Cegah Pemilu Curang, Kamu juga Bisa Pantau Pakai Aplikasi ini

16 April 2019 by
Cegah Pemilu Curang, Kamu juga Bisa Pantau Pakai Aplikasi ini

(Ilustrasi pemilu/Merdeka.com)

Uzone.id — Mendengar kata pemilu, kayaknya langsung kepikiran hal-hal ‘berat’ seperti politik, penghitungan suara njelimet, dan hal-hal konvensional lain. Padahal pemilu tahun ini diramaikan oleh banyak layanan digital yang super helpful!

Setelah kemarin tim Uzone.id menghimpun deretan situs yang bisa membantu kalian berkenalan secara digital dengan para caleg DPR/DPRD dan capres beserta cawapres, kini giliran layanan digital yang bisa digunakan untuk memastikan kelancaran pemilu.

Siapa tahu kalian penasaran atau memang peduli banget dengan kejujuran dari proses Pemilu 2019, cek beberapa daftar layanan digital di bawah ini.

1. Aplikasi Ayo Jaga TPS

(Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

 

Aplikasi mobile Ayo Jaga TPS ini hadir untuk mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga tempat pemungutan suara (TPS) dari kecurangan.

Kalau sudah mengunduh aplikasi ini di Google PlayStore, kamu bisa memantau proses nyoblos di TPS terdekat dan kalau menemukan kecurangan, kamu tinggal melaporkannya di aplikasi. Tim Ayo Jaga TPS akan meneruskannya ke Bawaslu untuk ditindaklanjuti.

Baca juga: 5 Cara Cari Informasi Soal Caleg Secara Online

2. Aplikasi JAPRI

(Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

 

Ini juga aplikasi mobile yang sengaja diluncurkan untuk menggaet kaum milenial agar aktif dan peduli terhadap kelancaran proses Pemilu 2019.

Jaringan Advokat Penjaga NKRI (JAPRI) bekerja sama dengan Bawaslu untuk merilis aplikasi JAPRI di platform Google PlayStore pada Maret kemarin. Tujuannya, agar mempermudah masyarakat dalam melaporkan pelanggaran atau kecurangan di TPS.

Kecurangan yang masuk akan terhubung dengan dashboard yang dipantau langsung oleh Bawaslu.

3. Kawalpemilu.org

Ini adalah situs yang didirikan Ainun Najib pada 2014. Situs ini isinya memuat tabulasi dari hasil rekapitulasi data scan formulir C1 Pemilu 2014 yang diperoleh dari KPU.go.id.

Tujuan awal Kawalpemilu.org adalah rekapitulasi data Pemilu di Indonesia secara real count untuk membantu KPU mengawal formulir C1.

Tapi kalau kamu ingin berpartisipasi secara langsung jadi relawan, tahun ini Kawalpemilu bekerja sama dengan Network for Democracy and Electoral Integrity (Netgrit) untuk melakukan pengawalan pemilu melalui Facebook dan Twitter.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

316 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Muis 28 05 July 2019 | 13:44:44

wah aplikasi yamh sangat membantu nih keren

Axiz 2020 17 June 2019 | 14:28:50

baca juga akmal lama kamu rela dan pohon juga ganti iuran yesus

Mardi Yana 11 June 2019 | 21:58:35

wah aplikasi yang sangat membantu nih kerrn

Sian Jeg 10 June 2019 | 15:41:49

mantap kita jadi bisa pantau kecurangan bahkan dari rumah

Rambo 03 June 2019 | 04:46:09

baca juga akmal lama kamu rela dan pohon juga ganti iuran yesus

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top