WhatsApp Business Umumkan Fitur-fitur Baru untuk UMKM Indonesia
Uzone.id — Setelah sukses digelar di Brazil, Meta untuk pertama kalinya menggelar acara WhatsApp Business Summit 2023 di Indonesia pada hari Rabu, (01/11).
Acara ini diikuti oleh lebih dari 1.500 peserta yang terdiri dari pengusaha kecil, perusahaan, dan developer.Dalam acara ini, Pieter Lydian selaku Country Director Meta Indonesia menjelaskan bahwa setiap harinya di platform Meta, terdapat lebih dari setengah miliar percakapan dimana orang-orang terkoneksi pada bisnis.
“Bicara soal percakapan, setiap hari di platform Meta ada 600 juta percakapan dimana orang-orang terhubung pada bisnis,” ujarnya, dalam WhatsApp Business Summit 2023, Rabu, (01/11).
Melihat pertumbuhan bisnis yang semakin meningkat di Indonesia, WhatsApp turut memperkenalkan fitur baru yang bertujuan untuk mempercepat interaksi bisnis para pelaku usaha baik itu berskala kecil dan menengah (UMKM) maupun perusahaan skala besar.
Fitur-fitur WhatsApp Business tersebut antara lain:
Belanja di Alfamart lewat WhatsApp
Salah satu fitur yang akan hadir di waktu dekat adalah katalog produk Alfamart yang bisa diakses lewat WhatsApp. Dengan fitur ini, pengguna bisa mencari dan menambahkan item ke dalam keranjang di platform perpesanan tersebut.
Selanjutnya, untuk transaksi dan pembayaran, konsumen akan diarahkan ke sistem pembayaran Alfamart. Setelah transaksi berhasil, pesanan akan diantarkan ke alamat konsumen dari Alfamart terdekat.
Linda Valentin, Chief Commercial Officer Alfagift, Alfamart mengatakan kalau fitur ini merupakan bukti pemanfaatan Whatsapp secara efisien untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses program loyalitas mereka.
“Saat ini, kami merasa sangat antusias dalam menggunakan WhatsApp untuk menghadirkan pengalaman online-to-offline yang sederhana dan dapat diandalkan bagi konsumen kami,” tambahnya.
Fitur WhatsApp Flows
Fitur Flows untuk WhatsApp Business bertujuan untuk memberikan kemampuan bagi pengusaha dalam menyediakan berbagai kemudahan untuk pengguna, termasuk melakukan reservasi, jadwal pertemuan, pengisian formulir hingga memilih kursi pesawat dengan cepat dalam aplikasi perpesanan.
Dengan fitur ini, pelanggan tidak perlu meninggalkan WhatsApp ketika hendak mengisi formulir atau membooking tempat. WhatsApp Business Flows ini menyediakan pilihan menu yang lengkap serta formulir yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan yang bermacam-macam.
Saat ini, Fitur WhatsApp Flows sudah tersedia untuk semua pengguna WhatsApp Business secara global termasuk Indonesia.
Akun Bisnis Terverifikasi
Meta juga akan memberikan ikon centang hijau bagi akun pelaku usaha agar lebih mudah meyakinkan pelanggan kalau akun bisnis mereka adalah akun resmi.
Untuk mendapatkan verifikasi Meta, akun bisnis bisa menunjukkan keasliannya kepada Meta. Setelah itu, bisnis tersebut akan mendapatkan lencana terverifikasi, dukungan akun yang ditingkatkan, dan perlindungan dari peniruan.
Selain ikon centang, Verifikasi Meta jug akan hadir dengan fitur premium tambahan seperti kemampuan untuk membuat halaman WhatsApp khusus dan dukungan multi perangkat agar bisa digunakan oleh beberapa karyawan secara sekaligus.
Verifikasi Meta akan diuji coba terlebih dahulu ke bisnis skala kecil yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business.
Teknologi AI untuk Bisnis
WhatsApp Business juga akan mendukung pelaku bisnis untuk meningkatkan mutu dan kecepatan layanan merkea melalui teknologi kecerdasan buatan (AI). Saat ini, WhatsApp sedang menguji AI yang dirancang secara khusus untuk keperluan bisnis agar memiliki AI yang mampu berinteraksi dengan pelanggan guna melakukan penjualan dan memberikan layanan dukungan.
WhatsApp akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai fitur ini dalam beberapa bulan ke depan.