Home
/
Telco

XL-Viamo Dukung Kemenkes, Bikin Layanan Tanya321 di WhatsApp

XL-Viamo Dukung Kemenkes, Bikin Layanan Tanya321 di WhatsApp
Hani Nur Fajrina26 August 2022
Bagikan :

Uzone.id – XL Axiata bersama Viamo Indonesia dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat berkolaborasi meluncurkan layanan Tanya321 yang dapat diakses melalui WhatsApp.

Dengan layanan ini, masyarakat bisa mengakses informasi resmi mengenai kesehatan dari pemerintah dan organisasi internasional terkait selama 24 jam sehari.

Seremoni peluncuran layanan ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, dr. Maria Endang Sumiwi, MPH, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO, Country Director Viamo Indonesia, Patrick M Compau, dan Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir di Jakarta pada Jumat (26/8).

Diharapkan dengan adanya layanan ini dapat menjadi upaya peningkatan komunikasi, informasi dan edukasi dalam mendukung program pemerintah melalui Kemenkes.

Baca juga: Karyawan Perempuan XL Axiata Siap Berguru ke Microsoft

“Kolaborasi ini menjadi wujud nyata upaya kami mendukung gerakan inovasi dari penyediaan informasi secara digital yang inklusif dan dapat secara mudah diakses oleh pelanggan XL Axiata yang sebagian besar juga merupakan pengguna aktif WhatsApp,” tutur Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir.

Marwan menambahkan, pemilihan WhatsApp sebagai wadah dari penyebaran informasi sangat relevan karena penggunanya di Indonesia tercatat ada lebih dari 80 juta user di tahun 2021.

Dengan kata lain, masyarakat tinggal mengakses informasi umum resmi pemerintah tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Nomor layanan Tanya321 di WhatsApp adalah sebagai berikut: 0819-0819-2-321.

Melalui fasilitas Tanya321 ini, Kemenkes memberikan layanan informasi kesehatan secara resmi. Tak hanya informasi COVID-19 dan vaksin, masyarakat juga dapat mengakses informasi kesehatan ibu dan anak, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan pola hidup sehat, kesehatan mental, serta edukasi penyakit lainnya.

Baca juga: XL Axiata Cicil Matikan 3G, Nasib Pengguna Gimana?

“Kerjasama ini merupakan bentuk langkah lanjutan untuk memberikan informasi penting yang dibutuhkan bagi masyarakat. Kami menghadirkan Tanya321, WhatsApp Chatbot yang berisi informasi vital yang dapat membantu masyarakat melindungi diri dan keluarganya, bagaimana mencegah penyakit stunting, dan melawan penyakit lain seperti COVID-19 dan lainnya,” ujar Patrick M Compau, Country Director dari Viamo Indonesia.

Diketahui, kolaborasi ini merupakan lanjutan dari program kolaborasi pada Mei 2020 dengan meluncurkan layanan hotline 321, di mana seluruh pelanggan XL dapat mengakses berbagai rangkaian berita harian dan informasi penting seperti kesehatan, pertanian, cuaca, dan banyak informasi lainnya dari semua tipe ponsel.

Diharapkan dengan adanya layanan ini dapat mendukung program pemerintah melalui Kemenkes dalam mensosialisasikan berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.

populerRelated Article