Wow! Kamera Ini Bisa Deteksi Pencuri, Bahkan Sebelum Beraksi

09 March 2019 by
Wow! Kamera Ini Bisa Deteksi Pencuri, Bahkan Sebelum Beraksi

Sebuah teknologi kamera dikembangkan di negeri Sakura, Jepang. Teknologi tersebut memungkinkan kamera mengenali pencuri, bahkan sebelum mereka melakukan aksinya. Kok bisa?

Caranya dengan membaca gerak-gerik pencuri.

Dilansir Telset.id dari The Sun pada Jumat (08/03/2019), kamera keamanan ini sudah banyak dipasang pada pertokoan di Tokyo, Jepang. Nantinya kamera akan mengawasi perilaku pencuri yang tidak biasa, gelisah dan mengingatkan pegawai toko terhadap pencuri tersebut melalui aplikasi smartphone.

Pegawai dapat mendekati pencuri tersebut dan bertanya kepada mereka apakah mereka membutuhkan bantuan. Tindakan ini merupakan taktik jitu untuk mencegah pencuri beraksi di toko.

Perlu diketahui, alat dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) ini dibangun oleh para insinyur di startup Jepang bernama Vaak. Pendiri Vaak, Ryo Tanaka, mengatakan kepada Bloomberg bahwa teknologi itu merupakan inovasi untuk mencegah kejahatan.

{Baca juga: Two-Factor Authentication Facebook Ancam Keamanan Data Pengguna?}

“Ini langkah penting dan lebih dekat ke masyarakat di mana kejahatan dapat dicegah dengan AI. Sistem ini dapat dimuat ke dalam kamera keamanan yang ada dan melihat melalui rekaman secara real-time,” tutur Tanaka.

Tidak hanya mendeteksi perilaku, teknologi yang ditawarkan Vaak juga dapat melacak pergerakan Anda di sekitar toko, mencatat jenis kelamin Anda, perkiraan usia, barang favorit dan banyak lagi.

Tahun lalu, sistem itu digunakan untuk  melacak seseorang yang telah mengutil dari sebuah toko di Yokohama. Perusahaan yang menggunakan teknologi Vaak telah meminta perusahaan untuk tidak mengungkapkan toko mana yang menggunakan sistem karena alasan keamanan.

{Baca juga: Jepang Bikin Medali Olimpiade 2020 dari Ponsel Bekas}

Perusahaan itu sekarang siap untuk menjual perangkat lunak ke pihak lain meskipun tidak jelas apakah itu artinya akan berupa ekspansi ke Inggris. Namun, Vaak mungkin akan kesulitan untuk mengimplementasikan sistemnya ke toko-toko jalanan di Inggris, karena peraturan Uni Eropa tentang penyimpanan data. [NM/IF]

Artikel Wow! Kamera Ini Bisa Deteksi Pencuri, Bahkan Sebelum Beraksi dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
100%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

314 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
G Sunsun 17 August 2019 | 12:23:04

bakalan laris pasti besok nih kalo dijual untuk umum

Tukang Maido 17 August 2019 | 12:05:24

hebat harus dimiliki nih kamera yang bagus

hanik ent 17 August 2019 | 11:47:30

wah.. keren kamera yang sangat canggih

Ahmad Juned 17 August 2019 | 11:16:27

maling jadi kesusahan kalo ada kamera itu

Ludfi Ludfi 21 July 2019 | 13:53:42

kamera yangvsangay modern dan canggih

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top