Xiaomi Bangun Pusat R&D Baru di Finlandia, Fokus di Kamera

13 July 2019 by
Xiaomi Bangun Pusat R&D Baru di Finlandia, Fokus di Kamera

Sebuah perusahaan penelitian dan pengembangan (R&D) baru-baru ini didaftarkan Xiaomi di Finlandia. Berlokasi di Tampere, perusahaan ini secara resmi terdaftar sebagai Xiaomi Finland Oy dan akan fokus pada pengembangan teknologi kamera.

Dilaporkan SuomiMobile, seperti dilansir Telset.id dari GSMArena, Sabtu (13/7/2019), hal lainnya yang akan menjadi fokus perusahaan ini adalah R&D perangkat lunak, sistem TI, dan peralatan telekomunikasi. David Arthur Felix yang merupakan CEO Xiaomi Finlandia telah ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana perusahaan ini.

{Baca juga: Xiaomi Mi A3 dan Mi A3 Lite Punya Spek Kencang, Ini Bocorannya}

Sekedar informasi, dua tahun lalu Nokia dan Xiaomi menandatangani perjanjian kerjasama yang berpusat pada lisensi paten antara kedua perusahaan. Nokia setuju untuk menyediakan peralatan infrastruktur jaringan kepada mitra China-nya dan memberikan akses ke portofolio paten miliknya.

Kali ini, ekspansi perusahaan asal China ke Finlandia ini bisa jadi masih merupakan bagian dari kemitraan itu, setidaknya sampai batas tertentu.

{Baca juga: Xiaomi Bikin Smartphone dengan Kamera ala Reno 10x Zoom}

Langkah Xioami untuk mendirikan perusahaan R&D di Finlandia ini mengikuti jejak perusahaan China lainnya, yakni Huawei, yang telah lebih dulu mendirikan perusahaan serupa. Huawei juga menjadi tempat bagi banyak mantan ahli Nokia dan setelah bermitra dengan Leica, perangkat Huawei kini memiliki reputasi sebagai yang terbaik atau di antara ponsel kamera terbaik di pasar.

Saat ini entitas litbang Huawei di Helsinki dan Tampere bisa dibilang adalah yang terbesar di antara  yang dimiliki Huawei di luar China. Kala itu, perusahaan ini berinvestasi secara global sebesar USD 9,2 miliar dalam R&D, menjadikannya sebagai investor R&D nomor 8 secara global pada tahun 2016. [IF]

Artikel Xiaomi Bangun Pusat R&D Baru di Finlandia, Fokus di Kamera dan berita teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

337 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Bagas Oke 24 August 2019 | 23:24:30

xiomi bangun pusat r and d baru di finlandia

Pangeran Sanjaya 23 August 2019 | 10:14:42

mantap xiomi dah bangun bangunan pusat r dan d di filifina

Ludfi 28 23 August 2019 | 00:59:05

semakin berkembang saja ini perusahaan nyaa

Alexander Olis 22 August 2019 | 12:39:37

termasuk salah satu kompetitor smartphone yang aktif sekali ya.

Samsul salim 99 22 August 2019 | 11:50:41

semakin berkembang saja ini perusahaan ya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top