home ×
Technology

Waspada Penipuan Minta Kode Verifikasi Nomor Telkomsel

06 November 2018 By
Waspada Penipuan Minta Kode Verifikasi Nomor Telkomsel
Uzone

(MyTelkomsel/Birgitta Ajeng)

Uzone.id - Kasus penipuan melalui telepon seluler dan SMS semakin marak, terutama yang mengatasnamakan Telkomsel. Berbagai macam modus penipuan yang sering muncul seperti meminta informasi kode verifikasi atau One-Time Password (OTP) di aplikasi MyTelkomsel yang dikirimkan melalui SMS.

Apa itu kode verifikasi? Kode verifikasi MyTelkomsel adalah kode yang diperlukan untuk login ke MyTelkomsel. Kode verifikasi terdiri dari empat digit angka dan bersifat rahasia.

Biasanya penipu akan menelepon dan memberitahu bahwa kamu memenangkan undian dari Telkomsel. Kemudian, pelaku akan meminta kode verifikasi dari MyTelkomsel.

 

(Konferensi pers Waspada Penipuan yang Mengatasnamakan Telkomsel/Birgitta Ajeng)

GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, “Telkomsel serius menangani maraknya penipuan kepada pelanggan kami. Kami mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk selalu waspada terhadap beragam bentuk penipuan."

"Telkomsel tidak pernah meminta data diri, password atau kode verifikasi kepada pelanggan untuk alasan apapun. Data diri, password atau kode tersebut harus selalu dijaga kerahasiaannya seperti halnya PIN ATM atau bank,” ujar Denny lebih lanjut.

Apabila kamu merasa tidak melakukan aktivitas yang disebutkan dalam SMS, kamu tidak perlu menanggapi SMS tersebut dan tidak menginformasikan kode verifikasi kepada pihak tidak dikenal.

Baca: Ngobrol dengan Vero, Robot Pintar Milik Telkomsel

“Dengan memberikan password atau kode verifikasi kepada orang lain sama saja dengan memberikan akses kepada orang lain untuk melakukan transaksi apapun melalui aplikasi MyTelkomsel,” kata Denny.

Selain meminta password atau kode verifikasi aplikasi MyTelkomsel, penipu juga mungkin saja meminta kode verifikasi atas pembelian layanan Telkomsel (misalnya pulsa atau paket internet) yang terkirim melalui SMS.

Untuk mencegah hal ini, kamu yang merasa telah login aplikasi MyTelkomsel di beberapa device/perangkat, dapat melakukan logout otomatis dengan cukup menghubungi *323*20#. Kamu akan mendapatkan notifikasi melalui SMS dan secara otomatis ter-logout atau keluar dari semua akses aplikasi MyTelkomsel.


(Halaman muka untuk login ke aplikasi MyTelkomsel/Birgitta Ajeng)

Denny juga menambahkan dalam menyampaikan segala informasi untuk pelanggan, baik mengenai program, layanan, produk, ataupun promosi berhadiah, Telkomsel selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi, seperti melalui surat, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPARI terdekat atau di Call Center Telkomsel, serta situs resmi perusahaan di www.telkomsel.com.

Jika terjadi penipuan, kamu dapat menghubungi layanan call center 24 jam dengan menghubungi 188, mengiirmkan SMS pengaduan yang dikirimkan ke 1166 secara gratis dengan format PENIPUAN#NO. MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN.

Baca: Cara Telkomsel Perkenalkan Layanan Telco Big Data

Kamu juga bisa menghubungi melalui chatting dengan asisten virtual di LINE, Telegram, dan Facebook Messenger Telkomsel, email cs@telkomsel.co.id, atau melalui facebook.com/telkomsel dan Twitter @telkomsel.

Informasi lebih lanjut mengenai penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel dapat dilihat di https://www.telkomsel.com/support/waspada-penipuan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1173 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Satria Kelana 26 October 2019 | 23:13:51

hati hati ya dengan modus penipuan ini

Code ERROR 404 15 October 2019 | 07:42:21

tapi sekarang masyarakat sudah pada pintar

netti hasan 28 September 2019 | 14:53:10

banyak sekali trik trik penipuan sekarang ya

Charlot Katakuri 27 September 2019 | 13:45:23

ada juga ternyata penipuan yang seperti ini

Alam Nurdin 27 September 2019 | 13:44:44

wah bahaya nih jangan sampao dimintai verif

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article