Wow! NASA Temukan Galaksi Berbentuk ‘Smile Face’

09 November 2018 by
Wow! NASA Temukan Galaksi Berbentuk ‘Smile Face’

 NASA telah merilis gambar sekelompok galaksi di luar angkasa. Menariknya, ada yang tampak seperti emoji Smile Face disana. Foto formasi besar yang menjadi bagian dari kluster galaksi SDSS J0952+3434 ini diambil dengan menggunakan teleskop luar angkasa Hubble.

Dua matanya terbentuk dari sepasang galaksi, sementara senyum di wajahnya disebabkan oleh proses yang disebut gravitational lensing, yakni sebuah kondisi di mana cahaya menekuk objek raksasa seperti sistem bintang yang dalam perjalanan ke Bumi.

“Tepat di bawah pusat adalah pembentukan galaksi yang mirip dengan Smile Face,” tulis NASA menjelaskan gambar.

“Dua gumpalan berwarna kuning menggantung di atas busur yang melengkung. ‘Semakin rendah, galaksi berbentuk busur memiliki bentuk khas galaksi yang mengalami proses gravitational lensing. Cahayanya telah lewat di dekat objek besar yang sedang menuju ke arah kita, menyebabkan ia terdistorsi dan membentang keluar dari bentuk,” lanjut NASA.

Hubble sendiri menggunakan Wide Field Camera 3 untuk mengabadikan foto yang luar biasa ini. Selama ini, Wide Field Camera 3 digunakan untuk mengamati secara dekat galaksi untuk memahami proses pembentukan bintang.

‘Hubble menangkap gambar ini dalam upaya untuk memahami bagaimana bintang baru mulai hidup di seluruh kosmos, ” NASA menambahkan.

NASA menyebut, bintang terlahir dari awan gas raksasa. Awan raksasa atau bibitan bintang ini tumbuh tidak stabil dan mulai runtuh karena gravitasi, menjadi benih yang akan tumbuh menjadi bintang baru.

Emoji wajah tersenyum atau smile face ini sendiri merupakan emoji kedua yang pernah ditemukan NASA di langit dalam beberapa tahun terakhir. Kabar baik, karena NASA tampaknya belum pernah melihat emoji wajah sedih.

Pada 2015, NASA merilis gambar sistem yang disebut SDSS J1038+4849 yang menyerupai wajah Happy Face. Sementara beberapa hari lalu, para astronom dari Universitas Harvard mengklaim menemukan asteroid berbentuk cerutu aneh yang disebut ‘Oumuamua’. Mereka menduga, ini mungkin dikirim alien untuk menyelidiki Bumi. [BA/IF]

Artikel Wow! NASA Temukan Galaksi Berbentuk ‘Smile Face’ dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
100%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

1695 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
galih sadewa 18 January 2019 | 21:08:52

informasinya sangat membantu sekali6

nanahom nahum 18 January 2019 | 18:46:55

penemuan yang bagus dan menarik

sella hasana 18 January 2019 | 18:42:21

wah emang keren banget nih orang

Farhan Alan 18 January 2019 | 18:17:33

galaksi apakah itu apakan bisa di tempati manusia

Cakil Gilak 18 January 2019 | 18:09:14

wah kerennya galaksinya kayak senyum

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top