Jangan Bersihkan Layar Ponsel Pakai 6 Barang ini

03 May 2019 by
Jangan Bersihkan Layar Ponsel Pakai 6 Barang ini

(Ilustrasi membersihkan layar ponsel/Digital Trends)

Uzone.id -- Ponsel pintar sudah seperti dompet, kehadirannya krusial banget dan harus dibawa ke mana-mana. Malah ‘kastanya’ sudah lebih penting dari dompet, gak heran kalau konsumen harus merawat barang satu ini sebaik mungkin.

Ada beberapa hal minor tapi selalu terjadi di kehidupan sehari-hari. Terkesan sepele, kamu pasti pernah dong merasa layar ponselmu kotor? Entah terkena debu, keringat, minyak, atau bahkan makanan yang menempel.

Kalau sudah begitu, gak sedikit orang yang asal ambil lap untuk membersihkan layar ponsel. Atau ngasal banget pakai semprotan macam-macam biar kinclong.

Baca juga: Samsung Siapkan Layar Ponsel yang Bisa Jadi Speaker

Ternyata, ada beberapa benda yang tampaknya normal jika dipakai untuk membersihkan layar ponsel, tapi sebenarnya gak dianjurkan.

Kira-kira apa saja? Baca terus, jangan lupa dicatat! Siapa tahu salah satunya jadi kebiasaan kamu selama ini.

1. Tisu kertas

Paper towel atau tisu kertas yang bahannya lebih tebal dan biasa kamu temui di toilet ini ternyata gak bagus untuk digunakan sebagai pembersih ponsel.

Mengutip Cnet, bahan kertas pada tisu bisa sobek dan malah menyisakan remah-remah yang bikin tambah kotor ponsel kamu. Tisu kertas juga dipercaya bisa meninggalkan goresan pada layar.

Jadi, tisu kertas mendingan dipakai untuk membersihkan meja atau tangan aja ya, gaes.

2. Pembersih jendela

Wajar kalau merasa cairan pembersih kaca pada jendela terlihat cocok juga untuk membersihkan layar ponsel. Secara, cairan ini bisa bikin jendela kinclong.

Persepsi ini dinilai salah, karena menurut Profesor James LeBeau di kampus MIT, Cambridge, Amerika Serikat, pembersih jendela malah bikin layar ponsel jadi rentan terhadap goresan.

Sebagai gambaran, ponsel seperti iPhone XR sudah dilapisi pelindung pada permukaan layar. Kalau membersihkan layar seperti ini dengan pembersih jendela, cairannya bisa mengupas lapisan pelindung. Alhasil, makin rentan goresan, ‘kan.

3. Cairan pembersih make-up wajah

Karena make-up remover sukses membersihkan wajah dari riasan super tebal, lalu kita langsung yakin kalau cairan ini juga sanggup membersihkan layar ponsel.

Berbagai pembersih make-up memiliki bahan kimia yang bisa merusak layar ponsel. Maka, lebih baik kamu hindari pemakaiannya pada layar, ya.

Baca juga: 5 Tips Bikin Foto Keren Pakai Smartphone

4. Spiritus

Sama seperti efek samping dari pembersih jendela, cairan spiritus yang mengandung alkohol ini juga dipercaya bisa melemahkan daya proteksi pada lapisan pelindung layar ponsel. Bukannya bersih, malah jadi gampang tergores nanti.

Kalau pun mau pakai spiritus, coba cek dulu apakah kandungannya aman sebagai pembersih layar ponsel.

5. Cuka

Banyak yang bilang, cuka yang dicampur dengan air bisa membersihkan layar ponsel. Tapi, mengutip Android Central, justru cuka dilarang untuk pemakaian berbahan kaca karena di layar ponsel ada lapisan oleophobic, atau penangkis minyak. Bisa jadi cuka malah merusak layar kamu.

6. Sabun cuci piring dan cuci tangan (hand soap)

Jangan langsung letakkan sabun di atas layar ponsel kamu. Lebih baik campurkan dengan air kalau memang mau membersihkan layar, apalagi kalau kena hal-hal lengket. Malah, gunakan kain lembab untuk mengusap layar, supaya gak ada kerusakan.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

285 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
kardus lemari 14 August 2019 | 14:42:14

saya sih biasanya cukup make baju aja dibersihkan

Hinata Hyuga 13 August 2019 | 14:51:54

oh ternyata ini bisa bikin hp rusak ya? hm musti hati² nih

Jihan Musofa 13 August 2019 | 12:54:26

yang penting jangan sampai tercelup air bisa rusakk

yanto parman 13 August 2019 | 02:06:34

wah yernyata banyak hal hal sepele yang gak baik buat ponsel

PERSATUAN INDONESIA 12 August 2019 | 20:02:15

wah info kebersihan ponselnya sangat bermanfaat sekali lah

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top