Home
/
Automotive

Yamaha: Nmax Turbo Solusi Agar Tak Perlu Modifikasi CVT

Yamaha: Nmax Turbo Solusi Agar Tak Perlu Modifikasi CVT

Komponen YECVT di Nmax Turbo (Foto: Brian)

Brian Priambudi17 June 2024
Bagikan :

Uzone.id - Yamaha Nmax generasi terbaru di varian Turbo mendapatkan teknologi baru pada komponen Continous Variable Transmission (CVT). Komponen ini di Nmax Turbo tidak lagi menggunakan roller di pulley primer, melainkan menggunakan Yamaha Electric CVT (YECVT).

Padahal pecinta motor matic banyak yang melakukan modifikasi pada CVT mereka dengan mengganti roller agar tarikan lebih ringan. Dengan menghilangnya roller di pully primer diganti dengan YECVT, apakah pengguna Nmax Turbo tidak bisa modifikasi transmisinya lagi?

Antonius Widiantoro selaku Asst. GM Marketing - Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan teknologi YECVT memang membuat fungsi roller tidak diperlukan lagi.

"Kita bisa memaksa putarannya lebih cepat, kalau roller konvensional memanfaatkan gaya sentrifugal. Kemudian roller itu kan sifatnya bisa menyusut seiring pemakaian, makanya ada periode penggnatian," ujar Anton di Jakarta belum lama ini.

Preview

Dengan YECVT, Nmax Turbo memang tidak lagi menggunakan roller karena pergerakan pully primer dikomando oleh komponen elektronik. Dengan demikian cara kerjanya menjadi lebih fleksibel dan bisa menghasilkan akselerasi lebih instan, seperti halnya dengan mengganti bobot roller.

Anton menjelaskan, modifikasi di CVT Nmax Turbo tetap bisa dilakukan. Hanya saja, tergantung pada bagian yang ingin diubah, seperti pulley primer tentunya sudah tidak bisa diutak-atik lagi.

"Sebenarnya kan ini menjawab dan menginginkan sensasi berkendara sesuai yang diinginkan. Orang kadang melakukan modifikasi roller tujuan apa?," jelas Anton.

Menurutnya konsumen yang biasa mengganti roller yang lebih ringan untuk akselerasi lebih cepat tetap bisa merasakan hal tersebut di YECVT, tanpa melakukan modifikasi. Justru dengan YECVT, tenaga motor akan terasa baik di putaran bawah maupun atas.

"Begitu sebaliknya, ingin cepat di putaran tinggi ganti roller lebih berat, cuma tarikan bawahnya lebih lambat. Nah kalau Turbo kita ini kan bisa memaksakan keduanya, menggunakan motor elektrik sehingga bisa dikondisikan," jelasnya.

Perlu diketahui, dengan adanya YECVT ini, Yamaha Nmax Turbo memiliki dua mode berkendara yakni Town Commuter (T-Mode) dan Sport Touring (S-Mode) yang bisa diatur lewat tombol di depan setang kiri. Sementara itu, pengendara juga bisa menggunakan Y-Shift yang terdapat di belakang handle setang kiri.

Fitur Y-Shift pada Yamaha Nmax Turbo memiliki tiga tingkatan yakni Shift 1, Shift 2, dan Shift 3. Ferry menjelaskan Y-Shift bisa digunakan saat putaran mesin berada di angka minimal 3.000 rpm.

Dengan mengaktifkan Y-Shift ini, YECVT akan mengatur tinggi rendah atau rasio transmisi v-belt antara pulley primer dan pulley sekunder sesuai Shift yang dipilih.

populerRelated Article