita. Lo pikir authorized dealer cuma lu?
— donate to animal shelters (@klodoo) December 26, 2020
@iBoxIndonesia please educate your staff. Ga ada yang mau jatuhin ibox lah. Orang di tiktok cuma mengutarakan dan ternyata, banyak orang yang bersependapat demikian, walau tidak di semua store dan tidak semua staff. https://t.co/PAWx3u1Tqn
— Handoko Lie (@leehandoko) December 26, 2020
Uzone.id sudah menghubungi pihak Erajaya Group yang menaungi gerai iBox Indonesia terkait hal ini, namun belum mendapatkan respons.
Tanggapan iBox
Seperti halnya akun-akun media sosial lain, Instagram iBox Indonesia turut mengucapkan perayaan Natal pada Jumat (25/12). Foto gambar ilustrasi perayaan Natal tersebut dibanjiri komentar netizen soal stafnya yang tidak ramah tersebut.
Dari beberapa komentar netizen, akun @iboxindonesia membalasnya dengan jawaban yang sama.
“Terkait kasus ini sedang dalam investigasi team kami,” begitu balasan iBox Indonesia.
Di tengah ‘serangan’ netizen, masih ada sejumlah akun yang mengatakan kalau pengalaman tidak mengenakan tersebut pada dasarnya tidak terjadi di semua gerai iBox.
baru tau ibox trending, tapi kayaknya gak semua ibox gitu sih. kemarin aku ke ibox kokas untungnya tetep dilayanin walau gak keliatan kayak orang berduit wkwk. sebelumnya pernah kesana juga mau beli ip 12 tapi karena masih po akhirnya cuma nanya” aja juga tetep dilayanin.
— R (@pinesumma) December 26, 2020
Kasihan iBox Sency viral karena pelayanan stafnya yang jutek. Padahal, iBox lain ramah-ramah kok.
— Fithrah (@fithhh) December 26, 2020
Pelayanan iBox Central Park dan Gancit malah ramah banget! Saya bahkan numpang transfer ke rekening stafnya (karena kartu debit hilang) terus ditemenin sampai ATM ????????????????????
Tapi pas gue ke ibox solo ramah” deh staffnya sampe dia nge wa gue nawarin promo airpods juga????
— carla⁷ (@vantealaa) December 26, 2020